Mencatat Keuangan Rumah Tangga dengan Ngaturduit.com

Sebagai ibu rumah tangga saya adalah seorang menteri keuangan dalam keluarga. Awalnya sih biasa aja ya, ga ngerasa repot sana sini mesti catet pendapatan juga pengeluaran. Waktu saya dan suami masih sama-sama kerja kantoran dan belom punya Alaya, rasanya sih blom catet ini itu, tapi setelah saya resign dan punya anak, rasanya semua pengeluaran wajid dicatet. Karena menginginkan kemudahan dalam pencatatan, saya memilih untuk nyatet pake buku biasa, yang paling mudah itu ya nyatet pendapatan tiap bulan dan pengeluarannya. Pengeluaran disini pun saya hanya mencatat yang memang tiap bulan dikeluarkan semacam bayar tagihan listrik, henpon, PDAM, internet, kartu kredit sampe belanja bulanan, selebihnya kayak makan Pizza misalnya atau berenang dan ngajak Alaya maen, itu ga dicatet. Kenapa? karena rasanya ribet, males. Yang saya rasa musti di catet adalah yang pengeluaran cukup gede aja, kayak bayar asuransi, nabung dan bayar pajak mobil.

Sampe akhirnya, Jumat (22/04/2011) kemaren saya ikutan kelas Financial Planner-nya Mas Aidil Akbar, alhamdulilah bermanfaat banget. Saya sendiri jadi banyak tau tentang investasi jangka panjang dan menengah, sadar akan baiknya punya asuransi murni dan bukan unit link, dan satu hal lagi yang paling sip nih, kita semua dikasih tau kalo ada aplikasi bagus buat mencatat keuangan rumah tangga, ayo segera ke ngaturduit.com

Ngatur Duit

Nah, setelah balik dari kelas tersebut, saya langsung cerita ke suami tentang si NgaturDuit ini, akhirnya kita buka sama-sama, buat akun buat keluarga dan sama-sama mempelajarinya. Hasilnya, kita suka banget! Semuanya dengan mudah bisa dicatet disini, dari mulai transaksi harian, mengatur rekening yang mungkin banyak itemnya sampe membuat anggaran tiap bulan.

Ga cuma itu, nantinya aplikasi ini menghasilkan grafik pie tentang pengeluaran dan pendapatan kita, jadi kita bisa tau uangnya habis kemana aja dan pendapatannya dari mana aja, sehingga nantinya kita bisa mengurangi pos-pos mana yang berlebihan, misalnya kebanyakan beli buku atau beli barang-barang fashion semisal baju, tas dan sepatu :D

Saya baru aja nyoba aplikasi ini, jadi saya nyoba ngeset yang udah ada aja, misal di dompet sekarang ada berapa, di atm ada berapa dan tabungan ada berapa. Mulai dari sekarang kayaknya saya bakal pindah pake NgaturDuit ini aja, ga pake buku lagi. Dan mudahnya lagi, NgaturDuit ini udah ada versi mobile-nya, jadi kalo mau nyatet pengeluaran di mall bisa langsung di catet melalui henpon dan kertas struknya bisa dibuang aja setelah dicatet di NgaturDuit, biar ga numpuk dalem dompet :D

Sayangnya, saya belom nemu tombol print out nih dari NgaturDuit ini. Maksudnya, biar bisa di print aja gitu tiap bulan laporannya, untuk akhirnya bisa didiskusikan mana budget yang harus dikurangi dan pendapatan mana yang harus ditambah  :senyum:

Kamu blom nyobain? Cobain deh sekarang juga :)

4 thoughts on “Mencatat Keuangan Rumah Tangga dengan Ngaturduit.com

  1. Wogh.. Seperti nya bagus untuk dicoba… Secara daku boros n gak pinter ngatur duit.. Tengah bulan biasanya saldo udah kosong… :sedih:

  2. makasih ya mbak nike,
    infonya pas banget buat saya yg emg sedang nyari2 cara agar bisa mengelola keuangan keluarga. sukses selalu buat mbak nike sekeluarga :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.