Review

Ketika Tiket Pesawat Makin Mahal, Naik Bus Bisa Jadi Pilihan Baik

Tiket pesawat domestik tiba-tiba naik di awal tahun 2019. Naiknya gak tanggung-tanggung nih, bisa dua kali lipat dari harga yang biasanya. Desember 2018 tiket untuk satu kali penerbangan Palembang – Jakarta dengan maskapai paling murah hanya sekitar Rp. 400 ribuan. Malah bisa jadi lebih murah dikit kalo dapet harga promo.

Awal tahun 2019 ini, setelah heboh masyarakat mengeluhkan kenaikan tiket pesawat domestik, saya cek paling murah untuk penerbangan sekali jalan Palembang – Jakarta sekitar Rp. 700 ribuan. Itu gak seberapa mungkin jika dibandingkan jika tujuannya ke Indonesia bagian timur atau sebaliknya dari timur hendak ke barat. Mahalnya mengerikan (setidaknya buat kantong saya).

Jika dihitung-hitung penerbangan ke luar negeri justru lebih murah. Dari Palembang ke Kuala Lumpur misalnya, tiket penerbangan pergi pulang bisa didapatkan dengan harga dibawah satu juta rupiah saja. Pikir aja deh ke Jakarta jauh lebih mahal dibanding ke negeri tetangga. Teman yang di Aceh malah bilang, untuk ke Jakarta mereka lebih baik singgah dulu ke Malaysia karena hitungannya jadi lebih murah.

Begitu juga dengan teman yang di Jayapura setelah dihitung dan dicek lagi harga tiketnya justru lebih murah ke Singapura dibanding ke Jakarta. Bisa diakali katanya, beli tiket saja ke Singapura, cari yang pesawatnya transit di Jakarta lalu sesampainya di Jakarta, tak usah ikut penerbangan ke Singapura dan berikan sedikit alasan. Ya gimana orang-orang Indonesia lebih milih ke luar negeri dibanding berwisata ke negeri sendiri, wong tiket pesawatnya memang lebih murah ke luar negeri.

Bagi yang tidak terlalu diburu waktu, yang berada di pulau Jawa mungkin akan lebih enak menggunakan kereta karena lebih nyaman. Seorang teman pernah bercerita dia dan keluarga malah melakukan perjalanan dengan naik bus dari Palembang ke Medan. Memang kayaknya terasa lama ya, tapi katanya seru apalagi kalo mengajak keluarga besar. Benar saja, saya melihat foto-fotonya rasanya menyenangkan melakukan perjalanan bersama keluarga dengan bus. Malah ternyata waktu tempuh dengan menggunakan bus lebih cepat daripada menggunakan kereta.

Sewaktu saya usia SD – SMP saya aktif di pramuka Saka Bhayangkara. Setiap tahun ada kegiatan seperti studi banding ke berbagai daerah. Tentu saja yang ikut segambreng banyaknya. Biasanya kakak pembina akan menyewa bus untuk perjalanan kami. Saya pernah ikut ke Jambi, Padang dan Jogja. Semuanya naik bus. Perjalanan memang jadi lebih lama dibandingkan naik pesawat tapi kebersamaan dalam perjalanan tentu sulit dilupakan.

Dalam perjalanan dengan bus, kami biasanya menghabiskan waktu dengan bernyanyi, melakukan banyak permainan dan tak jarang bercerita satu sama lain. Ini yang membuat kami terasa lebih punya waktu untuk ngobrol apalagi buat teman-teman baru yang tidak satu sekolah. Bagi kami kekompakan dalam tim akan lebih baik jika kami mengenal lebih dekat. Ya seringnya setelah perjalanan seperti ini jadi banyak aja yang suka-sukaan

Suatu hari saya melakukan perjalanan mendadak ke Lampung bersama ibu saya. Karena waktunya kelewat kalo ikut jadwal kereta, maka akhirnya kami pilih naik bus Lorena. Ternyata naik bus Lorena sekarang lebih nyaman ya ketimbang waktu saya kecil dulu. Lebih nyaman sih sekarang dan waktu tempuhnya juga lebih cepat daripada jika menggunakan kereta.

foto dari lorena-transport.com

Kalo soal harga untuk tiket eksekutif ya hampir gak jauh beda antara bus dan kereta. Soal kenyamanan pun sama-sama nyaman. Bedanya, perjalanan naik bus bisa lebih banyak pilihan waktunya, karena armada busnya memang lebih banyak. Jadi bisa disesuaikan dengan keinginan kita kapan waktunya. Lebih-lebih kalo bisa beli tiketnya lebih murah karena dapet harga promo. Kalo saya sering pake aplikasi Traveloka untuk beli tiket apa pun karena sering ada promo dan juga karena kemudahan pesan tiketnya. Saya juga bisa beli tiket bus Lorena lebih murah di Traveloka.

Perjalanan dengan bus juga memang bisa banget dijadikan pilihan dalam kondisi sekarang di mana tiket pesawat jadi mahal. Kalo dulu masih mikir karena harga tiket pesawat gak terlalu mahal dibanding naik bus, ya pastinya jadi milih naik pesawat. Tapi saat sekarang, tentu pilihan naik bus terasa lebih terjangkau. Apalagi mendekati puasa dan lebaran tahun ini, buru-buru deh pesen tiket bus karena kalo gak, bisa bisa gak kebagian lagi.

Selamat berburu tiket mudik ya bagi yang mau mudik, hati-hati di jalan dan jangan lupa pilih yang nyaman dan aman.


2 thoughts on “Ketika Tiket Pesawat Makin Mahal, Naik Bus Bisa Jadi Pilihan Baik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.