20
Jun '15

Ramadhan 1436H : Alaya Belajar Puasa

Tahun ini bulan September nanti Alaya genap 6 tahun, rasanya gak terasa ini anak udah beranjak besar dan sebentar lagi masuk SD.  Saya dan suami sepakat bahwa tahun ini Alaya harus sudah diperkenalkan dengan puasa Ramadhan, menahan haus dan lapar untuk setengah hari saja dulu hingga adzan zuhur, namanya juga belajar.

Sahur pertama (hingga hari ini) susah gitu bangunnya, mesti digendong Ayah dulu dari kamar sampe meja makan. Dia gak mau makan, maunya cuma minum susu aja segelas. Ya sudah, saya sih gak maksa harus makan juga secara ini anak udah bangun sahur aja kan udah dapet berkahnya.

Bangun pagi biasa dia main sambil nonton Disney, jam 10an barulah dia mulai pegang-pegang perut sambil berkomentar kayak gini :
“Bunda, masih lama ya buka puasa? ”
“Bunda, perut Alaya udah grumbling”
“Bunda, gimana ini Alaya pengen makan (sebut makan yang dia pengen)”
Begitu terus dan akan diulang sejam kemudian hingga menuju adzan zuhur.
Alhamdulilahnya ini anak masih mau dibujukin, bentar lagi bukanya jam 12 trus dia balik ke kamar sambil nonton dan main apa aja, dari play dough sampe mewarnai dan sampe dia tidur-tiduran dikasur

Untuk sholat juga udah lumayan dia hafal gerakannya walau masih bertanya ini sholat apa dan berapa jumlah rakaatnya, masih suka kebalik. Nanti belajar lagi Alaya bilang.
Senangnya lagi Alaya juga udah tahu apa itu pahala, gimana biar dapet pahala dan tentang surga.

Saya sih gak begitu serius mengajarkan ini itu yang membingungkan dia tentang hal agama semacam ini, tapi pelan-pelan dia mulai mengerti.
Contohnya kalo berbuat baik akan dapet pahala, berbuat baik apa? Bantuin Bunda cuci piring itu juga berbuat baik lho, jadilah dia yang emang seneng main air seneng juga bantuin Bundanya biar dapet pahala.

Ramadhan ini juga saya mesti memahami badan saya sendiri dan juga si baby anak kedua ini. Alhamdulilah si calon adeknya Alaya ini udah 23 Minggu dan saya harus bisa mengukur sendiri kondisinya bukan cuma ego saya tapi kesehatan si babynya juga. Dua hari puasa ini sih lumayan…. (sampe maghrib) Lumayan bikin lemes mes mes…
Minta doanya ya teman-teman, semoga si baby sehat terus dan lancar hingga lahiran.

Semoga puasa ramadhan kali ini semua ibadah kita dilancarkan dan semua menjadi berkah dariNya. Amiiin…
Selamat menjalankan ibadah puasa ya…