Jangan Asal ReTweet!

Tiba-tiba @kangtutur BBM saya, bilang ada yang nyebar info kayak gini :

info gak bener itu

Kang Tutur bilang coba di cek timelinenya. Langsung saya cek dan ternyata bener. Saya langsung reply begini :

reply pertama

Dan terjadilah percakapan seperti ini :

percakapan itu

dan reply terakhir saya yang gak dibales lagi sama orang tersebut diatas :

reply terakhir

Kemarin sore, ada gempa besar di Aceh. Semuanya ngomongin soal gempa dan #prayforsumatera. Beberapa ReTweet (RT) sana sini soal gempa, gak cuma berita tapi juga gambar. Tapi tolong di situasi panik bencana seperti itu kita harus bisa belajar untuk membaca kembali link yang ada, mengecek kembali dari mana sumber info itu berasal, jangan sekedar RT.

Berbagi info itu penting, tapi lebih penting lagi kalo kita yang membagi info itu tau bahwa yang kita RT itu sudah diketahui bener dan jelas. Di situasi bencana seperti kemarin, please kita sama-sama bijak, bencana itu bukan mainan, apalagi membuat kepanikan baru dengan bikin twit seperti diatas.

Kamu lah yang bertanggungjawab atas apa yang kamu kabarkan/sebarkan.

8 thoughts to “Jangan Asal ReTweet!”

  1. esumpah dseh, bego banget ya tuh orang. Di BBM banyak deh orang yg kek begitu, asal nyebarin, tapi kalau ditanya balik, jawabannya bego gak jelas gitu. Pengen jitak aja. Errrr

  2. paling nggak suka dengan bm bernada islami yang menghubung2kan ayat2 alqur’an dengan waktu terjadinya gempa, masyaAllah … itu bikin saya gregetan …

  3. kemaren sampe aq sama temen kantorku yang orang Medan sampe nelpon kerumah masing-masing buat mastiin dirumah ga kenapa-napa… soalnya ada beberapa BBM juga yang bilang Palembang kena juga. Ditambah lagi hashtag #PrayForSumatera yang jadi trending. padahal kan ngga semua Sumatera kena…

  4. Paling gak suka saya sama broadcast yang seperti itu, kak.

    Saya kutip kultwit dari bang @agoezperdana

    Adalah tidak bijak menyebarkan kabar yang anda sendiri tidak yakin kebenarannya, misal melalui Broadcast Message; banyak kabar Hoax berseliweran saat bencana terjadi. Ingat, dalam CJ tujuan anda mengabarkan kepada orang lain apa yang anda lihat, dengar, rasakan; tanpa harus membuat orang lain merasa panik. Memforward kabar dari orang lain, misal melalui BM; bukanlah sebuah kegiatan CJ. Apalagi kabar tidak jelas yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
    sumber

  5. aku paling sebel banget sama orang yang kayak gitu. info belum jelas udah disebar-sebar. ga tau gimana efeknya paniknya buat masyarakat. apalagi kalo buat yang hidup dibawah bayang-bayang tsunami yang bisa datang kapan aja.. hiih..

  6. Aku kemarin waktu gempa itu juga sempat ngetwit gini ” jangan langsung percaya dengan semua info gempa yang ada di twitter, banyak hoax”. Sekedar mengingatkan orang-orang biar bisa memfilter info yang masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.