13
Jul '13

Gak Usah Nunggu Kaya Untuk Membantu Sesama

Di balik banyaknya keluhan kita (saya dan mungkin juga teman-teman semua) terhadap banyaknya ‘kejahatan’ yang dilakukan banyak oknum pemangku kepentingan di negara ini, tetap ada kebaikan-kebaikan yang terserak dan tercecer di mana pun di belahan negara Indonesia ini. Dan saya terus meyakini kebaikan sekecil apa pun itu akan selalu diperjuangan orang-orang Indonesia yang mau membuat negara ini menjadi lebih baik.

Banyak sekali orang-orang yang mungkin tidak kita ketahui mampu melakukan perubahan di sekitarnya untuk kepentingan orang banyak. Gerakan sosial yang banyak terbentuk, saya rasa adalah buah dari kegeraman yang terjadi di masyarakat kita karena keluhan yang seringkali tidak berakhir sesuai dengan keinginan. Saya salut dengan bermunculannya orang-orang di balik gerakan sosial yang mampu membangun banyak hal, yang tentunya bikin kita yang mendengarnya senang dan bisa jadi ikut dalam gerakan tersebut.

Indonesia Mengajar, Akademi Berbagi, relawan yang mau langsung turun ke jalan untuk membantu anak jalanan, relawan yang langsung membantu dalam musibah dan bencana alam dan ada yang buat sekolah untuk anak jalanan. Masih banyak lagi yang mungkin belum kita ketahui semua, tapi mereka memberikan kontribusi nyata pada sekitarnya.

Semua gak mikirin lagi dapet gaji/honor tapi tabungan di akhirat. Seperti yang Kang Onno pernah bilang, kalkulator di Atas gak pernah salah. Akan selalu ada karma baik yang akan kita terima, saya percaya itu.

Saya menyadari hidup bukanlah apa yang kita kejar saja, impian dan harapan pribadi, tapi juga adalah bagaimana turut serta dalam membantu membangun atau bahkan menggapai impian dan harapan orang lain yang bisa jadi tidak seberuntung kita.

Sebesar apa bantuan kita sebenarnya bisa kita mulai dari kapan saja kita mau, ada banyak cara, ada banyak jalan dan ada banyak medianya, tinggal menentukan kapan kita mau memulainya.

Gak perlu nunggu kaya untuk bisa membantu sesama, tinggal coba kita mulai menengok sekitar kita, pikirkan hal sederhana, teruskan dengan melakukan yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka. Hal sekecil apapun yang bisa kita lakukan, mungkin akan sangat berarti bagi mereka.

Sedekah uang itu wajib dan mungkin banyak dilakukan orang, tapi sedekah ‘tenaga’ itu yang mungkin gak banyak bisa dilakukan orang. Jika kita bisa, lakukan keduanya, kenapa tidak?

*posting ini juga untuk saya sendiri*