06
Mar '12

Seminar OpenBTS bersama Onno W Purbo

Selasa 28 Feb 2012 lalu saya sempet ikut seminar OpenBTS bersama Kang Onno, tadinya sih mau bareng sama temen-temen Wongkito yang laen, tapi ternyata dan ternyata cuma saya yang bisa hadir. Harusnya sih kemarenan di JMR2012 sempet ikut kelas ini, cuma karena akhirnya gak bisa ikut kelasnya di Jogja kemaren itu, jadi disempetin ikut kelas OpenBTS di kampus MDP.

Onno W Purbo di Seminar OpenBTS

Jadi ya, OpenBTS (Open Base Transceiver Station) adalah sebuah BTS GSM berbasis software, yang memungkinkan handphone GSM untuk menelepon tanpa menggunakan jaringan operator selular. OpenBTS dikenal sebagai implementasi open source pertama dari protokol standard industri GSM.

 

demo telpon dengan OpenBTS

Dikasih liat juga gimana caranya untuk bisa saling bertelepon ria dengan OpenBTS ini. Dan benar, harusnya untuk saling berkomunikasi bisa lebih mudah dan murah dengan OpenBTS ini. Tapi, sayangnya pemerintah belum mengizinkan OpenBTS ini digunakan untuk komunitas dan masyarakat kecuali untuk kegiatan pembelajaran.

Dijelaskan Kang Onno jika OpenBTS ini masih dalam tahap development, jadi bagi temen-temen yang mau bereksperimen dengan OpenBTS ini sangatlah dianjurkan dan jangan lupa untuk bisa di share hasil ekspresimen dan utak atiknya lewat blog, biar gak lupa dan bisa jadi panduan yang lain juga. Kemaren ada yang nanya juga, apa OpenBTS ini bisa dicoba di OS mana saja? Kata Kang Onno, beliau sih baru nyoba di Linux (ya iyalah ya, klo gak bisa dipecat jadi bapak opensource Indonesia :p), jadi klo ada yang mau nyoba di OS lain, silakan aja, tapi jangan lupa di share ya

para peserta seminar OpenBTS

Bagi temen-temen mahasiswa juga boleh banget jika ingin menjadikan OpenBTS sebagai bahan penelitiannya. Secara gratis temen-temen bisa kerja praktek atau magang langsung di ICT Watch, karena semua alat OpenBTS ini ada disana dan bisa digunakan untuk keperluan belajar. Ilmu pengetahuan untuk semua kan ya

Kang Onno jelasin OpenBTS untuk liputan PalTV

Peserta yang dateng rame hari itu, ada sekitar 200 orang sepertinya dari kalangan siswa sekolah, mahasiswa MDP sendiri sampe para guru sekolah dan juga dosen perguruan tinggi lain. Mereka sepertinya serius dan tertarik sekali soal OpenBTS ini terlihat dari antusiasme peserta yang ga habis-habis bertanya.

Bagi yang pengen tau lebih jauh soal OpenBTS silakan menuju halaman wiki yang ditulis langsung sama Kang Onno ini ya.

Baik juga bagi yang sering nanya apakah OpenBTS ini ilegal apa gak, bisa di cek semua ditulis disini secara lengkap.