20
Feb '07

Arti Sebuah Nama

Tadi pagi, bantuin mama beres-beres rumah, pas sarapan pagi duduk depan tv nonton Good Morning di Trans TV, liat berita bencana alam yang kayaknya semakin banyak aja akhir-akhir ini menimpa daerah Jawa. Awal bulan kemaren udah banjir gede di Jakarta dan sekitarnya, ada lagi angin puting beliung trus ada tanah longsor pula. Alhamdullilah Palembang adem ayem aja….
Ya Allah…. jauhkanlah kami dari segala marabahaya…..

Nah, waktu denger berita tanah longsor itu, kan tepatnya di daerah Jawa Tengah gitu yah, nah muncul deh nama “Sukiyem” klo ga salah, trus ada lagi sodaranya namanya “Parmo” mungkin panjangnya “Suparmo”. Sambil senyum aku bilang sama nyokap “Kenapa ya ma, nama orang Jawa nih byk bgt yang kayak Sutinem, Sukiyem, Sukirman, de-el-el itu ?”. Nyokap sih cuma ketawa doang, sambil jawab akhirnya “Iya ya Ke, biasanya dah tua yang kayak gitu namanya”. Ya tetep aja nama yang kayak gitu sekarang ga lagi ditemuin buat bayi-bayi yang baru lahir, mungkin karena dinilai udah ga jaman bgt kali yah.

Bukan karena nama itu jelek ato apa, tapi emang pada kenyataannya yang pake nama kayak gitu cuma sering aku denger di sinetron tv sebagai asisten ibu-ibu yang punya rumah. Hehehe…
Apalah arti sebuah nama ? tapi tanpa nama, gimana manggilnya coba…… ??

Soal nama….. banyak juga yang bilang nama aku tuh kayak brand salah satu produk sepatu. Emang sih, cuma beneran deh, bukan karena bokap suka sama sepatu itu terus kasih aku nama itu. Awalnya, waktu lahir aku dikasih nama Nikita Zharathustra Febriani, dan nama ini berlangsung bentar banget, paling 1 bulan karena dinilai kelewat susah bacanya kali yah ;p. Nah, akhirnya digantilah jadi Nike Febbysta Andaru. Sebenernya, ‘Nike’ itu berasal dari bahasa Yunani yang artinya ‘kemenangan’, mungkin karena arti itu jadi merk sepatu, trus “F” itu Febbysta (karena ada yang ga tau F di nama aku itu apa, karna sering disingkat Nike F. Andaru) karena lahir di bulan Februari (kata Mas Dhien sih agak maksa, cuma terbukti ga byk yg pake kan?), trus untuk ‘Andaru’, maap ya sodara-sodara, Nike bukan orang batak karena dikira Andaru itu nama marga, sebetulnya Andaru itu nama keluarga, walopun ga banyak yg pake, aku+adekku+sepupu itu pake Andaru dibelakang nama kita….

Kata orang, nama itu kan doa. So, kasih nama buat anak tuh mbok ya yang bagus dan jelas artinya
Jadi inget anaknya Pak Dede yang sampe sekarang blom dikasih nama,…. semoga dapet yang paling bgs ya pak buat anaknya