Buku Catatan Harian Hobi

Jasa Titip Yahud, Tapi Bikin Bankrut

Pengakuan : saya pake jasa titip jastip) buat beli buku sale gitu dan gak cuma satu jastip, sangat membantu dan dapet buku-buku bagus, tapi ini semua bisa bikin bankrut gaes.

gambar dari blog.titipku.com

Jadi, tahun ini tuh Gramedia banyak banget buka promo sale gede-gedean. Buku-buku sekitar terbitan tahun 2015-an gitu dihargai rata-rata 10rb saja, pas hari-hari terakhir promo berjalan biasanya akan dihargai 5rb saja tiap bukunya. Kebayang kan betapa kalap saya jika berada di sana. Akhirnya saya berkenalan dengan yang namanya jastip.

Jasa titip ini memang bukan hal baru, banyak sekali jastip-jastip yang dibuka di onlineshop dengan kekhususan tertentu. Misalnya jastip kosmetik, jastip buku-buku dan mainan anak, jastip buku-buku murah diberbagai event pameran/promo buku, dan jastip lainnya. Karena lokasi di Palembang yang jarang banget ada event sale buku-buku gitu, akhirnya saya masuk ke salah satu jastip yang anggota di dalamnya udah banyak (sampe itu grup WA bisa lebih dari 200 orang).

Peraturan di tiap jastip biasanya berbeda, ada yang harus DP dulu dan harus dibayar pas si admin bayar ke kasir, ada yang sistemnya mereka talangi dulu pembayarannya, dan kita akan bayar kemudian. Nah, yang paling enak adalah saya gabung ke jastip yang super asyik, orang-orangnya asyik dan adminnya pun asyik, pembayarannya setelah tunggu rekapan belanja kita ditotal sama admin.

Jadi, tiap ada event promo berlangsung, akan diinfokan kapan yang namanya Live Shopping (LS), si admin akan memfoto buku-buku beserta harganya, yang tertarik dan mau beli langsung reply aja gambar tersebut, trus diambilin dulu, dibayarin dulu. Jadi kita bisa bilang ‘MAU’ atau ‘FIX’ untuk sebanyak buku apapun yang kita mau. Kebayang ya betapa banyak buku-buku menarik dengan harga murah yang bisa dibeli hanya dengan ketik ‘MAU’ atau ‘FIX’ itu tadi.

Nah setelah LS selesai, 1-2 hari setelah itu pihak admin akan merekap sebanyak apa buku yang sudah kita pesan sepanjang LS kemarinnya. Biasanya akan diinfo judul buku, harga buku dan biaya jastip yang dikenakan untuk tiap buku sampe berapa total berat buku yang kita pesan. Biasanya biaya jastip buku ini sebesar 5rb flat untuk satu buku. Dari sini lah para admin jastip mendapat keuntungan. Semakin banyak buku yang kamu pesan, semakin banyak mereka mendapat biaya jasa mereka.

Setelah mendapat rekapan, barulah pesanan akan dieksekusi untuk pembayaran. Silakan aja dibayar sesuai total belanja ke rekening admin, pengiriman juga tinggal pilih eksepedisi yang mereka siapkan, misal JNE, TIKI, POS, Paxel, Lion Parcel, Sicepat, JnT bahkan sampe layanan cargo bagi yang pesanannya seabrek-abrek. Sungguh gampang sekali kan ya? Tinggal duduk di rumah, pantengin grup WA, buku-buku yang kita mau bisa dibantu beli.

Jujur saja, jasa titip ini sungguh memudahkan, apalagi bagi teman-teman yang tinggal di lokasi di mana akses ke event seperti ini jarang ada. Hemat biaya, hemat waktu. Gak jarang kalo pun kita pergi ke event promo begitu, malah gak ketemu buku-buku yang dicari, ya kan? Jadi, ikutan jastip seperti ini sungguhlah membuat hidup jadi terasa lebih mudah, tinggal ya mikir aja itu gimana dengan jumlah pesanannya yang harus dibayar.

Nah, di beberapa jastip juga bisa keep pesanan, kalo belum gajian atau karena buku yang dipesan cuma sedikit, bisa di-keep sampe event LS selanjutnya, kalo dirasa sudah banyak baru diproses. Saya sendiri dengan sadar, kalo pesanan sudah banyak (biasanya 3-4kg buku) langsung saya proses, takut nanti susah bayar kalo udah kebanyakan hehehe. Favorit saya bayar via Shopee, jadi bisa lumayan irit ongkos kirimnya (pake fasilitas gratis ongkir Shopee, jadi pesanan kita dijual di Shopee gitu).

Bagi yang susah mengendalikan diri, ya bakal numpuk banyak. Ada yang total belanjaannya (plus ongkos kirim) mencapai 700rb lho. Luar biasa kan? Luar biasa bikin bankrut deh itu hehehe. Tahun ini adalah tahunnya saya beli banyak buku murah, gak cuma buat pribadi juga sih, ada yang buat anak juga ada yang dikasih ke teman-teman. Alhamdulilah, baru ikutan jastip buku-buku aja sih, belum yang lainnya. Udah cukup menguras dompet juga soalnya

Jadi, masih mau gitu beli buku bajakan? Di era banyak buku murah, mending sabar-sabar aja, banyak berdoa buku-buku incaranmu di tahun depan akan dijual murah, jadi tinggal tunggu aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.