Sering Belanja Online?

Belanja sekarang sih apa-apa dah bisa online. Cukup duduk, liat pc/laptop/tablet/smartphone, browsing, dapet barang yang dicari, beli, lakukan pembayaran dan tunggu barangnya sampe di rumah. Gampang emang (selagi duitnya banyak), cuma seberapa banyak yang kamu bisa beli secara online?

gambar : blog.cabananights.com

Kalo ditanya ke diri saya sendiri, ya katakanlah saya lumayan sering belanja online. Beli apa aja? Kalo dulu zamannya Alaya masih bayi, segala perlengkapan bayi yang lucu dan pakaiannya. Trus beli buku sih yang paling sering banget. Karena biasanya bukunya gak ada di Palembang atau karena memang pengen punya bukunya duluan sistem pre order atau diskon yang menggiurkan.Beberapa barang yang kayaknya saya gak beli online adalah sepatu, sendal gitu karena takut aja gak pas.

Banyak barang emang bisa di beli secara online, malah hampir semua kali ya. Mau beli pakaian dsb fashion item, banyak buanget toko onlinenya, mau beli gadget juga banyak, beli kebutuhan rumah sehari-hari pun ada jualannya. Beberapa dari kita silakan milih aja lebih suka beli secara online atau masih suka ke toko benerannya.

Kemarenan liat laporannya Effective Measure yang menyatakan bahwa faktanya pengguna internet di Indonesia banyak yang belum percaya e-commerce. Gak kaget juga sih karena walo pengguna internet di Indonesia udah semakin banyak (61 juta per Nov 2012 – Markplus) tapi untuk e-commerce kayaknya masih dalam tahap membangun awereness.

Secara persentase, 39% belom familiar dengan pembayaran online sebangsa bayar tagihan listrik, air, dsb dan 40% pengguna internet belum percaya sama pembayaran online.

Nah, ini yang emang rada sulit dan jadi Pe eR banget. Buat orang ngeh sama segala yang online harus diikuti membangun kepercayaan mereka dengan sistem pembayaran. Masih banyak yang merasa takut kalo kalo nanti ditipu atau sistem onlinenya bermasalah. Gak salah juga sih, emang ada juga toko online palsu dan sistem bisa saja salah, makanya kita mesti mastiin tokonya ‘beneran’ atau gak, jangan asal aja percaya.

Penting juga buat temen-temen melaporkan jika mendapati ada toko-toko online yang ternyata menipu, baik pengalaman pribadi atau pun pengalaman temannya, saudaranya. Bisa dengan menulis di blog atau bisa jadi melaporkannya ke [email protected] dengan ngasih tahu toko online dan nomer rekening toko online yang menipu tersebut. Tapi kalo email ke sini kita berdoa saja ya, semoga beneran ditindaklanjuti (belom pernah dapet info tindak lanjutnya seperti apa, mungkin jika ada temen-temen yang pernah dapet info tindak lanjut dari cybercrime polri bisa bantu diinfoin ya).

Semua toko online dan rentetan pembayaran online, transaksi online dan semua yang online sebenernya adalah bertujuan untuk memudahkan kita para pengguna, jadi ya digunakanlah sebaik-baiknya. Saya orang yang termasuk seneng banyak yang bisa dibeli secara online. Tapi tetap berhati-hati dengan banyaknya penipuan ya.

Eh, satu lagi, saya berharap ada toko khusus yang jual peralatan/perlengkapan merajut online (lokal Indonesia ya)

One thought to “Sering Belanja Online?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.