Review Buku Serial Season Ilana Tan

Summer in Seoul

Judul Buku : Summer in Seoul
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 280 Halaman
Harga : Rp. 51.000
ISBN : 9792224602

Ini sebenernya buku pertama dari serial season dari Ilana Tan. Walau memang tidak berhubungan langsung keempat buku ini tetep enak dibaca kalo runtut ya :) Disarankan untuk beli dalam box set, karena harganya jadi lebih murah loh :) *promosi apa nih ya*

Cerita cinta nan manis antara Sandy atau Han Soon Hee dan Jung Tae Woo (nulis namanya ini aja saya mesti lirik bukunya, takut salah sih, susah pake nama Korea).

Jung Tae Woo yang seorang artis bertemu dengan Sandy hanya karena tertukar hp. Terjadilah pertemuan2 yang akhirnya membuat mereka menjadi sepasang kekasih ‘boongan’ tapi menjadi beneran setelah beberapa waktu mereka lalui. Benih2 cinta kan datang karena sering bersama.

Ceritanya sebenernya biasa, kisah cinta biasa tapi menurutku ditulis Ilana Tan dengan sangat baik. Cerita cintanya menjadi sangat manis dan tidak berlebihan, romantis tapi sesuai kadarnya (maksudnya ga lebay). Sampe akhirnya mencapai klimaks ketika akhirnya saya mengetahui bahwa Sandy adiknya Lisa, si penggemar fanatik Tae Woo yg harus meninggal pada saat jumpa fans.

Autumn in Paris

Judul Buku : Autumn in Paris
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 272 Halaman
Harga : Rp. 38.500
ISBN : 9792230300

Entahlah, mungkin karena saya suka Prancis maka saya baca buku ini dulu tanpa tahu urutan buku2 Ilana Tan seri musim-musim ini.

Novel berkisah tentang sepupu Sandy di novel Summer in Seoul, Tara Dupont, wanita blasteran Indonesia-Perancis yang sangat menyukai musim gugur di Paris merasa telah memiliki segalanya dalam hidup. Ia hidup di Paris bersama ayahnya dan bekerja sebagai seorang penyiar di stasiun radio yang cukup terkenal.

Kehidupan semakin sempurna ketika bertemu dan jatuh cinta dengan Tatsuya Fujisawa, seorang arsitek yang sedang bekerja di Paris, teman dari kakak angkat Tara. Tatsuya adalah seorang lelaki Jepang yang membenci musim gugur di Paris, namun pertemuannya dengan Tara mengubah pendiriannya tentang musim gugur di Paris. Ia menyukai musim gugur di Paris karena Tara.

Ga nyesel deh merengek minta beliin suami box set Ilana Tan. Pertama saya liat kyknya buku2nya populer sekali. Saya coba baca ternyata memang keren. Gaya menulisnya enak dibaca, mengalir dengan bahasa yang menarik sekali. Cerita cinta yang hampir2 membuat saya menitikkan air mata.

Saya yakin cinta Tara dan Tatsuya bisa abadi walo salah satu harus ada yang pergi. Paling tidak abadi dihati mereka masing2.

Winter in Tokyo

Judul Buku : Winter in Tokyo
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 313 Halaman
Harga : Rp. 40.000
ISBN : 9789792239836

Saya sesungguhnya tidak terlalu suka Jepang, lebih suka Paris. Tapi saya harus jujur, Winter in Tokyo ini lebih bagus dibanding 2 buku Ilana sebelumnya, Summer in Seoul dan Autumn in Paris.

Bercerita tentang Ishida Keiko yang mencari cinta pertamanya, yang dikenalnya dengan Akira. Akhirnya Keiko menemukannya. Tidak hanya menemukan sang cinta pertama, Keiko bertemu Kazuto yang merupakan tetangganya yang sudah lama tinggal di New York.

Ternyata, cinta pertama yang diketahui Keiko selama ini salah dan Keiko akhirnya tanpa dia sadari telah menyukai Kazuto.

Masih mengusung cerita cinta yang manis dengan romantisme yang manis pula, tidak berlebihan. Itu yang saya suka dari Ilana Tan.
Namun, setelah membaca 3 buku seri season ini saya bisa menarik kesimpulan, sbb:
– Si cowok yang naksir tokoh utama selalu cinta pada pandangan pertama gitu. Saya lebih suka prosesnya jatuh cinta, ga langsung cinta yang Ilana saja sulit menggambarkannya.
– Selalu di seperempat akhir cerita ada kecelakaan. Entah digebukin org atau kecelakaan lain.
– Ada cerita yang akhirnya terkuak yang mungkin dari awal tidak terlalu terliat.

