Milih Ebook Reader atau Tablet PC?

Kenapa gak beli tablet aja sih?

Begitu kira-kira pertanyaan seorang teman waktu melihat saya beli Kindle awal tahun lalu. Ternyata gak cuma satu orang yang bertanya seperti itu, saya udah mendengar pertanyaan ini sering kali. Dan…. jawabannya cuma satu, sesuai kebutuhan. Kebutuhan saya ya cuma mau baca. Sesederhana itu kok.

Saya merasa memang jawabannya hanya itu. Ketika saya bertanya pada sepupu saya yang udah duluan beli pun jawabannya sama waktu itu, disesuaikan dengan kebutuhan. Jelas kebutuhan setiap orang berbeda-beda, malah justru sulit sekali membedakan yang mana yang kebutuhan dan keinginan. Saya juga seperti itu kok, ya wajarlah manusia ya.

Saya membuktikan kesetiaan saya pada kindle, saya masih menggunakannya untuk membaca terutama bila dalam perjalanan. Ketika Kindle saya yang baru beberapa bulan itu layarnya rusak dan disinyalir karena keinjak sama Alaya pun saya akhirnya membulatkan tekad untuk membeli kembali Kindle (nitip ama temen yang kebetulan lagi perjalanan di Amrik) Amazon walo dengan tipe berbeda. Sampe saat ini saya masih menggunakan Kindle Touch yang harganya lebih murah 5-6x lipat dari harga iPad 3 atau new iPad pertengahan tahun 2012.

Kindle & Tabtab

Selanjutnya, seorang teman bertanya apa plus minusnya ebook reader (khususnya Kindle, karena saya pake Kindle) dibanding tablet pc?

Oke, sebagai pengguna keduanya, baik ebook reader maupun tablet, saya coba kasih tau plus minusnya ebook reader (Kindle) dibanding tablet dalam hal kebutuhan membaca buku digital.

  1. Ebook reader seperti Amazon Kindle (kecuali seri Kindle Fire), Sony Reader, Barnes & Noble Nook  biasanya tampil hitam putih, jadi memang untuk digunakan membaca. Klo membaca komik yang berwarna akan langsung berubah jadi hitam putih.
  2. Kindle punya layar yang namanya e-ink yang enak banget buat mata kita, gak bikin capek kayak menatap layar komputer. Jadi memang kerasa kayak baca buku. Klo gelap gimana? ya susah, kamu perlu tambahan lampu baca untuk Kindle-mu
  3. Batrenya Kindle tahan sebulan bahkan lebih.
  4. Beberapa tipe Kindle ada yang pake 3G yang bisa digunakan di banyak negara, tapi belum bisa dipake di Indonesia. Wifi juga lancar digunakan untuk browsing.
  5. Belum bisa beli ebook di AmazonKindle store, triknya biar bisa saya baca di kaskus, waktu registrasi akun Amazonnya kamu harus masukin alamat Amrik.
  6. Hampir semua format ebook bisa dibaca di Kindle kecuali Epub.
  7. Di Kindle juga bisa dengerin lagu kok, mp3 gitu.
  8. Kindle ada yang layar sentuh ada juga yang pake keyboard.
  9. Di Kindle gak bisa diinstal aplikasi socmed

Nah, kira-kira itu deh. Dari sana temen-temen bisa bandingin kebutuhannya. Jika memang pengen semua bisa, ya saran saya memang beli aja tablet. Tapi, jika memang cuma pengen buat baca, saya rasa Kindle bisa jadi pilihan.

14 thoughts to “Milih Ebook Reader atau Tablet PC?”

  1. Gimana user experience-nya Kindle paperwhite? . Kindle Fire (Android) lebih enak dari Kindle Fiona: bisa dibaca di gelap malam. Tapi memang jadi tergoda instal aplikasi ini itu. Terakhir sih, instal Qbaca, jadi punya dia bookstore dan dua bookshelf (Amazon & Kindle) dalam satu e-reader
    Koen´s last blog post ..Penjelajah Antarktika

    Reply

    Nike Reply:

    Kupikir Kindle Fire sih sama aja kayak tablet ya, Mas. Beda efek bacanya, gak kayak baca buku :p

    Reply

  2. sementara ga beli kindle dulu.
    sementara untuk baca ebook pake tablet android aja.
    rencana malah beli android cdma yg 4 inci buat baca2 di perjalanan.
    alasannya karena ane jarang baca wkwkwk…

    Reply

  3. Penasaran sama kindle, maklum mbak saya wong ndeso
    Apa ada ebook yang bahasa indonesia trus gimana tuh beli e-booknya.
    Itu

    Reply

    Nike Reply:

    ebook bahasa Indonesia banyak kok sekarang mbak. Belinya bisa via web yang menyediakan, bisa melalui Google Play di Android

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge