07
May '09

Belajar Jualan Online via Blog

Blog ga hanya tempat berbagi cerita keseharian. Tapi juga berbagi semua, tak terkecuali berjualan. Hanya saja, jualan yang di maksud adalah jualan online yang dijajakan dengan menampilkan berbagai foto barang yang di jual.

Saya sendiri termasuk wanita yang hobi belanja *inget iklan WRP kan ya? *, mau itu belanja di toko beneran ataupun toko virtual seperti lewat blog, nah inilah yang dinamakan dengan e-commerce. Singkatnya, belanja belanji lewat internet lah. Entah itu situs belanja yang dibuat sedemikian rupa seperti Bhineka, Baliwae dan tanah abang, atau dengan penjajaan simpel fasilitas blog, misal menggunakan Multiply (yg paling banyak) dan Blogspot juga WordPress. Lebih-lebih lagi, sekarang sudah banyak yang berjualan via jejaring sosial, seperti Frindster (FS) dan Facebook (FB).

e-shopping

e-shopping

Sebenarnya tujuan dari penjualan online seperti ini adalah memudahkan kegiatan belanja bagi orang sibuk. Ya, sibuk karena ga sempet ke toko beneran. Apapun yang di pakai, mau pake jejaring sosial kek, blog kek atau buat web beneran, sebenernya yang terpenting dari kegiatan penjualan seperti ini adalah :
1. bagaimana kita bisa membangun network,
2. bagaimana kita memasarkan apa yang kita jual, dan
3. bagaimana kita memberikan service yang baik bagi pelanggan.

Apabila, ketiga hal itu dengan mudah dan konsisten dilakukan…. percayalah, kegiatan penjualan anda bisa eksis
Kalo ngomong soal banyak atau tidak penjualan, ya itu tergantung juga sama produk dan harga yang anda tawarkan.

Seorang teman bertanya pada saya, “bagaimana ya memulai berjualan online?”
– apa perlu langsung buat web yang sedemikian rupa?
– budgetnya brp?

jual-beli online

jual-beli online

Jawaban saya adalah anda hanya perlu waktu yang lebih banyak tiap harinya.
Untuk apa? untuk menciptakan 3 hal yang disebutkan diatas.

Langkah-langkah memulai berjualan online :
1. Gunakanlah dulu fasilitas gratis dari blog atau jejaring sosial untuk menampung produk jualan anda. Fotolah dengan menarik, karena produk yang anda tawarkan sangat-sangatlah tergantung dengan hasil foto yang baik.
2. Tata produk yang anda tawarkan dengan baik pada blog tersebut. Misal menggunakan label atau kategori jika produk yang anda jual lebih dari 1 jenis. Kategori/label akan memudahkan konsumen mengakses foto produk yang anda tawarkan
3. Berikan syarat dan prosedur pembelian dengan lengkap.
Syarat dan prosedur sangatlah penting.
– Ada produk yang ready stock dan ada yang menawarkan pre order alias pesen dulu baru dibikinin, kayak sepatu atau tas.
– Pembayaran menggunakan jasa bank apa saja harus dicantumkan (no rek. diberitahukan kemudian, tidak perlu dimasukkan dalam persyaratan).
– Pengiriman produk menggunakan jasa apa. Misal Tiki JNE, atau ekspedisi pengiriman lain. Masukkan juga tarifnya per daerah sehingga yg beli tau tarif ke daerah mereka
4. Mulailah dengan membangun network dan promo.
Bagaimana orang tau anda jualan, kalo ga dikasih tau. Entah berupa komen di Multiply yang juga berjualan atau sekedar memberitahu temen-temen lewat YM, SMS, wall FB kalo anda jualan dan jangan lupa linknya.
5. Jika sudah berjalan dan sewaktu-waktu ada produk baru, coba memberitahu para pelanggan dengan notifikasi via email bahwa toko anda mengeluarkan produk baru, sehingga para pelanggan bisa dengan mudah tau dan mungkin bisa membeli kembali di toko anda

Dari langkah-langkah tersebut bisa dikatakan anda sudah membuat toko online, sekarang tinggal lakukan pemberitahuan dimana-mana bahwa anda punya toko online, kalo perlu kasih tau keluarga, tetangga, teman kerja, dsb.

Jadi, ga mesti punya toko online dengan basis web bener kalo kalian mau memulai belajar jualan online! yang penting itu bagaimana kalian bisa konsisten. Semakin banyak orang tau, maka semakin banyak pula kemungkinan penjualan terjadi

Eh, iya sekedar ngasih tau beberapa toko online yang sering saya kunjungi :

  1. OINK!
  2. Wondershoe
  3. Belalanja
  4. Rumah Jilbab
  5. Kutukutubuku
  6. Bukukita
  7. Baliwae

Selamat berbelanja!