24
Nov '10

Review Buku Empat Sekawan & Cinta

Enpat Sekawan & Cinta

Judul Buku : Empat Sekawan & Cinta
Penulis : Antonius Tanan & Fanny J Poyk
Penerbit : Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : 218 Halaman
Harga : Rp. 39.800
ISBN : 9789792780062

Udah liat dari kemaren-kemaren nih buku sebenernya, pengen beli tapi ga jadi mulu, sampe akhirnya menuju meja kasir

Satu hal yang menarik saya adalah kata-kata “Sebuah Novel Entrepreneurship”, jarang banget bukan ada novel macem beginian. Ditambah dengan cover yang mirip dengan cover novel Laskar Pelangi, dengan tampilan siluet 4 remaja laki-laki, novel Empat Sekawan & Cinta ini lantas membuat saya sedikit penasaran.

Nama penulis Antonius Tanan ini memang baru pertama kali saya dengar. Biasanya sih emang kalo udah suka dengan 1 penulis, semua buku dari penulis itu selalu cepet deh dimasukin ke keranjang belanjaan buku.

Bercerita tentang Empat Sekawan, Aldo, Alex, Arman dan Adhi. Semua berawalan huruf A ini ternyata punya tanggal yang berdekatan yaitu tanggal 15, 16, 18 dan 19 Agustus. Makanya mereka menamakan kelompok mereka, Klub Agustus.

Empat remaja ini saling mengenal setelah masuk ke sekolah yang sama di SMP di Jakarta. Dengan latar belakang yang berbeda jelas membuat persahabatan mereka saling mengisi satu sama lain. Dalam buku ini diceritakan dari sisi Alex.

Alex yang baru pindah ke Jakarta, harus bekerja keras karena orangtuanya membuka toko kelontong. Apalagi setelah ayah Alex harus meninggal dunia, Alex juga ibu dan adiknya harus berjuang keras untuk bertahan hidup. Untungnya, Alex mempunyai sahabat yang sedia membantunya dikala sulit. Ketiga temannya itu rela bekerja sepulang sekolah untuk membantu kehidupan Alex. Disinilah titik awal kebulatan tekad Alez untuk menjadi Entrepreneur.

Sampai lulus SMA keempat sahabat itu selalu bersama, saling membantu satu sama lain. Hingga akhirnya lulus SMA, mereka harus berpisah, dan Alex berjanji mereka akan dipertemukan lagi di usia mereka 40 tahun. Life begins at forty katanya

Jadi apa mereka semua di usia 40 tahun?

Aldo yang sangat menyukai olahraga bola…
Arman yang amat menyukai seni terutama melukis…
Adhi yang sangat pintar akan dunia sains…
dan Alex yang terlihat sekali bakatnya berdagang…

Ga lupa, sesuai judul, ada sedikit cerita cinta diantara cerita persahabatan mereka. Memang ya, tema tentang persahabatan selalu menarik ditambah lagi dengan bumbu-bumbu cinta :p

Buku ini sangatlah menarik dibaca bagi semua entrepreneur, apalagi semua yang menyukai persahabatan dan kerja keras. Iya, kerja keras untuk mendapatkan hasil yang diimpikan. Itulah yang ditunjukkan Alex dalam buku ini.
Keinginan kuat untuk belajar, kerja keras, pantang menyerah itu yang harus dimiliki oleh entrepreneur sejati.

Ada yang melihat namun tidak berpikir.
Ada yang berpikir namun tidak mengerti.
Ada yang terkesan namun tidak bereaksi.
Ada yang beraksi namun tidak ber-entrepreneur.
Ada yang ber-entrepreneur namun tidak berhasil.
Entrepreneur sejati adalah mereka yang gagal sepuluh kali, namun bangkit sebelas kali.