Ngobrolin Penulisan dan Buka Puasa Bareng Ezytravel

Udah hampir dua bulan ini saya dan teman-teman Blogger Wongkito dipercaya menjadi kontributor Hellopalembang.com. Jadi web ini tercipta atas inisiasi Ezytravel yang bikin satu portal yang diisi bareng oleh blogger setempat yang menceritakan banyak wisata dan budaya seru nan cakep dari daerahnya.

Temen-temen Hello nusantara - foto : @hyudee
Temen-temen Hello nusantara – foto : @hyudee

Hellopalembang sendiri merupakan web kelima setelah Hellobogor, Hellosemarang, hellomakassar dan hellolombokku, baru deh Hellopalembang dan disusul Helloacehku. Nah, alhamdulilah… Selasa, 30 Juni 2015 lalu saya dan Suzan berkesempatan mengikuti workshop penulisan dan buka puasa bareng temen-temen Hello-senusantara di Jakarta. Karena jejaring blogger lumayan banyak, jadi beberapa temen dari daerah lain kebetulan udah saya kenal sebelumnya :D

Para peserta workshop penulisan
Para peserta workshop penulisan

Workshop penulisan di Djakarta Cafe hari itu disampaikan Mbak Elok Dyah yang merupakan jurnalis senior Kompas dan pendiri komunitas Backpacker Dunia. Tentu saja workshopnya menarik apalagi yang jadi pesertanya para blogger yang butuh banget informasi dan tips seputar menulis. Mbak Elok secara detil memberikan banyak tips bagaimana caranya mengolah data, menggali informasi lebih dalam dan juga mengolah foto yang kita dapat menjadi tulisan yang baik dan enak dibaca.

Mbak Elok Dyah sharing soal penulisan
Mbak Elok Dyah sharing soal penulisan

Saking kumplitnya Mbak Elok juga berbagi etika bagaimana seharusnya kita mengambil foto di suatu tempat dan bagaimana kita menempatkan diri di tempat dimana kita sedang berada. Perbedaan budaya di daerah atau negara membuat kita harus bisa mengolah banyak informasi yang ada, bertanya pada warga setempat dengan cara yang lebih dekat dengan mereka. Sebagai jurnalis yang sudah senior, jelas pengalaman Mbak Elok ini jadi pengalaman bagus untuk didengar.

Mbak MIra dari Grasindo sharing soal penerbitan buku
Mbak MIra dari Grasindo sharing soal penerbitan buku

Gak cuma Mbak Elok yang berbagi tentang penulisan sore itu, setelah berbuka puasa bersama lanjut kita dengerin juga gimana tentang penerbitan buku dari Grasindo. Kali itu Mbak Mira berbagi banyak bagaimana blogger punya kesempatan besar menjadi penulis buku dengan menerbitkan buku di penerbit besar seperti Grasindo. Disini para blogger banyak bertanya tentang tema apa yang paling banyak diminati untuk bisa dijadikan buku, bagaimana teknis pengiriman naskah hingga royalti yang nantinya didapatkan penulis dari buku yang terjual. Banyak lah yang mupeng pengen segera nerbitin buku nih :)

Karena ini acaranya Ezytravel so pasti lah di akhir acara ada bagi-bagi voucher tiket pesawat dan hotel. Yaa… walopun saya emang jarang banget bisa beruntung dalam hal dapetin doorprize, tapi seneng aja liat semua temen-temen semua ngumpul dan ngikutin acara seru ini dengan happy. Saya bisa ketemu banyak temen dan juga kenalan dengan temen-temen baru yang menyenangkan sekalian berbagi banyak berbagi cerita tentang daerahnya masing-masing.

Sebelum pada balik ke daerahnya masing-masing, wajib foto dulu - foto : @hyudee
Sebelum pada balik ke daerahnya masing-masing, wajib foto dulu – foto : @hyudee

Oh ya, untuk transport dari bandara ke lokasi kita naik Bigbird dari Blue Bird Group lho, ternyata enak banget bisnya bisa karaoke selama diperjalanan, makin seru lah obrolan kita, macetnya Jakarta jadi gak terasa. Terima kasih Blue Bird dan terima kasih banyak atas kesempatannya Ezytravel…. :senyum:

11 thoughts on “Ngobrolin Penulisan dan Buka Puasa Bareng Ezytravel

  1. seru yah bisa kumpul bareng dan sharing ilmu. sayang aku ngga jadi join. ternyata kesibukan mendera :(

  2. enak dan seru ya kalau jalan-jalan diundang begitu. sayangnya aku ga ada yg ngajak ikut ke sana. hiks hiks..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.