05
Sep '08

Belajar Buat Pempek Yok!

Saya orang Palembang. Dari lahir sampe segede gini tetep tinggal di Palembang tercinta. Nah, orang Palembang itu hobi makan pempek, malah yang bukan orang Palembang, kalo pernah ke Palembang pasti deh jadi doyan makan makanan yang satu ini.

Setahu saya ada beberapa tempat di Palembang yang terkenal dengan pempeknya yang enak. Kayak Pempek Nony, Pempek Pak Raden, Pempek Saga atau Sudi Mampir dan Pempek Candy. Beberapa mungkin sudah punya canag di kota-kota besar lainnya. Biasanya, kalo makan pempek di tempat-tempat tersebut, ga usah diraguin lagi deh rasanya gimana, udah jaminan mutu (kecuali di Pempek Candy, yang saya tidak suka rujak mie nya, yang buat saya ga pernah beli pempek atau apapun disana lagi). Pempeknya 1 buah aja, yang kecil itu bisa sampe Rp. 3.000, bayangin aja kalo makannya sampe 10 atau lebih, lumayan kan yah.  Untuk pempek lenjer (yang berupa lenjeran dan tinggal dipotong-potong) pun harganya mahal, sekitar Rp. 17.000 s/d Rp. 25.000, dan kalo dah di potong paling juga 10 – 12 potongan pempek. 

Makanya, karena alasan itulah ibunda saya, lebih sering buat pempek sendiri. Lebih murah, enak dan makannya puas.

Karena suami saya itu suka sekali pempek, makanya saya berniat untuk belajar membuat pempek dari Sang Ibunda tercinta. Untungnya pagi tadi, Mama dateng dan saya emang rencana ke pasar untuk belanja mingguan dengan dianter adek saya. Jadi, ga lupa deh beli ikan yang udah digiling halus dan sagu. Sampe dirumah langsung deh belajar buat pempek dengan instruksi Sang Mama. Yok, saya share dikit cara dan skrinsutnya.

Bahan :

  • Ikan tenggiri papan giling 1 Kg (boleh ikan jenis lain ya!)
  • Sagu Tani1 Kg
  • 10 siung bawang putih (atau 1 bongkol ya namanya)
  • 2 butir telur ayam
  • Air putih sekitar 400 ml
  • Penyedap rasa
  • Garam
Untuk komposisi ikan giling dan sagu itu saya buat 1 : 1 supaya enak dan kerasa ikannya.  Kalo mau ditambahin sagunya boleh, tapi sebaiknya jangan terlalu banyak, karena akan terasa lebih keras dan kurang terasa ikannya.
Cara buatnya gimana? Mari….
  1. Masukkan 1 kg ikan giling ke baskom yang cukup besar
  2. Masukkan 2 butir telur ke baskom yang berisi ikan giling
  3. Masukkan juga 1 sendok kecil penyedap rasa ke campuran telur dan ikan giling 
  4. Lalu di ulek pake tangan sampai bercampur 
  5. Masukkan air putih sedikit demi sedikit di adonan diatas sampai dirasa cukup dan tidak terlalu lengket /kental
  6. Tambahkan juga garam halus ke adonan, kira-kira 2 sendok lalu ulek kembali adonan
  7. Setelah itu, masukkan sagu sedikit demi sedikit sembari adonan tetep di ulek sampai seluruh sagu tercampur merata ke adonan
  8. Adonan selesai. Lalu siapkan rebusan air yang ditambahkan 1 sendok minyak goreng ke rebusan air, tunggu sampai mendidih
  9. Sambil menunggu air rebusan mendidih, kita buat adonan menjadi lenjer-lenjer pempek 
  10. Adonan tadi di ambil dan dibuat menjadi bola-bola sebesar bola kasti (lebih gede dikit gpp), setelah dibuat bola-bola lalu satu-satu di pipihkan dan dibuat menjadi lenjeran seperti skrinsut dibawah ini.
  11. Lenjeran selesai. Jika air rebusan sudah mendidih, mulailah memasukkan lenjeran pempek ke air rebusan dan tunggu sampai lenjeran naik ke atas permukaan air. 
  12. Jadi deh. Tinggal di tiriskan dan potong-potong, lalu di goreng.
  13. Sajikan bersama cuka pempeknya (cukanya beli aja di Nony, lebih enak dan pas banget ga terlalu pedes)

Silahkan mencoba dan saya juga berusaha agar tangan saya lepas dari bau amis ikan