11
Nov '08

NSP, RBT, I-RING dan Nada Sambung

Udah ga jamannya nunggu telepon diangkat dengerin “tut….tut….tut….”

Itu yang sering saya dengar dari iklan, waktu pertama kali Nada Sambung Pribadi diluncurkan oleh Telkomsel. Dengan istilah NSP 1212, Telkomsel mempelopori layanan lagu yang muncul dikala kita menelpon seseorang. Setelah itu muncul juga I-ring dari Indosat, RingBackTone atau disingkat dengan RBT dari XL, ada juga Nada Sambung dari Esia, trus Flexi Tone dari Flexi. Kesemuanya memberikan layanan memunculkan sebagian lagu yang kita inginkan untuk diperdengarkan dikala orang menelpon kita. Layanan yang bagus

Adek saya, dari awal pake XL sampe sekarang pake Kartu AS, selalu langganan lagunya Sheila on 7, tiap bulan aja lagunya beda. Beberapa temen saya berganti lagu-lagunya. Saya suka sih dengan layanan ini, tapi saya akui saya baru suka setelah saya berganti dari Simpati ke Kartu Halo. Masih sama-sama Telkomsel memang, tapi baru menggunakan layanan ini setelah saya merasa lebih hemat dengan Kartu Halo.

Awal saya nyoba itu di bulan puasa kemaren, karena saya suka Afgan maka saya coba cari kode lagunya di web terkait, ternyata hasilnya ‘data pencarian tidak ditemukan’. Padahal lagu itu ngetop loh. Untungnya saya liat di tipi, lalu saya catet deh. Aneh, kok di tipi udah ada, di webnya ga ada. Lagu baru yang lagi nge-hits malah munculnya lama di web. Kan kita yang banyak pake internet, kesulitan cari lagu yang kita suka, apalagi kalo lagu baru.

Dan satu lagi keanehan yang terjadi, waktu tadi saya cari kode lagu lagi, di bagian top hitsnya. Ada tombol play yang diletakkan di paling kanan lagu, eh pas didengerin lagunya ga cocok. Lagu D’massiv eh kok malah pas di dengerin lagunya Opick. Coba lagi dengan merefresh halaman, masih sama juga. Telkomsel kok ga ngeh dengan keanehan ini ya. Web NSP ini saya berasanya kok kayak ga di manage sama adminnya ya. sayang sekali.

Sama juga dengan Nada Sambung Esia, beberapa kali saya liat webnya dan beberapa kali saya search, kok ga update2 lagunya, so last year….

Saya justru melihat kelebihan pada web RBT-XL dan I-Ring Indosat. Kode lagu baru, selalu di update di webnya, dan waktu saya play pun lagunya juga sama dengan judulnya.

Yah, semoga pihak-pihak yg berkompeten untuk bisa membenahi yang kurang, semacam masukan saja

*sekarang saya pake nsp lagu d’massive*