Catatan Harian Perempuan

Tips Hemat Belanja Produk Skincare

Ini bagi kalian yang gemar belanja skincare offline (maksudnya langsung ke tokonya) maupun online (dibanyak marketplace) kayak saya

Sebenarnya saya bukanlah orang yang suka perawatan kulit dan tubuh. Buat saya yang punya duit gak seberapa ini, perawatan itu adalah sebuah hal yang bisa dikatakan pemborosan. Jelas hal ini mungkin gak berlaku bagi temen-temen yang duitnya banyak ya. Saya akan lebih suka menghemat biaya perawatan apalah-apalah itu untuk belanja buku.

Saya pernah satu kali (seumur hidup) melakukan perawatan menyeluruh dari atas rambut hingga ujung kaki, dari massage alias pijet pijet badan, kepala sampe manicure pedicure, itu adalah saat saya akan menikah (sekitar 12 tahun lalu). Dah waktu itu aja, rasanya gimana? Ya enak gitu hehehehe. Abis itu kalo liat biayanya yang lumayan mahal, saya lebih suka melakukan perawatan mandiri deh alias perawatan ala rumahan aja.

Kalo badan, saya masih rutin seminggu 2x pake body scrub sewaktu mandi. Untuk manicure dan pedicure, saya gak begitu suka. Kuku tangan saya gak bisa panjang karena sejak kecil kalo saya kuku tangannya panjang dikit aja (kelupaan potong seminggu misalnya) udah mulai gatel dibagian ujung kukunya trus kulitnya jadi kering banget, lalu pecah-pecah dan mengelupas. Saya pun gak pernah pake kuteks. Pernah pengen banget, tapi rasanya ribet ntar baru bagus diwarnain eh harus dilepas karena gak bisa salat, walau ya katanya ada yang bisa dipake salat juga.

Untuk kulit muka, skincare ini yang saya juga pake rutin. Sejak masuk usia 30 mulai lebih rutin pake skincare muka macem-macem, sampe sekarang masih dengan 10 (walah lebih) langkah Korean skincare. Soalnya udah terbukti, muka saya lebih sehat, lebih terhidrasi dengan baik, walau ya kadang-kadang pas malesnya masih suka aja di skip ini itu.

Nah, bagi yang sering beli dan nyoba skincare wajah macem-macem kayak saya, baik bagi kita untuk bisa mengatur dengan baik pembelian skincare ini karena harganya juga beragam. Skincare itu kan ada yang murah dan mahal, memang ini balik lagi ke budget tiap orang, bagi yang budgetnya tek terbatas bisa beli ini itu santai aja, ya bagi yang berbatas kayak saya mesti berhemat biar gak berlebihan dan budgetnya bisa beli hal-hal lain.

Kita mulai dengan tips hemat belanja skincare di toko-toko langsung (offline) ya :

  1. Jangan ke toko yang menjual skincare/supermarket/drugstore jika kamu gak berniat beli sesuatu, kalo semua kebutuhan skincare kamu masih ada, mending hindari. Kalo jalan-jalan aja trus masuk toko, biasanya malah jadi beli ini itu yang kenyataannya lagi gak terlalu dibutuhkan
  2. Kamu perlu tahu toko-toko mana yang menjual skincare lebih murah tapi produknya tetap asli alias orisinil, bukan barang palsu. Biasanya di tiap daerah ada toko-toko yang menjual skincare dan produk makeup lebih murah, bisa jadi tokonya berada di pasar. Beli lah kebutuhan kamu di sana, ya walaupun mungkin rame banget sampe ngantri buat bayar, tetap aja kamu bisa dapet harga yang lebih murah
  3. Ketahui promo toko yang menjual skincare dengan mengikuti mereka di sosial medianya. Ya, kamu wajib follow di sosmed akun-akun toko yang sering ngasih info promonya, misalnya kayak Guardian, Watsons, The Body Shop, dll. Ini penting karena kamu bisa lihat promo produk apa aja, kalo ada yang suka bisa lagsung ke tokonya deh.
  4. Perlu juga untuk bisa menjadi member toko-toko yang menjual skincare. Soalnya, banyak toko-toko skincare memberikan promo menarik khusus member, jadi apa salahnya jika kamu jadi member untuk toko-toko yang memang sering kamu beli produk-produknya. Keuntungan lainnya, kamu juga bisa dapet info promo via sms/email karena sudah menjadi member. Tambah lagi kamu bisa dapet poin tiap belanja, yang bisa kamu kumpulkan dan bisa ditukarkan dengan produk lagi nantinya.
  5. Kalo ada promo menarik, walau produk yang kamu pake masih ada, gak ada salahnya untuk dibeli. Buat saya, gak apa banget untuk bisa punya stok skincare, gak harus nunggu habis dulu baru beli. Kalo jalan trus ngeliat ada promo menarik, misal ; buy 1 get 1 free, atau +1000 dapet 2, diskon 50% dsb itu baiknya jangan disia-siakan. Pastikan expired datenya masih lama ya.
  6. Jika ada teman yang kebetulan ke luar negeri misalnya Korea/Jepang gitu, kamu bisa nitip sama mereka untuk beli produk skincare, selain lebih murah pastinya, sudah pasti produk tersebut asli dan dapet yang fresh/baru dikemas.

Nah, kalo itu tadi tips untuk offline, sekarang tips hemat untuk belanja skincare di online :

  1. Banyak marketplace yang jual, cari yang menjual produk asli. Pastikan produk yang dijual di toko-toko online itu asli, misalnya dengan cara mengecek penilaian toko/produknya, cek juga harganya, kalo kelewat murah harus hati-hati mungkin aja itu bukan produk asli.
  2. Bandingkan harga. Jangan lupa untuk membandingkan harga, misalnya di Tokopedia segini cek di Shopee segini, ya silakan bisa dicari yang lebih murah dan cari yang bisa ngasih gratis ongkos kirim. Jadi bisa lebih hemat banyak.
  3. Sebelum beli-beli produk merk tertentu yang kamu belum pernah coba, sebaiknya searching dulu, cari tau produknya gimana dari testimonial banyak orang. Baik juga untuk mengecek kandungan produknya, baik jika yang tidak mengandung alkohol dan paraben. Kalo produk skincare Korea enaknya hampir semua udah diklaim gak mengandung Paraben, alkohol, dan tidak dicoba ke hewan.
  4. Coba juga untuk langganan newsletter dibeberapa web e-commerce yang menjual produk skincare. Misalnya aja Sociolla, dengan daftar newsletter kamu bisa dapet info promo menarik dari web tersebut.
  5. Kalo bisa hindari belanja via Instagram, lebih baik belanja langsung ke web produk atau e-commerce yang menjual produk yang kamu cari. Karena kalo ada sesuatu hal, misalnya barangnya gak sampe, diterima dalam keadaan tidak baik/utuh kamu bisa kembalikan barangnya dan dana pun kembali.
  6. Belanja online seringkali harganya lebih murah daripada di toko, jadi gak ada salahnya belanja online untuk produk yang kamu rasa dan kamu cek lebih mahal di toko, tapi harus diperhitungkan juga ongkos kirimnya ya. Jika setelah ditambahkan ongkos kirim masih lebih murah daripada di toko, ya beli online saja. Tinggal duduk manis di rumah menunggu barangnya datang.

Segitu aja tips hemat ala saya untuk belanja skincare ya. Semoga bermanfaat

1 thought on “Tips Hemat Belanja Produk Skincare”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.