25
Apr '13

Paranoid

Apa yang ada dalam pikiran kita kalo denger kata ‘paranoid’?
Saya menjawab : ketakutan/kecemasan yang berlebihan

Sebenarnya paranoid adalah penderita paranoia, sedangkan paranoia itu sendiri adalah proses gangguan pikiran yang ditandai dengan ketakutan atau kecemasan yang berlebihan.

Kenapa kok tiba-tiba ngomongin paranoia dan paranoid (parno bahasa gaulnya)?
Gak ada kok. Saya kebetulan lagi seneng ngikutin serial Perception. Biasalah ya serial tentang menguak cerita pembunuhan oleh FBI. Cuma cara Dr. Daniel Pierce (diperankan Eric McCormack) ini unik karena menderita  paranoid schizophrenia.

Saya orangnya emang rada pengen tahu urusan beginian. Googling lah saya. Gangguan skizofrenia ini memang membuat orang yang menderitanya mengalami halusinasi. Pantes aja Prof Daniel ini sering banget tetiba ngeliat orang yang ternyata sebenernya gak ada. Serem sih memang, tapi orang kayak gini gak boleh banyak bengong jadi dia mesti punya kesibukan atau kalo lagi diem mesti dengerin lagu-lagu aja gitu. Penyebabnya kayaknya si Prof Daniel ini memang punya trauma.

Ngomongin soal paranoid, saya rasa tiap orang punya rasa ketakutan (mungkin berlebihan) akan sesuatu. Bisa suatu hal, keadaan, mahluk hidup lain atau apapun deh. Sebenernya kecemasan ini gak baik memang jika terus-terusan diderita. Yang paling gampang ya pergi ke psikiater yang bisa membantu jika dianggap udah bener-bener dalam batasan ‘mengganggu’. Jika masih dalam batas biasa aja mungkin cukup dengan ‘atur nafas lalu hembuskan’

Ketakutan itu harus dihadapi tidak dengan bersembunyi terus-terusan, iya kan?