Film-Film Perjuangan Korea Wajib Tonton

Jangan melupakan sejarah, itu yang orang-orang tua selalu bilang. Itu memang benar, hal itu juga yang menjadi alasan kenapa buku-buku dan film-film bertemakan sejarah selalu menyenangkan untuk ditonton. Dari buku dan film kita bisa tau apa yang telah terjadi.

Jika kita selalu diharuskan mengenang sejarah, mengetahuinya adalah hal yang pertama dilakukan. Bagaimana kita bisa mengenang sesuatu jika kita tidak tahu asal ceritanya. Trus bagaimana kita bisa tahu tentang sejarah Indonesia, jika dikit-dikit buku sejarah dianggap kiri lalu dirazia tidak boleh disebarluaskan. Menjengkelkan. Lalu darimana anak-anak muda tahu sejarah kalo gitu? Film? Kalo buku aja dilarang film mah apalagi? Yang ada film perjuangan zaman kerajaan Indonesia kayaknya.

Sudahlah. Mari bicara sesuai judul, saya mau bagi beberapa film Korea saja yang diangkat dari kisah nyata perjuangan rakyat Korea yang keren banget dan bisa jadi rekomendasi bagi yang suka film-film perjuangan

A Taxi Driver (2017)

poster dari Wikipedia.com

Film ini bercerita tentang supir taxi yang membawa seorang wartawan asal Jerman untuk meliput kerusuhan di Gwangju, Korea tahun 1980. Si supir taxi mau-mau aja karena dijanjikan upah yang lumayan besar, sebagai duda dengan 1 anak perempuan dia ambil tawaran itu tanpa tahu benar apa yang terjadi di Gwangju saat itu.

Read More

Sejarah Minuman Ion, Pocari Sweat

Tau Pocari Sweat kan?
Saya yakin 10 orang yang ditanya 10 orang itu juga akan mengangguk dan mengatakan ‘Ya’.
Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman ion satu itu, rasanya Pocari Sweat adalah minuman ion pelopor di Indonesia, dan ternyata di Jepang (asal minuman Pocari Sweat) itu juga begitu. Pertama dan yang paling dikenal hingga saat ini.

Tidak banyak yang tau bagaimana sejarah lahirnya minuman ion satu ini. Boro-boro nanya sejarah kan ya, biasanya yang ditanya tiap beli minuman itu kalo ga harganya ya rasanya? Bener kan
Nah, kali ini coba deh kita nonton video satu ini, emang sih lumayan lama videonya. Total durasinya hampir 30 menit. Video ini menceritakan awal mula ide membuat minuman ion Pocari Sweat.

Karena kesel nontonnya buffering melulu, akhirnnya saya unduh aja videonya biar nontonnya puas.
Video ini menceritakan dari awal muncul ide memproduksi minuman ion Pocari Sweat hingga akhirnya Pocari Sweat dikenal luas di banyak negara.

Di Jepang, perusahaan yang sudah cukup terkenal, Otsuka Farmasi muncullah ide dari Rokuro Harima yaitu seorang penanggung jawab minuman untuk membuat produk cairan infus yang bisa diminum atas pengalamannya ke Mexico yang kekurangan cairan infus. Akhirnya 3 tahun kemudian, direktur Akihiko Otsuka menyetujui ide Mr. Harima untuk membuat minuman kesehatan yang enak di tenggorokan. Penelitian dilakukan oleh peneliti muda yaitu Akihisa Takaichi.

Read More