Puasa Sosial Media

Saya kangen banget lho sama blog ini, kamu? :D
Ya… setidaknya ada gitu yang kangen saya posting blog lagi.
Saya gak mau cari alasan pembenaran, satu-satunya alasan ya karena saya malas. Malas nulis. Saya ikutin aja kemalasannya. Tentu saja ada alasan lagi dibelakangnya, cuma ya itu awalnya.

Kalau ada yang merhatiin saya sebenernya bukan cuma lama gak posting blog, saya juga udah jarang ngetuit, gak keliatan update status di Path dan juga Facebook. Kenapa? Saya jawab karena saya lagi puasa sosial media.
Kenapa harus puasa?
Karena lagi pengen aja.
Beneran. Itu semata-mata karena saya pengen aja mengurangi banyaknya aktivitas di dunia maya dan menggantinya dengan lebih banyak aktivitas di dunia nyata.

Setelah beberapa bulan ini melakukan yang saya sebut puasa sosmed, ya itu jarang ngetuit, ngePath dan ngeFacebook, saya jadi sadar selama ini saya terlalu banyak main hp dibanyak waktu dalam 24 jam per harinya.
Sekarang gimana?
Udah sangat jauh berkurang.
Saya mulai gak pake Blackberry lagi. Tiap hari tetap cek email tapi ya gak sesering waktu BB masih nyala.
Di android saya hapus aplikasi yang berat kayak Path, selain karena itu Path juga terkadang bikin kita membandingkan hidup kita dengan orang lain yang kita kira lebih sempurna, lebih enak dan lalu tiap hari bikin kita kepo apa yang sedang dilakukan si ini dan si itu. Padahal belum tentu hidup seseorang sesempurna yang tercipta di Pathnya.

Saya buka Facebook kalo saya pengen aja, gitu juga Twitter. Cukup baca timeline beberapa saat untuk sekedar melihat apa yang lagi rame diomongin orang. Bikin males kalo udah rame politik, apalagi beberapa bulan belakangan memang timeline keduanya bikin saya males karena info capres ini dan itu. Gak jarang banyak orang tersulut dan akhirnya ikut komen dan share berita yang boleh jadi belum tentu benar adanya.

Hasilnya gimana?
Saya lebih banyak ngobrol sama keluarga.
Saya lebih santai belanja kalo jalan-jalan di mall tanpa seringkali cek hp atau foto ini itu.
Saya lebih sering main sama anak dan gak diprotes main hp melulu sama anak saya (ini penting banget!). Anak saya udah mulai sering protes kalo saya dan suami lebih banyak matanya liatin layar hp dibanding main sama dia.
Saya juga bisa lebih sering nonton serial Korea atau serial favorit di tv kabel atau nonton marathon Running Man dari episode awal. Kampanye di Indonesia tahun ini gak bikin saya seram sendiri walau beritanya silih berganti merajai media online.
Saya bisa lebih banyak baca buku dan nge-crochet.
Saya emang jadi kayak hilang di peredaran timeline tapi saya merasa seru-seru aja kok menjalani tiap harinya.

Beberapa kali saya ketemu temen blogger, saya jadi senyum dalam hati melihat yang masih saja sibuk melihat timeline daripada ngobrol dengan teman sebelahnya dan berkata ‘saya dulu gitu’, sekarang ya jauh berkurang dan lebih banyak ngobrol tentang apa aja. Ada satu temen saya pernah ngomong gini dulu ke saya waktu ngeliat saya liat hp waktu jalan “Awas, nanti jatuh lho”. Ya segitunya sih dulu.

Beberapa kali ngeliat hp dan ngetuit adalah cara yang paling ampuh di saat nunggu antrian atau di dalam perjalanan, sampai sekarang pun masih menurut saya. Hanya saja, ternyata ada banyak hal yang bisa tercipta dengan melihat ke sekitar kita, mungkin ide dan juga bentuk kepedulian manusia lainnya.

10 thoughts on “Puasa Sosial Media

  1. “Path juga terkadang bikin kita membandingkan hidup kita dengan orang lain yang kita kira lebih sempurna”

    ah so true, jadi merasa bersyukur pathku lagi bobrok, hahaha

    so how’s life, ke ? Good ? :)

  2. aku mah update kenceng, mulut kenceng juga xixixixixixi

    jatah puasa ngesosmed kl wiken plus pas pacaran hihihi

  3. pantesan mbak ke sering nanya aku rekomendasi drama korea :senyum:

    wih nonton running man dari episode awal? banyak banget mbak :kaget: , sekarang aja udah episode 200 lebih. aku kalo running man nonton yg guest-nya artis favorit aku atau paling ga aku kenal lah.

    aku ga suka path soalnya keliatan sih kalo visit2 profil orang :ngakak:

  4. wah,,sama banget kya saya mbak,,semaunya,,ngga kaya orang2 yang kayaknya buka socmed itu tiap jam..kalau saya gampang bosen :D

  5. karena puasa, jadi semoga cuma sementara. jadi sebentar lagi bisa merayakan hari raya di mana mbak salah satu selebtwit & seleblog kembali ceriwis di dunia maya. ;))

  6. Iya, aku nonton Running Man dari awal, kata adekku biar ngerti. Sekarang baru sampe episode 150-an hihihi. Adekku koleksi semua episode sih :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.