18
May '14

Reuse & Recycle

botol kaca
botol kaca
botol kaca

Ide asuransi sampah itu bagus banget ya. Bagusnya lagi kalo bisa dipake untuk semua orang Indonesia. Jadi semua bisa bantuin memilah sampah yang bisa didaur ulang sendiri. Ala rumahan aja. Setiap rumah memilah sendiri trus nanti ada yang bisa jadi tempat bank sampahnya. Bagusnya lagi kalo bisa mendaur ulang sendiri sampah plastik tersebut jadi sesuatu yang bisa dipake lagi atau malah dijual sebagai kerajinan plastik. Beberapa blog hasil googling pun banyak yang memberikan cara mudah yang bisa kita ikutin untuk menjadikan sampah plastik sebagai kerajinan, contohnya blog yang ini.
Menarik ya!

botol kaca

Selain botol plastik, saya juga ngumpulin botol kaca bekas selai dan minuman susu kedelai yang sering keluarga saya konsumsi. Kalo botol plastik saya lebih banyak ngumpulin doang, beda dengan bekas botol kaca ini. Gak cuma ngumpulin tapi saya pake lagi untuk banyak hal. Bisa dipake buat tempat pensil warnanya Alaya, tempat bumbu masak kayak garam dan lada, jadi celengan koin atau bisa juga dipake untuk tempat kancing dan manik-manik. Biar rada bagus, biasanya saya kasih aplikasi rajut biar botolnya lucu

botol kaca bekas selai

Satu lagi yang bisa digunakan kembali yaitu kotak sepatu. Gak cuma cewek kan ya yang doyan beli sepatu/sendal, cowok juga banyak kan ya trus belom lagi anak-anak yang cepet banget berubah ukuran kakinya. Kadang sepatunya udah gak dipake atau dikasih ke saudara tapi kotaknya numpuk aja gitu menuhin tempat. Kalo saya, kotak-kotak sepatu ini bisa jadi storage box atau kotak penyimpanan apa aja. Biar agak cakepan dan gak keliatan kotak sepatu banget ya dibungkus pake kertas kado aja kotaknya, jadi agak lebih lucu dipake lagi. Karena di rumah banyak benang rajut, saya biasa pake buat naruh sisa benang atau rajutan yang lagi dikerjain. Alaya juga biasanya pake buat naruh mainannya atau juga buku dan hasil gambarnya dia.

bekas kotak sepatu

Ternyata yang kita kira sampah, bisa banget lho digunakan kembali dan dibikin sesuatu yang baru. Coba deh