Review Buku Maryamah Karpov

Saya emang telat buat review ini, udah pada besebaran dah pokoknya tentang buku ke-4 dari tetralogi Laskar Pelangi ini. Beli karena pengen cepet akhirnya saya beli online, walo akhirnya si kakak dulu yang selesai baca. Kenapa? karena, baru baca 50 halaman saja membuat saya berhenti. Tapi, itu awalnya loh…

Judul : Maryamah Karpov | Mimpi-Mimpi Lintang
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Sastra Bentang

Sebelum kelar membaca Maryamah Karpov ini pun, saya sudah bisa menulis reviewnya sebenarnya, tapi rasanya tidak lega kalo blom mengkhatamkan buku ini. Bercerita tentang kembalinya Ikal, inilah topik utama buku ini. Ya iyalah ya, secara yang nulis si Ikal sendiri. Mulai dari sidang tesis yang bikin Ikal ketar ketir hingga dia sampai ke tanah Belitong untuk melepas rindunya pada Ayah dan Ibu. Tak hanya itu, Ikal juga bertemu dengan Arai, ini yang paling saya tunggu-tunggu. Arai akhirnya mendapatkan cinta Zakiah Nirmala dan melanjutkan kembali studinya.

Ikal kembali untuk mencari cinta sejatinya, A Ling. Dengan susah payah Ikal mencari hingga perlu membuat perahu yang dinamainya ‘Mimpi-Mimpi Lintang’. Ya, karena kemunculan dan ide brilian Lintang lah yang akhirnya membuat Ikal mampu membuat perahu dan akhirnya menemukan A Ling. Namun, buku ini ditutup dengan penolakan ayah Ikal terhadap keinginan Ikal untuk meminang A Ling. Kenapa ? Saya juga ga tau, lebih baik mungkin tanya Mas Koen yang sekantor sama Andrea Kabarnya memang buku ini akan dilanjutkan dengan Maryamah Karpov jilid 2 dengan sub judul berbeda.

Pertanyaan besar dari beberapa yang sudah baca, siapa sih Maryamah Karpov? Mak Cik Maryamah yang mengajarkan catur Karpov yang kalo saya tidak lewat baca, hanya ditulis 2 kali dalam buku ini. Sampe-sampe ada yang bilang ini buku kagak nyambung Saya kira ini dikarenakan Andrea udah publish judul serta covernya di buku Edensor, puat adahal mungkin nih ya, buku ini sebelumnya belum kelar waktu itu.

Beberapa point yang saya liat :
1. Banyak hal yang saya rasa ga terlalu penting buat diceritakan, namun tak kurang juga membuat tertawa karena diceritakan lucu. Seperti cerita orang melayu dalam yang hobi membual, taruhan aneh A Ngong, cerita ayam berpoligaminya Bang Zaitun.

2. Apakah ini beneran buku kisah nyata?
Saya kok sekarang melihatnya ini buku dah berlari ke rak buku bagian fiction ya? Dibuku ini saya hanya melihat kisah cinta, iya kisah cinta Ikal

3. Beberapa hal tidak wajar dan malah dikatakan Mas Q berlebihan. Saya sangat setuju dengan Mas Q. Masa’ sih tingginya Ikal menyusut waktu ia kelas 2 SMP lebih tinggi dari kelas 3 SMP. Terus, apakah tidak terlalu kebetulan saat Ikal bingung, lalu muncul Lintang. Okelah mungkin kemunculan Lintang tak apa, ini muncul juga Mahar, Akiong, Trapani dan sejumlah nama dari laskar Pelangi. Ini reuni yang direncanakan kah? Mahar sang pengagum Tuk Bayan Tula, ah… saya berasa ga percaya aja, wong saya nonton di Liputan 6 Siang SCTV waktu itu, Mahar itu jauh dari kesan orang macam diceritakan di buku ini. Mahar yang pintar menyanyi dan sekarang jadi guru akuntansi.

Pertanyaan dari saya : “Kenapa Arai tidak juga dipertemukan dengan anggota Laskar Pelangi?

