Langkah-Langkah Perawatan Kulit Wajah Ala Korea Versi Nike

Sebenarnya udah lama pengen publish tulisan soal perawatan kulit wajah (skincare) Korea yang saya pake, tapi karena merasa bukan beauty blogger, saya mengurungkan niat itu, mungkin sejak setahun lalu draft tulisannya sudah tersimpan dalam blog ini. Beberapa hari lalu di Twitter, Rani – seorang teman, mendorong saya untuk menuliskannya kembali dan membuat akhirnya saya berani untuk menerbitkan tulisan ini.

Sudah sejak masuk umur 30, saya mulai konsen ke perawatan kulit wajah. Maksudnya, biar lebih terawat aja gitu. Kalo sebelumnya dari usia remaja cuma kenal pembersih muka dan krim pelembab, saya pikir usia 30 udah seharusnya saya lebih merawat muka, dengan tujuan biar lebih sehat aja sih mukanya, kalo kulit muka sehat, bakal jarang jerawatan kan ya dan kalo dapet bonusnya bisa lebih kinclong

Sekitar 3 tahun lalu, saya mulai mencari-cari produk skincare mana yang cocok sama muka saya. Jenis kulit saya normal cenderung kering (apalagi pas PMS melanda). Setelah cari info di internet, nemu lah skincare ala Korea yang punya beberapa (lumayan banyak) langkah.
Kenapa pilih langkah skincare Korea?
1. Karena Korea udah terbukti dipakai banyak orang dan hasilnya juga bagus. Liat aja orang Korea yang mukanya mulus berseri walo udah tua juga gitu, itu berkat skincare yang rutin mereka pake.
2. Karena produknya relatif lebih murah dibanding merk Amerika atau Eropa gitu.

Walau ribet karena langkah-langkahnya panjang, saya pikir gak apa dicoba, kalo emang gak cocok ya udah diganti aja sambil jalan. Pas saya coba beberapa bulan saya pake rutin tiap pagi dan malam hari, saya merasa kulit muka saya jadi lebih bersih, gak gampang jerawatan dan yang biasanya dulu sering terasa kering, sekarang lebih sehat aja rasanya.

Saya mau bagi beberapa produk yang biasa saya pake ya, berikut dengan urutan penggunaannya :
1. First Cleanser
Pertama, tahap bersihin muka. Dalam tahap ini ada dua langkah yaitu pake first cleanser dan second cleanser. First cleanser ini dipake biasanya sore/malam hari untuk bersihin makeup yang sudah dipake seharian gitu. Jadi kalo emang pagi harinya gak pake makeup ya mungkin bisa diskip aja gitu. First cleanser ini banyak macemnya, dari mulai yang bentuknya krim sebut aja cleansing milk (susu pembersih), cleansing cream/balm, cleansing oil, sampe yang cair, cleansing water atau yang lagi populer itu micellar water. Silakan dipilih aja salah satu.

Saya biasanya kalo cleanser suka ganti-ganti. Kalo bersihin makeup abis kondangan ya biasanya pake :
– Biore cleansing oil
– The Face Shop : 5 Combined Cereal, Herb Day cleansing cream
– The Body Shop Vitamin E
Kalo makeup biasa aja sehari-hari gitu yang biasanya pake BB cream atau bedakan aja bisa juga pake cleansing water, yang biasa saya pake :
– Garnier micellar cleansing water
– Corine de Farme micellar water
– The Saem cleansing water

2. Second cleanser
Tahap kedua bersihin muka ini biasanya pake cleanser yang lebih ringan, tahap ini berguna untuk memastikan gak ada lagi sisa makeup yang tertinggal sehabis pake first cleanser. Biasanya saya pake cleansing foam yang tinggal pake dan dibilas saat mandi. Yang biasa saya pake :
– The Face Shop cleansing foam (biasanya peach atau aloe vera)
– Benton cleansing foam
– The Body Shop Vitamin E

3. First Toner
Masuk ke tahap pake toner. Ini juga dibagi 2 lagi, first toner (exfoliating toner) dan second toner (hydrating toner). Gunanya untuk mengembalikan kulit muka kita setelah dibersihin tadi. First toner itu untuk mengangkat kulit mati di muka kita, jadi biasanya mengandung AHA atau BHA. Yang biasa saya pake dan gak ganti-ganti itu :
– Benton Aloe BHA Skin Toner.

