Cerita Workshop Palembang : Perempuan & Internet

Walau labelnya Perempuan & Internet, workshopnya masih diikuti laki-laki juga kok :)

Workshop Perempuan & Internet

Dua hari lalu temen-temen Wongkito ngadain workshop yang dikasih judul Perempuan & Internet : Peluang Usaha Terbuka!. Sebenarnya acara ini emang dilabel ‘ict 4 women’ jadi emang ditujukan untuk para perempuan, tapi karena beberapa nanya boleh gak laki-lakinya ikut, ya saya rasa gak masalah ya, toh pembicaranya juga ada yang laki-laki. Dan, terbukti kira-kira ada 20% dari hampir 80 orang peserta workshopnya itu laki-laki dan mereka menyimak dengan serius acaranya.

para pembicara #ict4wplb

Hari pertama, Selasa 20 Maret 2012 ada kelas sharing soal blog, socmed, internet sehat dan juga bagaimana memulai bisnis di internet. Setelah pembukaan (gak tau juga ya kenapa harus dibuka secara formal gitu) oleh Pak Yulizar yang adalah Pembantu Ketua 1 STIE MDP dan sedikit cuap-cuap dari saya, mbak Ira memulai sesi sharing hari itu dengan ngobrolin soal Pemanfaatan Blog dan Media Sosial.

peserta yang hadir #ict4wplb

Abis sesinya Mbak Ira langsung dilanjutkan sharing dari Mas Acep dengan tema ‘Perempuan Melek TI’ tapi juga dilengkapi dengan sharing Internet Sehat. Sesinya Mas Acep ini seharusnya emang yang ngisi itu Mbak Dewi, tapi karena adanya kesibukan riset Mbak Dewi akhirnya digantikan Mas Acep. Banyak juga yang nanya soal blog dan Internet Sehat ke Mbak ira dan Mas Acep, malah ada yang masih mikirnya blog itu dipake atau diisi kalo lagi gak ada kerjaan ajalah, kurang penting katanya :D

Mas Acep dari ICT Watch sharing Internet Sehat

Dengan dijelasin banyaknya manfaat dari blog, temen-temen yang hadir hari itu jadi tahu kalo ternyata blog bisa punya manfaat banyak, juga bisa membantu usaha yang baru dirintis. Hampir semua yang hadir hari itu baru merintis usaha kecil yang mungkin belum bisa dimasukkan ke kategori UKM, diharapkan nanti temen-temen bisa mencoba menggunakan media blog dan media sosial untuk mempromosikan usaha mereka.

Hari pertama acara #ict4wplb

Saat istirahat siang, maunya sih puter film Linimas(s)a tapi karena di aula kemaren ada masalah sehingga listrik turun, makanya gak jadi diputer. Untungnya setelah makan siang, udah bisa nyala lagi dan bisa dilanjutkan kembali acaranya.

Sesi kedua dari Mbak Siti Khaerani, yaitu dosen akuntansi di STIE MDP. Mbak ini sharing tentang perhitungan dana untuk UKM. Dijelaskan Mbak Siti, kalau mau usaha yang dirintis temen-temen lebih besar, ya harus dihitung dengan lengkap sehingga nantinya bisa mengajukan pinjaman ke bank. Nah, penting kan ya, walaupun usahanya masih modal kecil, tetap aja harus dicatat dengan baik.

Sesi terakhir dari Mas Ardy soal bagaimana memulai bisnis dari internet. Dijelasin Mas Ardy bahwa dengan internet banyak sekali peluang-peluang yang bisa menghasilkan uang. Mulai dari bisnis dengan modal hingga bisnis tanpa modal yang mengandalkan internet. Karena juga ada sebagian temen-temen mahasiswa, dibilang juga gak harus nungguin lulus kuliah baru nyoba menjalankan usaha, seperti Mas Ardy yang sebelum lulus udah mulai usaha sebagai web developer ini.

Acara hari pertama ditutup dengan banyak pertanyaan, walaupun udah sekitar jam 14.30 tapi peserta masih serius menyimak sharing dan aktif bertanya, bener-bener top deh.

foto-foto kelar acara di hari pertama (foto: Azzura Dayana)

Berbeda dengan hari pertama, di hari kedua, Rabu 21 Maret 2012, hanya dibatasi yang ikut, akhirnya ada 21 orang yang mengikuti pelatihan blog & social media langsung praktek di lab komputernya STMIK MDP. Saya membantu teman-teman peserta untuk bisa praktek langsung bikin blog dan bagaimana langsung sharing ke social media semacam Facebook dan Twitter, sembari saya juga sharing bagaimana blog dan media sosial sudah sangat diperhitungkan untuk tujuan promosi banyak hal.

pelatihan, hari kedua #ict4wplb

Tadinya kalo semua peserta pelatihan udah punya blog dan akun di social media, kita jadi lebih mudah untuk sharing tips yang lain seputar web untuk jualan, tapi ternyata masih banyak yang belum punya blog. Maka diputuskan untuk ngasih pelatihan singkat gimana buat blog di blogdetik dan mempublikasikan hasil postingnya ke social media. Saya dibantu juga oleh Mbak Indah dan Mbak Suzan yang langsung bantuin temen-temen peserta pagi itu.

foto-foto kelar pelatihan #ict4wplb

Setelah selesai pelatihan ini, harapan saya juga temen-temen blogger Wongkito yang lain, para peserta bisa mempraktekkan semua informasi yang diterima dua hari kemarin dan juga bisa menularkannya ke temen-temen lainnya.

Terima kasih untuk temen-temen Wongkito yang sudah bantuin acaranya ya, juga untuk Mas Acep dan ICT Watch. Terima kasih juga untuk STMIK MDP yang udah memfasilitasi acara ini.

3 thoughts on “Cerita Workshop Palembang : Perempuan & Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.