16
Dec '14

Gulai Khas Indonesia Selalu Bikin Ngiler

Siapa sih yang gak suka makan?
Makanan sebenarnya adalah kebutuhan manusia karena setiap hari kita butuh makan, apapun makanannya. Hanya saja sekarang, gak cuma makan biar perut kenyang dengan rasa yang enak tapi juga yang tampilannya menarik banget buat disantap. Tiap weekend abis jalan-jalan, mungkin itu shopping atau cuma cuci mata aja, rasanya gak lengkap kalo gak ada makannya. Pasti deh nyari tempat yang baru, yang enak dan yang tempatnya juga nyaman.

Kebanyakan dari tempat-tempat makan yang hadir sekarang adalah nama-nama beken dari luar negeri. Makanan khas Amerika misalnya dengan burger dan ayam gorengnya yang antriannya selalu rame pas makan siang, masakan Jepang juga banyak, masakan China apalagi. Anak-anak sekarang malah lebih senang hangout ke tempat makan ala ala Amerika udah jarang banget nongkrong di warung yang jual soto atau warung tegal. Makin banyak juga yanglebih tau masakan luar daripada masakan asli dari Indonesia, terutama gulai.

Walau begitu, saya masih melihat ada banyak juga tempat-tempat makan yang menjual masakan khas Indonesia dan juga selalu ramai pengunjung. Itu berarti masakan Indonesia selalu banyak peminatnya (walau biasanya yang makan orang dewasa). Ya iyalah ya, lidah orang Indonesia mah akan tetap menyukai makanan khas Indonesia. Gulai khas Indonesia pun di rumah-rumah makan selalu aja jadi inceran. Jadi inget gulai kepala ikan kakap di film Tabula Rasa, yang nonton mereka masaknya aja udah bikin saya ngiler abis

Di Palembang aja nih contohnya, rumah-rumah makan khas yang jual gulai pindang ikan patin, pindang tempoyak maupun gulai malbi selalu rame setiap hari apalagi pas jam makan siang. Gulai khas tiap daerah di nusantara ini adalah warisan kuliner Indonesia yang harus kita lestarikan, untuk itulah Mi ABC mengeluarkan produk baru yaitu Mi ABC Gule Salero.

Mi ABC Gule Salero + gulai tempoyak

Mi ABC Gule Salero + gulai tempoyak

Jumat, 12 Desember 2014 lalu Mi ABC membuat acara khusus yang memperkenalkan Mi ABC Gule Salero di Palembang dengan judul Barapat Basamo Gule Salero, yang artinya merapat sama-sama Gule Salero. Mi ABC Gule Salero ini terlahir untuk mengangkat cita rasa kuliner asli Indonesia yaitu gulai atau yang lebih sering dibaca gule. Diharapkan Mi ABC Gule Salero ini bisa pas dilidah juga hati orang-orang Indonesia terutama yang menyukai gulai. Di acara itu berasa banget lah budaya Palembangnya, dari bandnya yang pake pakaian adat Palembang, trus ada demo masak juga dari chef yang langsung masak gulai tempoyak dan gulai ikan kakap yang dipadukan dengan Mi ABC Gule Salero, pas kita nyobain itu uenak banget

IMG_20141212_165542

Demo masak gulai ikap kepala kakap + gulai tempoyak

Kuliner Indonesia itu beragam dan kaya banget, tiap hari kita bisa makan gule dari daerah yang berbeda saking banyaknya. Sebagai orang Indonesia, sudah seharusnya lah kita bisa mempromosikan masakan Indonesia pada orang-orang luar. Malah, orang luar negeri yang mampir ke Indonesia selalu memuji masakan khas Indonesia yang katanya luar biasa enak, kaya akan rempat-rempah dan pastinya lezat dengan berbagai rasa. Salah satu cara memberikan info makanan enak Indonesia bisa dengan upload foto di Instagram kayak beberapa temen saya dengan dilengkapi tagar #kulinerIndonesia, mungkin? Bisa juga sharing berbagai resep cara bikin masakan Indonesia via blog bagi yang suka masak. Itu berguna banget lho, biar yang pengen tau cara masaknya bisa langsung baca.

Mi ABC Gule Saleronya gede bener yak

Cara yang paling mungkin dan paling mudah kamu lakukan untuk melestarikan kuliner Indonesia itu cuma satu, dengan terus makan masakan khas Indonesia. Dengan begitu kamu akan tau rasanya yang enak dan ceritanya bisa kamu bagikan ke setiap orang.