4. Second Toner
Toner kedua ini biasanya hydrating toner, sesuai namanya biasanya toner ini berguna untuk memberi kelembaban kulit. Kebanyakan toner yang dijual itu biasanya termasuk ke hydrating toner. Saya biasa pake :
– Benton Snail Bee High Content Skin
– Sensatia Botanicals Neroli Blossom Facial Toner

5. Facial Scrub
Ini gunanya untuk membuang kulit mati dan mempercepat kulit baru, tapi gak dipake tiap hari ya. Biasanya seminggu dua kali. Saya biasanya pake :
– Ocean Fresh Natural Detox & Purify Facial Exfoalitor
– St. Ives Smooth & Hydrated Oatmeal Scrub + Mask
– Mineral Botanica Face Scrub

6. Mask
Ini sama dengan tahap kelima, scrub, pake masker gak perlu tiap hari walopun masker Korea/Jepang bisa dipake tiap hari dan banyak banget varian kegunaannya yang tinggal dipilih aja sesuai dengan kebutuhan kulit muka kita. Masker ini ada beberapa jenis, mulai dari Mask Sheet (kayak lembaran tisu basah gitu yang tinggal dipake), Peel Off (yang ini dipake dan biasanya jadi lengket dimuka dan setelah beberapa saat dibuka/dilepas dari muka)-yang ini paling saya gak suka, dan masker yang Wash Off (yang dipake, didiamkan 15-20 menit lalu dibilas lagi dengan air).
Diantara ketiga jenis itu, saya lebih suka Mask Sheet yang praktis, kalo pun ketiduran ya gak masalah gitu kan
Untuk Mask Sheet saya pake merk apa aja boleh, lebih sering Nature Republik, Innisfree, Tony Moly, The Face Shop, dsb merk Korea lainnya (lebih murah kalo beli di Korea, biasanya nitip temen yang sering ke sana).
Untuk wash off yang biasanya saya pake :
– Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

7. Essence
Kalo Essence ini biasanya beragam gunanya tergantung produk apa yang kita pake. Ada yang anti-aging, whitening, brightening, dsb. Yang biasa saya pake :
– Benton Snail Bee High Content Essence
– Benton Fermentation Essence
– Secret Key Starting Treatment Essence

8. Serum/Ampoule
Walau ada yang bilang serum itu beda sama ampoule, tapi saya pilih salah satu aja karena kayaknya keduanya juga punya isi yang sama-sama kuat kegunaannya. Ditahap ini saya pake :
– Mizon Snail Repair Intensive Ampoule

9. Eye Cream
Mau gak mau harus pake ini kalo udah masuk usia 30, karena katanya kerutan muncul lebih cepat dan kelihatan di area mata. Jadi gak ada salahnya pake eye cream alias krim buat sekitar mata. Yang biasanya saya pake :
– Mizon Snail Repair Eye Cream
– Mizon Only One Eye Cream For Face
– The Body Shop Elderflower Unperfumed Cooling Eye Gel (ini buat efek dingin mata, jadi lebih seger gitu)

10. Day/Night Cream
Krim harian pagi dan malam yang juga gak boleh dilewatkan, gunanya tentu memberikan kelembaban dan banyak lagi kegunaan lain yang bisa kita pilih sesuai dengan hasil yang kita inginkan. Tinggal cari aja krim yang cocok sama kulit muka kita dan cek apa aja klaimnya. Saya biasa pake :
– The Body Shop Vitamin E
– Secret Key Snail Repairing Gel Cream
– Benton Aloe Propolis Soothing Gel
– Mizon All in One Snail Repair Cream

11. Sun Screen
Ini tentu dipake pada pagi hari aja, sebelum beraktivitas, sebelum menambahkan makeup. Sun screen wajib dipake agar kulit lebih terjaga dari efek buruk sinar matahari. Kadar SPFnya silakan dipilih sendiri, biasanya SPF 20-50 oke buat dipake tiap hari. Yang biasanya saya pake :
– Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50
– Biore UV Aqua Rich SPF 50
– Mizon UV SUn Protector Cream SPF 50

12. Sleeping Pack
Yang ini dipake pas malam hari sebelum tidur dan dibilas pas bangun keesokan harinya. Kalo pas lagi males-malesnya atau capek banget untuk pake skincare ini itu, abis cuci muka biasanya saya pake ini aja, beres
Yang biasanya saya pake :
– Etude House Moistfull Collagen Sleeping Pack
– Etude House Bubble Tea Sleeping Pack – Black Tea

Itu langkah-langkah skincare Korea yang saya ikuti, produk yang saya sebutkan itu saya pake dan efeknya baik dikulit muka saya. Sekedar share, semoga bisa memberikan info yang bisa dicoba juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.