Ah, dari poin2 itu saja saya sudah tau rumusnya Ilana Tan :D
Ini yang sepertinya harus diketahui penulis, sehingga ga buat ceritanya berformula yang akhirnya membuat pembaca tau fasenya. Its ok klo seri season di buat seperti ini. Tapi klo buat buku lagi dan begini lagi, mungkin pembaca akan cepat bosan.

Terlepas dari itu semua, saya juga ingin memberi penilaian untuk covernya. Dan lagi-lagi, cover Winter in Tokyo ini menurut saya lebih ‘cakep’ dibanding 2 buku sebelumnya.

Spring in London

Judul Buku : Spring in London
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 238 Halaman
Harga : Rp.39.000
ISBN : 9789792253764

Novel ini bercerita tentang kisah cinta seorang gadis peranakan (Indonesia – Jepang) bernama Ishida Keiko dengan Kazuto.

Keiko Chan yang bekerja di perpustakaan umum di Shinjuku dan tinggal di salah satu apartemen sederhana di pusat kota Tokyo, terobsesi dengan cinta pertamanya, Kitano Akira. Keiko berharap suatu hari nanti ia akan bertemu dengan Akira dan mewujudkan cinta terpendamnya.

Suatu hari, apartemen Keiko kedatangan penghuni baru, seorang pria bernama Nishimura Kazuto, yang menempati apartemen 201. Kazuto kembali ke Tokyo, setelah 10 tahun menetap di New York, Amerika Serikat, bersama kedua orang tuanya. Kepulangan Kazuto ke Tokyo karena ingin melepaskan diri dari kenangannya terhadap gadis yang dicintainya, yang menikah dengan sahabatnya sendiri.

Entahlah, diantara 4 seri season Ilana Tan, buku inilah yg menurut saya kurang gimanaaaa gitu. Kurang emosi deh saya bacanya. Padahal, diawal saya sudah menemukan proses jatuh cinta sang tokoh utama pria yang di 3 buku sebelumnya hampir tidak tergambar jelas.

Spring yang tidak tergambar jelas ditambah London yg terlihat biasa saja hampir bikin saya menunda-nunda terus untuk melanjutkan baca sampe akhir, walopun akhirnya kelar juga.

Minta sedikit review dari Suzan nih :)

12 thoughts on “Review Buku Serial Season Ilana Tan

  1. q suka bgt yg summer in seoul!
    jd ngbayangin klo q sndr yg ngalamin!tp jung tae-woo oppa jd lee min ho!hehe

  2. Saya bukan orang yang sangat suka membaca novel. Tapi teman saya nawarin baca novel Winter in Tokyo, dan saya iseng2 baca karena lagi senggang juga. Hasilnya? Jangan ditanya lagi. Memuaskan dan LUAR BIASA. =)))

    :baca:

  3. aq udah bca n belii smuaa novelly…
    hmmph,,keren n romantiic buaangett….

    kpaan ada iaang baru lagii?
    inform kee aq yaah

    tq

  4. aku belom dapet yang autumn in paris,.
    kalo yang laen aq udah baca dan emang bagus,.
    doakan aku masih bisa dapet yang utumn in paris,. :senyum:

  5. Bukannya novel “Spring In London” itu menceritakan tentang kisah cinta Naomi Ishida dengan Danny Jo atau Jo In-Ho???

  6. aku juga suka summer in seoul… tapi aku berharapnya Jung Tae-Woo muncul di kehidupan nyata sebagai dirinya sendiri… :senyum:

  7. pertama kali baca Winter in Tokyo. awalnya sih gak tertarik bacanya, cm karena mendapat hadiah dari teman jadilah dibaca. dan ternyata SANGAT KEREN. jadi addictive sama tuh buku. dan mulailah membaca semua bukunya. dari keempatnya semuanya bagus, walaupun saya tidak suka Autumn in Paris (Karena saya tidak suka cerita sad ending). bahasanya enak dicerna, dan penggambrannya enak. cm memang Winter in Tokyo yang paling bagus…^_^ :cinta:

  8. suka banget ma semua novelnya ilana tan..skrg tinggal nunggu pesanannya novel shunshine becomes u..

  9. z jg paling suka sm novelnya winter in paris.. z suka sama ishida keiko.. brharap bisa muncul di khidupan nyata.. hehehe

  10. cerita eank summer in seoul bgus bgt aku ngebayangin klau jung tae woo itu adalah jung il woo nma nx kan ngk beda jauh
    aku jga udh bca winter in tokyo crita nya bagus,sya ska kazuto ngajak keiko mkan mlam dan nnton ballet pda mlam ntal, dan akhirnx menyatakan cinta stelah smbuh dr amnesia nx, lgi2 sya ngebayangin kazuto itu jung il woo , huh dasar
    tpi syang autumn in paris sya belum baca ,cma bca sdikit sinopsis eank d atas , klau itu aja mna puas
    tp ngk apa2 deh ,mkasih mbak ilana karna crita novel nx ok bgt , buat eank lain lg ea mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.