13
Dec '12

Festival Pembaca Indonesia 2012

Tahun kedua ikut reramean di Festival Pembaca Indonesia. Rame sama kayak tahun lalu dan selalu ketemu temen-temen baru.

Temen-temen GRI dari berbagai kota (foto : Iyut)

Setelah tahun lalu saya hadir di Festival Pembaca Indonesia 2011 (IRF) tahun ini saya memang udah niat mau hadir kembali. Tentunya buar ngeramein acara tahunan Goodreads Indonesia ini. Tapi kali ini gak buru-buru pulang dan mlipir ke tempat lain, saya ikut acaranya dari awal hingga akhir.

IRF kali ini ditempat yang sama, jadi gak sulit buat saya yang buta jalanan Jakarta ini untuk akhirnya mengingat kembali Plaza Festival, GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan. Tapi kali ini saya gak sendiri dari Palembang, Si Fitri akhirnya ikut. Hari itu bertepatan sama Hari Anti Korupsi, di Monas lagi rame orang, pengen ngeliatin bentar sih cuma kayaknya juga dah pada bubar acaranya

Setelah ketemu Ayu, Harun, Kak Mia, Kak Roos dan temen-temen lainnya akhirnya saya muter sekali ke pameran. Masih sepi karena masih pagi. Akhirnya ngobrol dulu sama Mbak Truly dan Ine di stand-nya Blogger Buku Indonesia (BBI). Disini saya dibujukin lagi buat gabung ke BBI. Om Rahib udah pernah bilang sih, saya mesti punya blog khusus review buku kalo mau gabung ke BBI. Di stand BBI, semua temen-temen memang para blogger yang nulis semua tentang buku-buku. Akhirnya bisa kopdar sama Dion, Tezar, Helvry dan yang lainnya disini.

Seperti tahun lalu, ada kegiatan belajar mendongeng yang akhirnya saya lewatkan Ada talkshow dari beberapa penulis, saya sempet ikut talkshow dari Winna Effendi dan Leila S Chudori. Eh iya, saya sempet denger Alexander Thian juga sih dari studio film waktu saya lagi khusuk nonton film The Help yang ternyata keren banget filmnya.

Buku buat disumbangkan (foto : @bacaituseru)

Dan, kalo tahun lalu saya gak bawa buku buat di swap ataupun modal buat bookwar, tahun ini saya bawa 2 buku sih sebenernya, tapi pas bookwar gak keikutan deh. Seru aja sih ngeliatin temen-temen pada rebutan gitu. Lebih seru ngeliatinnya :p

Beberapa stand pameran koleksi buku tahun ini keren-keren sih ya. Ada stand Buku Buluk Mijil yang koleksinya heibad banget lah. Buat kalian yang penggemar Pram, Tan Malaka, Soe Hok Gie, Mas Mijil (bener gak ya namanya) inih punya komplit buku-buku ituh. Pada nanya Arus Balik? Dia punya 3 buku Arus Balik dengan cover berbeda edisi pertama lagi. Dan…. ada buku yang bertanda-tangan langsung Soe Hok Gie loh (sempet difotoin Mas Koen nih).

Arus Balik 3 edisi

Soekarno, Hatta

Stand menarik lainnya ada ‘Ain’t No Superheroes’ tapi buatku ya, semua orang punya superheronya sendiri sih. Dan disana itu buku-bukunya bagus-bagus yang rata-rata novel grafis gitu. Ada juga stand Indonesia Founding Father ya buku-bukunya Soekarno Hatta gitu deh. Tebel-tebel dan koleksinya banyak gitu ya.

No super heroes?

Seperti biasa, ada stand dimana kita bisa beli buku second untuk disumbangkan. ada juga stand Nourabooks yang bikin kuis berhadiah buku yang akhirnya saya dan Ine nyobain sampe entah berapa kali jawab pertanyaan kuis itu biar dapet buku

Eh iya, saya juga baru tahu loh ada yang namanya readingwalk.com. Jadi ini tuh online delivery book rental. Bagi yang mau pinjem buku tapinya gak ada waktu mau ke taman bacaan, pinjem buku disana gitu, sekarang udah bisa online delivery kalo mau minjem buku. Kamu cukup liat buku apa yang mau kamu pinjemin di readingwalk.com trus kasih tau alamat kamu ntar ada yang nganterin bukunya. Balikinnya juga gitu, diambilin. Enak banget kan hidup begitu

Readingwalk.com

Buat banyak orang, mungkin acara begini tuh biasa aja. Tapi buat saya ini acara tahunan yang menyenangkan. Bertemu dengan para teman-teman penyuka buku lainnya dari berbagai daerah (sama kayak kopdar blogger gitu deh), ketemu dengan para penulis dan bisa dengerin tips-tips nulis dari mereka, ketemu dengan banyak orang dari penerbitan dan banyaknya temen-temen yang punya ide brilian demi banyak orang bisa punya semangat baca.