Ahh…. Saya masih suka Sang Pemimpi. Lebih membawa ke arah semangat dari mimpi untuk menjadikannya nyata

30 thoughts to “Review Buku Maryamah Karpov”

  1. Review-mu terlalu terpengaruh dengan review-nya Q, Nick. Banyak yang masih terjebak bahwa tetralogi Laskar Pelangi adalah kisah nyata. Ini novel, dan karenanya pasti fiksi, kalaupun ada yang nonfiksi, tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

    Juga adalah hak penulis kenapa Arai tidak dipertemukan dengan Laskar Pelangi. Cuma aku agak kecewa sama cerita Arai mendapatkan Zakiah. Anti klimaks banget. Masak sebegitu mudahnya?

    hehehe…

    Posting terakhirnya galih…Sebuah Persimpangan

  2. Saya cuma berpendapat yang sama dengan Mas Q untuk buku ini. Arai mungkin diceritakan sedikit, biar ga ‘dapet’ dihati pembaca. Secara ya, saya lebih menyukai Arai ketimbang Ikal

  3. imho, sejak buku pertama, tetralogi ini kan memang masuk kategori novel atau fiksi.

    banyak fakta yang sukses dibaurkan dengan imajinasi oleh andrea. salah satunya (yang paling krusial) adalah tokoh lintang yang “katanya” fiktif alias tokoh imajiner.

    belum lagi informasi yang semula diklaim sebagai fakta oleh andrea, ternyata “diragukan”, seperti apa benar andrea itu sekolah di sorbonne dan sheffield hallam? atau di groningen (univ. hanze)?

    apa benar dia lulusan fe ui? jika benar tahun berapa dia masuk/tamat dari fe ui? bisakah dia kuliah reguler di fe ui sambil bekerja di pt. pos selama 8 tahun?

    tapi, di luar fakta-fakta yang diragukan di atas, karya andrea (andrian) hirata cukup menghibur dan inspiratif. khusus untuk buku keempatnya, andrea layak disejajarkan dengan raditya dika. sekali lagi, just imho

  4. iya, kok banyak yang ‘menghakimi’ tetralogi laskar pelangi ini sebagai kisah nyata ya?

    mestinya begini, harusnya begitu.
    duh, aneh.

    yang nulis hebat nih, mampu merangsang pembaca untuk menentukan ‘alternatif’ alur sendiri

    Posting terakhirnya daus oh daus…Kalender 2009 Gratis

  5. disinyalir kalo lintang dan arai itu adalah ‘pecahan’ dari ikal sendiri. hahah …
    jadi, ikal itu membelah jd tiga manusia berbeda yg pinter2 tapi berbeda nasib .. heheheh …

    Posting terakhirnya iYus…Tokoh FIKTIF ?

  6. wah ……
    tnx infonya….
    gua dah beli novelnya
    but kok hal 503nya gk ada ya??????
    kalo boleh tau apa si hal 503 nya?????????

  7. wah, kalo ada lembar halaman yg hilang atau terbalik coba kirim email aja ke sastra bentang yang menerbitkan, ntar bisa diganti kok

  8. Saya belum baca buku ketiganya malah.
    Tp jd penasaran jg sebenarnya, ini kisah nyata bukan siy? Begitu banyak yg janggal **bgt kata orang. Tp klopun ini fiksi, kan tidak apa2 juga toh..

    Posting terakhirnya zee…Privacy is Mandatory

  9. memang betul,

    setahu saya, Andrea Hirata sekarang sudah berangkat ke suatu tempat impiannya yaitu desa tertinggi di Himalaya sana…
    kebetulan saya menghadiri seminar terakhirnya di IPDN Jatinangor, desember 2008.
    beliau menyampaikan bahwa, Maryamah Karpov memang belum selesai ditulis, beliau baru menyelesaikan buku I, rencananya akan ada buku II, yang membahas tuntas tentang Maryamah Karpov itu sendiri.
    Tapi menurut beliau, Maryamah Karpov II itu tidak akan diterbitkan, atau jika diterbitkan pun mungkin dalam jangka waktu sekitar 5 tahun dari sekarang.

    Resensi dikit ah :
    Dan Maryamah Karpov memang lebih ke novel fiktif, argumen dari andrea nya sih “yang namanya sastra ada unsur hiperbolisme…” nah artinya sama saja bahwa ada sebagian dari bukunya itu adalah fiktif.

