24
Aug '11

Bersiap untuk Tuan Rumah Sea Games 2011

Logo Sea Games 2011

Logo Sea Games 2011

SEA GAMES tahun ini tuan rumahnya Palembang dan Jakarta loh, tau kan? kan? kan? Saya sendiri sebagai orang Palembang menyambut hal ini dengan riang gembira, kenapa ga? akan ada banyak wisatawan luar dan juga domestik di akhir tahun ini yang bakal nonton Sea Games, hotel-hotel penuh, tempat-tempat belanja akan lebih banyak dikunjungi, yang seneng siapa? kita juga kan, saya juga sebagai warga Palembang. Keriang-gembiraan saya diawal ternyata harus sedikit pupus oleh berita-berita ga enak dari pemerintah kita sendiri soal Sea Games ini. Acaranya blom juga mulai apalagi kelar, eh udah ada kasus korupsinya Nazarudin. Wisma atlet dan beberapa venue belum kelar hingga sekarang (saat saya publish tulisan ini) padahal udah tinggal 2 bulan lagi. Oke lah ya, saya ga akan bahas gimana ceritanya Nazarudin bisa mengambil dana segitu besar dari negara, biarlah pihak KPK dari pemerintah saja yang pusing mikirin itu semua. Sebenernya saya sendiri bosan mendengar berita korupsi yang terlihat seperti ga pernah ada habisnnya.

Terlepas dari pendanaan yang dikorupsi, yang ternyata belum keluar untuk Sea Games ini, saya rasa pemerintah Palembang sendiri harusnya bisa lebih kreatif dalam mengajak masyarakat Palembang lebih semangat menyambut Sea Games di kota ini. Saya merasa pemerintah daerah sendiri ga kreatif dalam menciptakan suasana menyambut Sea Games ini. Bendera semua negara yang ikutan Sea Games berdiri di tiap gedung dan perkantoran, tapi apa… masangnya kelamaan, udah keburu kotor semua tuh benderanya. Pasang spanduk/banner gitu di tiap titik segede gaban dan diganti tiap beberapa bulan, kenapa sih harus buang duit untuk bikin spanduk/banner trus diganti tiap berapa bulan? coba ya duit yang ternyata ga seberapa banyak yang ada itu dibuat kayak sovenir maskot si modo-modi itu, dijual dijalan, dihimbau untuk dibeli dan dipasang di mobil mungkin, trus bikin stiker kek. Sampe sekarang ya, saya blom nemu yang jual maskot Sea Games 2011 itu di Palembang raya ini.

Modo Modi

Modo Modi

Baiklah, dengan semua bad news yang ada, siapa dari kita yang masih mampu meyakini bahwa Sea Games akan tetap jalan? SAYA! Ya, saya salah satu orangnya. Saya yakin kok, Sea Games akan tetap jalan. Semua venue yang akan dipake saya doakan bisa dikejer dalam 2 bulan ini (saya cuma bisa doa, mau bantu duit? ga mungkin banget kan). Kalo Pak gubernur Sumsel bisa bilang siap untuk jadi tuan rumah Sea Games, harusnya si bapak itu juga harus bisa menyelesaikan semuanya dengan baik sampai acara berakhir, bagaimanapun caranya, darimana pun uangnya (kan si bapak ini kaya raya, pake aja uang bapak sendiri dulu klo dananya ga turun2 dari pusat, daripada MALU?).

Ga banyak memang yang bisa saya lakukan sebagai warga Palembang, sebagai blogger. Saya mengajak temen-temen yang masih punya harapan besar Sea Games ini bisa mengangkat kita dimata dunia lebih baik, untuk bisa sama-sama posting keyakinan kita bahwa Sea Games ini akan berjalan lancar. Saya bersyukur juga Sea Games ini diadakan di Palembang, walau terasa dipaksakan, Palembang lebih cepat pembangunannya. Gedung-gedung olahraga yang ada dibuat jadi lebih bagus, lebih baik, jalan-jalan diperbaiki, bangun hotel dan pusat belanja, disana sini, rumah sakit internasional…. saya merasa Palembang lebih komplit aja, itu semua juga salah satunya berkat Sea Games tahun ini.

Saya sadar, mungkin saya tidak mampu mengubah kenyataan negara ini dari tindak korupsi dan hal lainnya. Saya hanya meyakini bahwa ini adalah bagian dari proses kita untuk lebih baik. Saya hanya selalu mencoba berpikir dan bertindak positif untuk negara ini, untuk Sea Games tahun ini juga perhelatan besar apapun yang coba diadakan di negeri ini. Semoga saya bisa menularkan pikiran positif ke teman-teman semua yang membaca blog ini ya.

Seberbakat apapun, saya tidak bisa mengubah negara ini sendirian, negara ini butuh kita semua.
Butuh kita semua yakin, kita pasti bisa menjadi lebih baik