Goodbye Google Reader

Pagi ini baca timeline Twitter. Salahkan saya yang kebiasaan banget tiap bangun pagi liat henpon. Salahkan juga ada notifikasi mention, sampe saya baca kalo Google Reader akan ditutup.

notifikasi dari google.com/reader
notifikasi dari google.com/reader

Jika saya bukan pengguna Google Reader, saya gak akan sesedih ini. Tapi, saya pengguna setia Google Reader dari tahun 2007, tahun dimana banyak sekali blog-blog yang pengen dibaca posting terbarunya.

Tahun ke tahun saya pake Google Reader, bukan cuma baca blognya siapa aja yang saya suka, tapi juga buat baca berita terbaru. Berita apa aja, tentang apa aja yang saya suka (atau harus suka) saya subscribe. Tiap hari kalo saya udah mulai buka netbook ya yang dibuka Google Reader. Melihat info per 1 Juli 2013 Google Reader dimatiin, ya apa mau dikata. Kita harus move on untuk cari yang baru *apa banget* :D

dari twitter
dari twitter

Menggunakan layanan gratis memang begini, kita harus rela jika kapan saja yang punya merasa sudah harus mematikan layanannya. Sebut aja Friendster yang ngetop di awal tahun 2000 lalu, akhirnya tutup digantikan Facebook. Layanan blog? Multiply dan Posterous juga tutup. Kita memang harus sedikit rela untuk merogoh dompet untuk membayar layanan berbayar jika memang ingin lebih lega dan gak khawatir jika nanti layanan mana lagi yang akan ditutup.

Untuk layanan nyimpen foto saya pake Flickr udah yang bayar, dan saya udah merasakan enaknya layanan ini setelah saya kehilangan foto-foto. Sudah dipindah ke CD dan CDnya hilang. Posterous punya Alaya sudah lama saya pindah ke blog sendiri jauh sebelum mereka menyatakan mau tutup. Ya, memang seharusnya jangan terlalu banyak berharap dari layanan gratis.

Beberapa layanan emang bikin sedih banget kalo harus ditutup. Saya gak bisa bayangkan jika Goodreads juga harus ditutup. Saya berharap banget itu gak akan terjadi. Aaamiiin…

Sampe saat nulis posting ini saya belum tahu harus pindah layanan kemana untuk memindahkan semua ‘bacaan’ saya :sedih: Semoga cepet dapet penggantinya ya.

Goodbye Google Reader, thanks for great 6 years.

8 thoughts on “Goodbye Google Reader

  1. Byuh, tutup juga toh si Google Reader. Google+ kapan tutupnya yah… heuhuehuee… Mungkin harus balik lagi pakai RSS Reader client. Masalahnya harus rajin update manual di tiap-tiap device…

    *ihiy, dapat backlink dari selebblog*

  2. Makasih Mbak Lidya.
    Aku terharu, dirimu pembaca dan pemberi komen setia di blogku.

    Pake Google Reader ini memudahkan untuk membaca banyak update blog temen-temen mbak :)

  3. Aku juga sedih (pake banget) gara2 google reader mau pensiun ini.
    Saya nyoba pake feedly. bisa import dr google reader, jadi ga perlu langganan ulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.