Diskusi Fellow : mau ngapain aja?

Seperti yang sudah saya tulis disini, saya akan coba ceritakan apa aja yang saya diskusikan dengan para petinggi dan penasehat ICT Watch akhir Januari lalu, sebelum perjalanan ke Singapura.

Saya bersama Asmarie dipilih menjadi fellow Internet Sehat tahun ini. Mungkin ada yang nanya, kenapa saya dan Asmarie bisa kepilih? Jawabannya ada di posting blog Internet Sehat ini temen-temen. Jika ada yang masih ingin bertanya tentang fellow ini, boleh kok ditulis dibagian komentar :). Karena itu, ada diskusi fellow guna mengetahui kira-kira bagaimana program yang akan dijalankan saya dan Asmarie.

Asmarie duluan diajak untuk diskusi di ruang meetingnya Rumah Internet Sehat sore itu, baru setelah sekitar 1 jam, saya yang masuk. Berhadapan dengan Kang Onno sebagai penasehat, ada Mas Rapin, Mas Indriyatno dan ada Mbak Dewi yang bertanya banyak soal apa dan bagaimana program yang akan dijalankan sebagai fellow. Tadinya saya kira, saya bisa dengerin diskusinya Asmarie juga, ternyata gak. Harapan saya bisa saling bantu dan melengkapi program yang sama-sama dijalankan, kalo ada yang kurang bisa saling kasih saran, tapi ya emang waktunya gak banyak kali ya.

*mengingat apa aja yang didiskusikan kemarenan* :D

Sebelum ada diskusi fellow ini saya bingung kira-kira mau buat program kayak apa ya. Lalu kembali baca beberapa hal yang jadi kewajiban fellow ini :

  • menghormati kebebasan berekspresi dan perbedaan
  • mendorong berbagai inisiatif menumbuhkan dan mengoptimalkan konten, layanan, sumber daya dan/atau trafik Internet Indonesia yang relevan dengan program fellow
  • melayani berbagai jenis komunitas di Indonesia yang membutuhkan kompetensi dan pengalaman fellow
  • mengabarkan kegiatan, ide atau hal baru yang relevan di blog masing-masing fellow
  • menyebarluaskan dan mempraktekkan semangat “Internet Sehat” dimanapun fellow berada

Nah, dari sana saya mikir, programnya begini kira-kira. Saya mencolek temen-temen yang belum tau soal blog biar tau dan pada punya blog lalu mengajak temen-temen blogger yang udah males ngeblog bisa balik lagi nulis di blognya. Terlebih lagi, kalo saya bisa mendorong temen-temen di daerah untuk bisa mewartakan informasi daerahnya sendiri terutama Palembang.

Selaen itu, karena saya perempuan dan juga seorang ibu, saya berusaha untuk mencoba mengajak perempuan dan juga ibu-ibu untuk bisa mengenal teknologi internet dan juga blog. Saya sadar banyak sekali ibu-ibu yang gak ngerti soal internet (syukur syukur punya Facebook), gimana caranya mantau akses internet anaknya klo para ibunya sendiri gak ngerti kan ya? :) Semoga aja bisa bantuin Mbak Dewi untuk ICT for women.

Itu yang pengen saya tuju, banyak caranya sih ya, cuma saya sadar saya gak bisa sendiri, saya butuh temen-temen yang bisa bantu saya untuk menjalankan ini semua. Untuk perempuan, sebelum diskusi fellow, saya kebetulan diajak untuk bergabung di KEB, ngobrol-ngobrol akhirnya Mbak Mira dan temen-temen di KEB menyambut hangat ide saya untuk akhirnya sama-sama nulis di webnya KEB. Semoga makin banyak yang ibu-ibu yang bisa share info disana ya.

Kira-kira saya ngarepin apa dari fellow ini?
Saya jawab, saya gak berharapkan apa-apa, saya cuma berharap saya bisa belajar banyak dari menjadi fellow ini. Saya bisa membagikan apa yang saya ketahui lebih dulu kepada orang lain.

Mas Rapin lantas nanya, gak pengen terkenal? gak pengen dapet duit?
terkenal? saya jawab gak :) saya udah dikenal kok ya *ditoyor yg baca* saya malah gak mau jadi terkenal, susah euy kemana-mana :p
dapet duit? rejeki sih udah ada yang ngatur. Saya yakin sejauh saya suka menjalani apa aja yang saya suka, akan ada aja hasilnya. Banyak memberi katanya nanti akan banyak menerima *tsah*. Dapet pengalaman dan ilmu yang banyak itu lebih penting, bekal buat saya share ke temen-temen lainnya juga kan ya :)

Nah, untuk itu nantinya Internet Sehat akan support semua kegiatan yang saya dan Asmarie akan jalankan sebagai fellow.

Mohon bantuannya ya temen-temen dan apa yang bisa saya bantu tolong jangan sungkan untuk kasih tau saya ya :senyum:

8 thoughts on “Diskusi Fellow : mau ngapain aja?

  1. Hmm,… ibu2 di tempat saya banyak yang monoton. Ngurus anak dan masak, saban hari begitu bahkan membaca pun tidak. Dan ngga heran kalau kualitas anak masa depan akan merosot.
    Bedanya ibu2 dulu lebih aktif di oragnisasi, sedikit tidaknya bisa sharing informasi, ibu2 sekarang? Katanya lebih enak nonton sinetron :(

  2. Assalamualaikum.
    Wow.. Selamat ya Mba telah menjadi fellow.
    Moga program2nya lancar.
    Moga juga virus nge-blognya menular ke saya.
    Hehe..
    Maklum masih newbie,Mba.

  3. sayang banget ya, daripada nonton sinetron enak berbagi aja gitu informasi apa, ngeblog misalnya :D
    ajakin ibu-ibunya bikin kegiatan pelatihan internet dong mas, ntar aku mau deh sharing disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.