    Saya udah baca Tertarloginya,
    menurutku yang penting sih, bagaimana jalan cerita tersebut bisa membuat pembaca penasaran dan tertarik untuk membaca sampai habis dan menemukan sesuatu yang berkesan dengan cerita itu. Sudah cukup untuk mengatakan bahwa novel tersebut bagus.

    Tapi pada akhirnya cerita MK, berujung pada pencarian Ikal yang akhirnya menemukan A Ling, dan tidak direstui ayahnya untuk menikah dengan A Ling…
    dan akhirnya Ikal memutuskan untuk kawin lari…
    artinya belum tamat kan Tetralogi Laskar Pelangi???????????

    dan cobalah kawan baca, banyak kejadian tak masuk akal tapi tetap menarik, menggugah dan membuat semangat, karena andrea adalah Sang Pemimpi yang bisa membawa kita ikut bermimpi dengan cerita2 yang ia buat….

    -AdDz-

  10. Tokoh Mahar dalam novel Andre Hirata memang tidak nyata. Hal ini di dukung sendiri oleh pernyataan beliau sendiri di Youtube(coba ketik “andrea hirata ubud” tanpa tanda petik)

  11. Sebetulnya sy setiap baca buku even based on true story tidak pernah mempermasalahkan apakah itu benar2 fakta ato sudah didramatisir buat kepentingan publikasi. Jadi review sy terhadap Maryamah Karpov (MK) bukan berdasarkan apakah itu fakta ato karangan…

    Jadi saya hny memberi komentar mengenai keseluruhan alur bukunya. Rada terlalu sastra (saya akui ini memang spesialisasi Andre), kurang greget, tidak ada klimaks, ga ada hubungan erat antara judul dan isi, terlalu dipaksakan, melompat-lompat, yang pasti sih tidak menimbulkan suatu reaksi atau dorongan untuk penasaran terhadap bukunya (kalo buku 1-3, rasanya penasaran pengen baca n baca terus sampai selesai bukunya, ga pengen berhenti), tapi buku MK ini benar2 susaaaah buanget buat nyelesainnya.

    Tapi ada pesan moralnya juga kok dari buku ini, bahwa dengan kerja keras, semangat, tekad kita pasti bisa mewujudkan mimpi-mimpi kita…

  12. wah…sama aq juga lebih suka sang pemimpi dari pada ya maryamah karpov. Memang ari semua buku itu hanya sang pemimpi dan edensor yang bagus.


  13. pentingnya sebuah buku tu bwt dicari maknanya, ga penting ah, walau buku fiksi atw bukan, yang penting buku ini, bagus banget buat anak bangsa yang lagi down semangatnya dalam masalah cita2 n cinta,
    Q yakin bener semua buku2 na om hirata bagus, walau Q lum dapat baca buku ke4, karna terbatasnya………………………..ya taw lah apa, but, andrea hirata adalah salah satu orang yang mempengaruhi hidup aQ, dari dia Q belajar gimana caranya bermimpi, meraihnya dan pantang menyerah, n 1 lg, semangat yg ga pernah padam walau dalam keadaan yang ga mendukung (like me now)
    but bila Qt ounya kemauan, Qt ruz berusaha, n jgn lupa berdoa, karna Tuhan taw, tapi menunggu,tks

  14. Tetralogi Laskar Pelangi memang ditutup oleh Maryamah karpov yang kurang menggigit, tapi tetap saja Laskar Pelangi penomenal ditengah2 sastra kita yang masih sepi.

    Bravo Andrea….

  15. Apapun mslah nya n Apapun kekurangan nya, Yg penting Bagi Q Andrea Hirata Adalah salah satu orang Yg membuat inspirasi dalm hidup Q menjadi lebih banyak dan Berarti, Dia penulis yg Hebat, krna bisa membangkitkan SEMANGAT hidup Q dan Ribuan Remaja INDONESIA lainnya untuk Menggapai n Mewujudkan MIMPI dan Cita2nya …….
    EDENSOR
    Ini adalah Novel TERINDAH yg pernah Q baca, Novel ini menginspirasi Hidup Q.,.,
    banyak pelajaran Moral Yg Q petik Dri Isi novel INI,..
    Terimakasi Andrea Hirata, Kau telah membangkitkan Semangat Anak Bangsa lewat isi Novel2 mu,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.