Review Buku Balada Rosid & Delia

Cover Balada Rosid & Delia

Judul Buku : Balada Rosid & Delia
Penulis : Ben Sohib
Penerbit : Bentang Pustaka
Jumlah Halaman : 235 Halaman
Harga : Rp. 39.500
ISBN : 9789791227919

Buku Ben Sohib kedua yang saya baca, setelah Se7en Heroes yang saya dapetin dari kuis twitter Kick Andy.

Buku ini yang mengilhami dibuatnya film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta. Saya jelas ga nonton filmnya karena ga diputer di bioskop kesayangan saya :)

Rosid diperankan oleh Reza Rahadian, Delia diperankan Laura Basuki dan Nabila diperankan Arumi Bachsin. Itu saja sudah cukup membuat saya mengetahui karakternya seperti apa di film, yang pasti ga jauh beda kan ya sama di buku.

Cerita ttg Rosid dan Delia yang pacaran tapi beda agama. Rosid dengan budaya betawi yang kental sejak lahir Islam, dan Delia dengan keluarganya yang Kristen.

Klo udah ngomongin agama, apalagi nikah, seperti sudah sulit ya masalahnya. Itu juga yang terjadi dengan keluarga Rosid dan Delia. Tapi keduanya seperti tidak terpisahkan. Beberapa halangan dilewati dengan tidak begitu sulit. Mereka sama2 yakin mereka berdua berjodoh.

Ben Sohib bercerita dengan menarik menurut saya, apalagi pake gaya bahasa betawi yang lancar. Sayangnya percakapan Delia dan Rosid ditulis dengan gaya ga seperti dialog orang yang sudah dekat, menurut saya begitu formal.

Terakhir, endingnya dibuat menggantung. Ini juga yang bikin saya berasa kayak ga baca buku. Saya lebih suka seorg penulis memberikan ending dibagian akhir cerita, entah itu happy atau sad ending. Walau kadang saya ga suka ending beberapa buku, tapi lebih saya hargai itu. Daripada ga ada endingnya. Pembaca dibuat menerka-nerka akhirnya, tentu saja bagi saya itu tidak menarik dlm buku ini, jadi ga ada solusi gitu loh :)

Buku yang mengilhami film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta ini sebenernya diangkat dari 2 buku Ben Sohib, yang pertama Hikayat The Da Peci Code yang banyak bercerita tentang kehidupan keluarga Rosid, terutama Rosid dan Abahnya, dan yang kedua ya buku ini sendiri. Saya cuma beli buku yang kedua, jadi bahas yang kisah cinta Rosid aja. Mau baca dua-duanya juga boleh kok :D

3 thoughts on “Review Buku Balada Rosid & Delia

  1. Aku kesal sama buku ini Nike. hehe… karena ending yang menggantung itu. Di buku ini endingnya menurutku seperti mengarah ke cinta adalah segalanya….

    Tapi pas nonton filmnya ada endingnya lho.. :)

  2. Betul mbak Yanti, dari cerita di buku nggantung gitu, jadi males. Kayaknya cinta Rosid sama Delia ga bakal berujung pernikahan :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.