05
Sep '11

Foto Pribadi Anda di Pakai Orang Lain di Facebook? Laporkan!

Satu hari seorang teman mengirim pesan via Facebook yang isinya kurang lebih seperti ini :

nama sengaja disamarkan

Saya liat pesan ini sehari setelah pesan ini sampai, maklumlah… saya sekarang udah jarang banget liatin FB. Akhirnya, saya cek nama tersebut di kolom pencarian FB, lalu dapat. Saya menemukan foto saya beserta suami dan anak saya menjadi sebuah foto profil si YULIA ANITA teserbut. Berikut skrinsutnya :

FB atas nama Yulia Anita

Saya bingung, kenapa coba orang ini pake foto saya dan keluarga? sebagai foto profil lagi?
Akhirnya saya ngetwit soal ini, dan… saya dapet mention dari @sakaputra yang melihat ada lagi sebuah akun FB yang memasang foto saya yang sama sebagai foto profilnya. Berikut skrinsutnya :

atas nama Shara OlShop

Saya sebenernya biasa aja jika foto tersebut digunakan untuk akun pribadi. Entah apa juga maksudnya menggunakan foto orang lain jika akun tersebut murni milik orang tersebut kan ya? Setelah saya melihat ada kesamaan diantara kedua akun FB tersebut. Kalo dilihat dari info, kedua akun tersebut sepertinya dimiliki oleh orang yang sama. Masalahnya kedua akun ini digunakan sebagai akun FB untuk online shop alias untuk jualan. Saya pun tidak tahu apa produk apa yang ditawarkan keduanya, hanya saja saya ikut khawatir jika ada yang bermasalah dengan kedua akun tersebut. Gini maksudnya, jikan tiba-tiba ada yang akhirnya tertarik dan membeli barang yang dijual oleh kedua akun FB tersebut, sudah mentransfer dan ternyata Online Shop keduanya adalah palsu. Jelas yang membeli tertipu dan saya yang ada di foto profil tersebut bisa jadi tersangka penipu. Ribet kan jadinya?

Akhirnya, setelah dapet saran dari banyak temen di Twitter, saya melaporkan kedua akun tersebut. Seperti ini prosesnya :
1. Masuk ke halaman profil akun FB orang tersebut, di bagian kiri paling bawah pilih Report/Block.

report/block

2. Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan kenapa kita melaporkan dan atau ingin mem-block akun FB tersebut. Saya melaporkan bahwa si pemilik akun itu menggunakan foto saya dan saya tidak suka sekaligus saya mem-block akun tersebut.

laporan sesuai alasan

3. Selanjutnya, pilihlah alasan yang sesuai, kalo dalam hal ini karena saya ga suka foto saya dipake seenaknya

alasan pelaporan

4. Terakhir, silahkan pilih mau mencoba kasih pesan si empunya akun FB atau langsung mem-block yang bersangkutan. Yang pertama, saya udah coba kirim pesan agar tidak menggunakan foto saya, tapi setelah kurang lebih 2 minggu tidak ada jawaban dari yang bersangkutan, akhirnya saya block aja.

Kirim pesan atau block?

Tidak hanya saya yang bisa melaporkan hal ini, tapi teman-teman juga bisa. Jadi, jika menemukan foto pribadi teman lainnya, siapapun itu bisa melaporkannya dengan cara yang sama. Saya dibantu oleh beberapa teman yang akhirnya melaporkan kedua akun FB tersebut. Sayangnya ya, setelah pelaporan tersebut, kita sebagai pihak yang melaporkan tidak mendapat konfirmasi bagaimana akhir dari laporan kita itu. Apakah akun FB tersebut akhirnya ditutup oleh Facebook sendiri atau tidak.

Semoga kita bisa menggunakan media sosial dengan bijak ya, jangan ada kepalsuan diantara kita *halah*