07
Apr '12

Review Buku Gossip From The Girls Room

Novel Blogstatic!

Judul Buku : Gossip From The Girls Room
Penulis : Rose Cooper
Penerjemah : Nadya Andwiani
Penerbit : Atria
Jumlah Halaman : 200 Halaman
ISBN : 9789790244788
Harga : Rp. 35.000

Kalo kamu suka Diary of Wimpy Kid, kamu juga akan menyukai buku ini, percayalah!

Buku ini memang setipe dengan Diary of Wimpy Kid, kalo saya bilang buku dengan tipe seperti ini buku-buku berjenis diary, yaitu diketik dengan font tulisan tangan dilengkapi dengan garis-garis seperti buku kebanyakan dan dibikin menarik dengan gambar-gambar khas corat coret lucu gitu. Diary banget kan ya? Buku-buku serupa ini biasanya memang ceritanya tentang remaja, teenlit gitu deh. Ya, emang menarik banget sih ya buat dibaca.

Kalo Wimpy Kid itu bocah tengil nan lucu dan bahkan udah dibikin filmnya, kali ini Rose Cooper, seorang ilustrator buku anak-anak menuliskan cerita tentang anak perempuan bernama Sofia Becker. Nah, Sofia ini tipikal anak perempuan biasa saja yang pengen banget jadi populer. Dia pengen banget kayak Mia St. Claire yang populer, cantik dan banyak temennya. apalagi setelah dia tau bahwa gebetannya, si Andrew suka sama Mia.

buku tipe diary

Si Sofia ini punya blog yang disebutnya, blogstatic-anonim karena dia membuatnya tanpa identitas jelas, semata-mata pengen punya sesuatu yang bisa dia tulis dan dia bisa terkenal dari blog, seleb blog gitu deh. Sofia akhirnya mencari cara agar blognya bisa banyak pengunjungnya dan banyak yang baca, hingga akhirnya Sofia punya ide untuk nulis gosip-gosip yang ada di sekolahnya dengan cara dengerin temen-temennya ngobrol di toilet cewek.

Sebenernya ya ceritanya khas anak remaja banget ya, soal populer dan gak populer, tentang suka-sukaan sama cowok populer yang ganteng banget, tapi buku ini dikemas dengan menarik karena tipe diary tadi. Dan, Sofia menggambarkan dengan lucu karakter Mia yang menjadi orang paling dibencinya.

Beberapa catatan dan tips yang dibuat Sofia juga membuat saya ketawa geli, sambil nginget kayaknya dulu juga saya kayak gini deh nulisnya. Saya penulis diary dari kecil lho, dari SD malah, bahkan saya punya diary-diary yang dari awal saya tulisin. Kadang baca-baca lagi diary itu, bikin saya malu dan ketawa sendiri, sambil bilang ‘bisa ya dulu saya nulis begini’. Sejak punya blog deh jadinya gak nulis diary lagi, dan…. saya pun malu banget baca-baca tulisan galau jaman dulu di arsip blog ini. Cuma, gak apa ya, saya yakin tiap orang melewati masa-masa seperti itu.

Secara terjemahan, saya suka banget sama terjemahan di buku ini, apik banget deh, remajanya dapet deh. Gak mudah lho menerjemahan buku semacam ini. Covernya yang lucu juga membuat buku ini amat menarik untuk dibeli dan dibaca.

Beberapa buku tipe serupa seperti Diary of Wimpy Kid, Diary of Wimpy Vampire, Big Nate dan buku ini selalu menarik dan hampir bisa dikatakan banyak digemari, sayangnya ya penulis teenllit atau cerita remaja Indonesia belum ada yang menduplikasi tipe buku seperti ini. Padahal kalo ada aja yang kayak gini, pasti deh akan lebih enak dan digemari para remaja.