25
Apr '11

Sejarah Minuman Ion, Pocari Sweat

Tau Pocari Sweat kan?
Saya yakin 10 orang yang ditanya 10 orang itu juga akan mengangguk dan mengatakan ‘Ya’.
Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman ion satu itu, rasanya Pocari Sweat adalah minuman ion pelopor di Indonesia, dan ternyata di Jepang (asal minuman Pocari Sweat) itu juga begitu. Pertama dan yang paling dikenal hingga saat ini.

Tidak banyak yang tau bagaimana sejarah lahirnya minuman ion satu ini. Boro-boro nanya sejarah kan ya, biasanya yang ditanya tiap beli minuman itu kalo ga harganya ya rasanya? Bener kan
Nah, kali ini coba deh kita nonton video satu ini, emang sih lumayan lama videonya. Total durasinya hampir 30 menit. Video ini menceritakan awal mula ide membuat minuman ion Pocari Sweat.

Karena kesel nontonnya buffering melulu, akhirnnya saya unduh aja videonya biar nontonnya puas.
Video ini menceritakan dari awal muncul ide memproduksi minuman ion Pocari Sweat hingga akhirnya Pocari Sweat dikenal luas di banyak negara.

Di Jepang, perusahaan yang sudah cukup terkenal, Otsuka Farmasi muncullah ide dari Rokuro Harima yaitu seorang penanggung jawab minuman untuk membuat produk cairan infus yang bisa diminum atas pengalamannya ke Mexico yang kekurangan cairan infus. Akhirnya 3 tahun kemudian, direktur Akihiko Otsuka menyetujui ide Mr. Harima untuk membuat minuman kesehatan yang enak di tenggorokan. Penelitian dilakukan oleh peneliti muda yaitu Akihisa Takaichi.

Butuh waktu 3 tahun lamanya hingga akhirnya Mr. Takaichi bisa membuat minuman kesehatan yang enak di tenggorokan sesuai dengan yang diinginkan Mr. Otsuka. Tiga tahun ya temen-temen, penuh perjuangan banget ga tuh nemuin minuman yang enak gitu sampe waktu segitu, blom lagi ternyata diketahui keputusan Mr. Otsuka ditentang para direksi perusahaan yang bilang bahwa minuman itu ga bakal laku karena rasanya ga enak. Mr Otsuka yakin sekali minuman ini akan digemari banyak orang. Tahun pertama dikeluarkan malah Otsuka Farmasi harus menerima kerugian Rp. 400 Miliar hanya untuk memperkenalkan Pocari Sweat dengan membagikannya secara gratis. Hingga akhirnya di tahun kedua, semua orang di Jepang sudah mengenal nama dan rasa Pocari Sweat sendiri dan Mr. Otsuka benar, minuman ini laku pesat di tahun tahun berikutnya.

Wow, saya merasa video ini menakjubkan. Saya yang awalnya juga ngerasa hal yang sama dengan banyak orang di awal mencicipi minuman ini akan berkata “ga enak ah” akhirnya sekarang tau dan mengerti bahwa minuman ini dibuat memang untuk orang yang sedang dan telah melakukan kegiatan yang membuat mereka berkeringat. Dari video ini juga unsur edukasinya dapet banget, dari cairan apa aja yang kita keluarkan saat berkeringat, unsur apa aja yang diperlukan dalam tubuh dan kadar gula yang sedikit membuat Pocari Sweat menunjukkan performanya dalam minuman kesehatan. Saya jadi dapet pelajaran juga soal marketing disini, keputusan Mr. Otsuka yang memberikan secara gratis di sepanjang tahun pertama penjualan Pocari Sweat yang tadinya membuat saya ternganga akhirnya mengerti bahwa keputusan Presiden Direktur yang kayak gini nih yang hebat karena percaya akan produknya.

Video ini langsung diperankan oleh orang Jepang asli, sepertinya settingnya beneran di awal tahun 1980-an, keliatan dari pakaiannya Walau begitu, saya acungi jempol deh buat dubbingnya, keren sekali, saya berasa nonton orang Jepang ngomong langsung bahasa Indonesia. Jalan ceritanya enak sekali diikuti dan informasi di dalamnya pun ‘dapet’ banget deh
Eh, bagi yang mau liat videonya dalam bagian-bagian, cek disini untuk bagian 1, bagian 2, bagian 3, bagian 4 dan bagian 5.

Jadi inget, tiap bulan Suami selalu beli 4L Pocari Sweat dan akhirnya saya menyadari bahwa kebiasaan suami saya ini memang buat kesehatan sekeluarga

Pocari Sweat di kulkas

Go ION!