19
Nov '09

Review Film 2012

2012 Film

2012 Film

Judul Film : 2012
Pemain : John Cusack, Chiwetel Ejiofor, Amanda Peet, Thandie Newton
Sutradara : Roland Emmerich
Durasi : 158 menit

Heboh. Sebelum tayang aja semua orang dah pada heboh, bilang kalo film ini film kiamat. Setelah saya nonton, di hari pertama tayang di Palembang bersama temen-temen WongKito, yang saya simpulkan ini bukan film kiamat tapi lebih tepat dengan bencana seperti (mungkin) kiamat.

Berawal dari seorang penulis buku Jackson Curtis (yang diperankan John Cusack) yang mengajak kedua anaknya untuk kemping. Eh, ternyata areal danau Yellowstone tempat mereka akan berlibur tersebut di tutup oleh pemerintah (settingnya di Amerika). Dan mereka pun bertemu dengan ‘orang gila’  Charlie yang bilang kalo sebentar lagi akhir dari dunia alias kiamat. Jackson awalnya tidak mempercayai itu semua, tapi lambat laun Jackson sadar apa yang dikatakan Charlie semuanya benar, dan mulailah bencana terjadi.

Mulai dari tanah yang retak, bangunan jatuh seperti gempa yang sangat dahsyat terjadi, tidak hanya di Amerika tapi seluruh dunia. Jackson berusaha menyelamatkan anak-anak dan mantan istrinya. Di samping itu, pihak Amerika ternyata telah mengetahui kemungkinan akan adanya bencana besar ini, sehingga telah mempersiapkan ‘bahtera’ (saya rasa perlu kata yang lebih baik untuk ini) yaitu kapal yang sangat besar sekali untuk menyelamatkan diri dari bencana tersebut.

Saya ga mau spoiler dengan menceritakan semuanya ke temen-temen tapi mari kita bahas tentang keseluruhan film ini. Menurut saya, sekali lagi ini menurut saya, ini film terbaik yang pernah saya tonton di tahun ini. Saya sangat menyukai film tentang bencana-bencana seperti Armageddon, The Day After Tomorrow, Independence Day, Knowing, dsb, dan film ini adalah saingan Armageddon sebagai film favorit saya. Film ini dibuat begitu menakjubkan *halah*, sampe saya bertanya ‘gimana ya cara buat film segini bagusnya?

Di luar itu semua, saya rasa film ini bukanlah mendahului Tuhan dengan bilang bahwa 2012 adalah tahun dimana kiamat akan terjadi. Seperti film-film yang saya sebutkan diatas, film ini hanyalah salah satu diantara film yang mengusung tema bencana alam, tapi ini sangatlah dashsyat, yang mungkin diperkirakan orang seperti itulah kiamat nanti, hanya saja kebetulan tahunnya 2012 dibuat sebagai judul dan setting film ini.

Saya hanya bingung, kenapa MUI (sebagian daerah) malah melarang nonton film ini. Justru saya bilang, ini film wajib tonton oleh setiap orang. Biar kita semua tau, mungkin akan seperti itu kiamat nanti, dengan kata yang lebih mudah, saya bilang “kiamat sudah dekat”. Waktunya kita mempersiapkan diri untuk itu dari sekarang, harusnya dari dulu malah, untuk bisa mempertebal iman dan amal, karena hanya itu teman kita menuju ke ‘sana’

Yang belum nonton? Hayo…. pada nonton gih…!