16
Apr '11

Cara Gampang Membuat Pempek Kulit

Akhir-akhir ini si Mama jadi suka buat pempek kulit, rasanya ga kalah enak kok, terutama saya, yang suka banget pempek buatan Mama, enak deh. Pempek kulit itu adalah pempek yang dibuat dari kulit ikan, kalo biasanya pempek itu dibuat dari daging ikan, nah untuk pempek kulit justru dibuat dair kulit ikannya. Kemaren, baru sempet bikin sendiri nih dan ga lupa di skrinsut biar temen-temen bisa nyobain caranya.

Nah, saya bagi ya cara membuatnya, gampang kok.
Kita siapin dulu bahan-bahannya ya :

Bahan-bahan pempek kulit

1. 1kg kulit ikan yang sudah digiling (dalam hal ini saya pake kulit ikan tenggiri)
Kalo mau buat sedikit aja kayak 0,5kg boleh aja kok
2. Sekitar 15 siung bawang putih
Kata si Mama, agak banyak bawang putih jadi lebih enak. Bawang putihnya semua dihaluskan
3. Sekitar 4 potong daun bawang
Daun bawangnya diiris halus
4. Garam halus
5. 3 sendok makan tepung gandum
6. 0,5kg sagu
7. 3 butir telur ayam

Oke, langsung ke cara bikinnya ya,
1. Masukkan kulit ikan giling, irisan daun bawang, bawang putih yang sudah dihaluskan dan tambah sekitar 3 sendok teh garam (diicip dikit ya, klo emang kurang asin, ya monggo ditambah lagi garamnya) dalam wadah mangkok besar.
2. Masukkan juga 3 butir telur ayam lalu diaduk rata

adonan pempek sebelum ditambah tepung

3. Kalau adonan pempeknya udah rata, baru masukkan 3 sendok makan tepung gandum juga sedikit demi sedikit sagunya, aduk lagi hingga adonan pempek udah tercampur rata. Oh ya, untuk penggunaan sagu, ga perlu sampe setengah kg dimasukkin semua, klo dirasa udah cukup (adonan ga terlalu lembek dan jangan sampai terlalu padat)

Adonan sudah ditambah tepung

4. Kalau adonan sudah selesai, tinggal dibentuk kecil-kecil kayak bakwan

kiri: yang blom digoreng, kanan: yang sudah digoreng

5. Panaskan minyak goreng, adonan yang udah dibentuk tadi tinggal di goreng sampe matang

Selesai deh..

Bisa langsung dicicipin

Hidangan pempek kulit

Selamat mencoba ya
Eh, klo ada yang mau nyoba pempek lenjer, saya udah pernah posting loh, bagi yang nanya resep buat cuko/cuka-nya nanti di share lagi ya