01
Mar '10

Perguruan Tinggi Idaman Mahasiswa

Perguruan Tinggi Idaman Mahasiswa
Perguruan Tinggi Idaman Mahasiswa
Perguruan Tinggi Idaman Mahasiswa

Perguruan tinggi swasta lain lagi halnya. Mereka sudah lebih baik dari sisi kenyamanan belajar mahasiswa apalagi ditambah dengan fasilitas top saat ini, komputer, internet yang bisa memperlancar komunikasi mahasiswa dan dosen. Peraturan bagi dosen juga lebih ketat dalam hal disiplin kehadiran. Namun kadang menomerduakan kompetensi dosen. Satu dosen bisa ngajar banyak materi yang kadang justru tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Yang terpenting uang kuliah per semester, wow… mahalnya seringkali tidak sesuai dengan apa yang didapatkan.

Kita seringkali melihat perguruan tinggi terbaik adalah perguruan tinggi idaman yang akhirnya menjadi perguruan tinggi favorit Indonesia. Tapi, saya bisa mendefinisikan apa yang menurut saya bisa menjadi ukuran perguruan tinggi idaman :

  1. Terakreditasi (ini sangat penting, maka hargailah nilai akreditasi yang tidaklah mudah didapatkan itu)
  2. Dosen-dosen yang berkompenten dalam bidangnya (biasanya juga diukur dari latar belakang pendidikan yang tinggi)
  3. Fasilitas penting yang harus ada dan dalam keadaan baik yaitu ruang belajar atau ruang kuliah, perpustakaan, mushola, kamar kecil/toilet/wc
  4. Sistem dan prosedur yang baik dan ga ribet (bisa dengan sistem terkomputerisasi, pengisian KRS yang mudah, cek nilai juga gampang)
  5. Fasilitas pendukung yang bisa meningkatkan kenyamanan belajar mahasiswa (ruang multimedia, komputer, internet)

Kayaknya poin-poin diatas sudah memenuhi kriteria idaman bagi saya. Kalau sudah memenuhi poin diatas, agak mahal juga masih dikejar-kejar deh sama mahasiswa

*Postingan ini buat lomba blog UII, Universitas Islam Indonesia*