Catatan Harian curhat Social Media

Berpikir Positif Pada Diri Sendiri

Ah, aku capek, pengen mati aja.

Beberapa kali saya melihat teman mengetikkan itu di pesan singkat, di akun sosial medianya juga. Awalnya sedih kok ya mikir kayak begitu, trus saya tanya dong apa masalahnya, cerita lah dia begini begitu dan terjadilah obrolan panjang selanjutnya. Orang-orang seperti dia mungkin butuh didengar saja, batin saya waktu itu. Saat itu selesai, orangnya balik biasa lagi, gak berapa hari nanti muncul lagi kayak begitu entah di statusnya, sosmednya. Lama-kelamaan kalo keseringan kayak gitu, gimana ya??

Setiap orang pasti melewati masa-masa buruk, sedih, masalah yang banyak. Hei, ya orang hidup pastinya akan menghadapi banyak masalah kan? Kalo sesekali sedih, merasa capek ya oke aja, butuh didengarkan. Menjadi pendengar seharusnya setiap orang bisa, tapi gak semua orang MAU. Bercerita pun kudu milih ke mana cerita bisa diceritakan, yang setelah diceritakan akan mengurangi beban yang ada dipikiran, jangan sampe salah orang juga untuk bercerita.

Saya percaya bahwa apa yang kita ucapkan itu adalah doa, makanya kita diajarkan untuk ngomong yang baik-baik. Jadi, mbok ya kalo ngomong itu jangan dikit-dikit bilang ‘mau mati’ gitu lho. Itu kayak gak bersyukur sama hidup yang udah dikasih Tuhan. Saya mungkin gak bisa mengukur betapa beratnya masalah yang dijalani setiap orang, tapi menjadi positif pada diri sendiri itu adalah kunci agar kita bisa lebih bisa semangat menjalani hidup.

Pernah gak mikir bahwa berpikir negatif itu gak ada gunanya? Apalagi kalo kita terus-terusan negatif sama diri sendiri, semua yang kita jalani akan terasa melelahkan, sia-sia, malah jadi lebih capek dan akhirnya mikir yang gak-gak. Saya dan mungkin juga tiap orang pernah berpikir negatif pada diri sendiri. Saya seringkali takut kalo nanti hasilnya buruk, gak sesuai harapan, tapi lalu saya tampik sendiri dengan bilang, usahakan yang terbaik, apa yang terjadi nanti, kita lihat saja nanti.

Kita harus bisa membangun hal positif pada diri sendiri dengan cara mulai dari berpikiran yang positif. Mohon untuk bisa mendukung diri sendiri dengan pikiran positif, pikiran yang baik, dengan kata-kata baik. Saya bisa. Saya akan coba yang terbaik. Saya bisa belajar dari kesalahan saya sebelumnya. Saya cantik/ganteng. Dan kata-kata positif lainnya.

Berhenti lah menjelekkan seseorang. Yang suka ngebully bentuk tubuh orang lain, cuekin aja, bodo amat. Ingat satu hal, kita diciptakan oleh Tuhan yang sama, jangan sekali-kali ngatain bentuk muka/tubuh orang lain, karena itu sama aja menghina Ia yang menciptakan semua. Oh ayolah, hari ini masih body shaming itu gak banget lah.

Bacalah buku-buku self improvement yang baik. Kata siapa baca buku self improvement itu cuma buat yang merasa gagal, merasa buruk, depresi dsb? Saya senang sekali baca buku tentang apapun yang buat saya merasa jauh lebih baik hati dan pikirannya. Baca lah buku seperti itu, buku yang ketika kita sedang/sudah membaca buku tersebut, hati dan pikiran kita jadi lebih baik, lebih segar, lebih terbuka pikirannya dan lebih bahagia. Baca buku fiksi pun kalo buat kita lebih bahagia, ya kenapa gak?

Saya lagi suka baca buku tentang mental illness, tentang depresi, mulai dari yang fiksi sampe non-fiksi, apa karena saya mulai depresi? Ya gak. Saya saya suka membaca hal-hal baru, jadi bisa belajar banyak hal, apalagi membaca tentang pengalaman hidup seseorang. Ketika kamu sedih, bacalah buku, ketika kamu bahagia, bacalah lebih banyak buku.

Kurangi buka sosial media yang bikin kamu merasa hidupmu paling sengsara sejagad raya. Jangan pas sedih, malah buka Instagram, ya udah lah makin sedih karena gak bisa kayak rangorang. Mulai sedih karena gak bisa liburan ke luar negeri lah, sedih karena saldo di atm tinggal dikit, sedih karena feed Instagram tak seindah rangorang. Itu gak baik gaes, detoks dirimu dari sosial media lah selama beberapa hari.

Jangan lupa bersyukur. Setiap hari semoga kita selalu terbangun dengan rasa syukur. Syukur atas hari ini, atas hari-hari yang sudah kita lalui. Semakin banyak kita bersyukur maka nikmat Tuhan akan digandakan untuk kita.

Please, berhenti berpikir negatif pada diri sendiri apalagi sampe bilang mau mati, jangan pernah berhenti mencintai dirimu sendiri.

1 thought on “Berpikir Positif Pada Diri Sendiri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.