10
Nov '12

Membeli dan Membaca Ebook Dengan QBaca

Berapa banyak dalam sehari kamu baca buku?

Pertanyaan begitu sering sekali ditanyain temen-temen saya, katanya saya selalu baca, padahal gak tiap hari juga ternyata bisa menyelesaikan baca satu buku (kecuali komik). Untuk itu saya pake target baca tiap tahun sejak 2 tahun terakhir, untuk bisa memastikan saya punya waktu untuk selalu membaca, dimanapun dan kapan itu.

Terus terang memang gak mudah mengatur waktu untuk membaca, apalagi godaan membaca timeline Twitter jauh lebih terasa menyenangkan bagi sebagian orang. Mulai dengan mengatur waktu, meluruskan niat untuk memberi waktu untuk membaca.

QBaca

Bagi yang kayaknya sibuk banget kerjaannya mengharuskan pergi kesana kemari, saya menyarankan untuk tetap bisa membaca melalui tablet PC atau ebook reader ya semacam Kindle dan beberapa merk lainnya. Apalagi saat ini pengguna Ipad dan berbagai tablet Android udah banyak banget penggunanya, gak ada salahnya untuk bisa membaca dari perangkat bergerak itu ketika dalam kendaraan misalnya.

Saya pengguna Kindle sejak hampir setahun ini, saya merasa Kindle adalah perangkat terenak yang bisa saya bawa kemana-mana, dalam perjalanan terutama. Saya gak akan merasa kehabisan buku yang bisa dibaca dengan membawa Kindle, berbeda dengan membawa buku yang biasanya saya bawa dan kelar dibaca hanya dalam perjalanan dari Jakarta-Bandung.

Sayangnya, saya harus puas dengan ebook yang belinya dimana trus pindahin ke Kindle, ya maklum aja pembelian ebook di Amazon Kindle belum bisa dibeli oleh pengguna di Indonesia. Tapi ternyata, Telkom mengeluarkan aplikasi Android yang diberi nama QBaca yang dibuat untuk melengkapi kebutuhan tersebut.

Sejak baca berita soal QBaca di Dailysocial, saya jadi pengen nyobain gimana pake aplikasi ini. Dan ternyata memang beneran beli dan baca buku jadi lebih gampang. Tinggal unduh aplikasi QBaca di Google Play trus registrasi dengan email dan kita udah bisa menikmati ekosistem buku digital yang ada.

Pilih bukunya

Buku-bukunya gak semua berbayar tapi juga ada yang gratis, tinggal unduh dan baca aja. Tapi yang jelas bikin saya ngiler itu buku-buku best seller yang saya memang blom punya buku benerannya. Berikut langkah-langkah pembelian ebooknya :

1. Dibagian kanan daftar ada nominal harga tiap ebooknya, klik disana trus akan langsung muncul payment code. Nah, tinggal catet kodenya dan pembayaran dilakukan dengan Instant Payment System (IPS) dari Telkom yang bisa dibayarkan melalui Internet Banking, SMS Banking atau via ATM.

Langkah-langkah pembayaran

2. Kalo udah dibayar melalui IPS itu, bisa langsung pilih check di bagian kanan tadi. Check ini akan mengaktivasi ebook yang dipilih untuk bisa segera di download. Tunggu aja kelar download ebooknya dan tinggal baca deh.

Check untuk konfirmasi pembayaran

Sejauh ini, saya merasa aplikasi ini berjalan baik dan lancar di Samsung Galaxy Tab 2 (10.1) yang saya gunakan. Ebook yang sudah dibeli dan didownload akan berada dalam raknya sendiri, sehingga bisa dibaca kapan saja walau tidak ada koneksi internetnya. QBaca memang diharapkan mampu meningkatkan minat baca orang-orang Indonesia dan menumbuhkan bisnis buku digital di Indonesia.

Contoh Ebooknya

Menurut Mas Koen, buku-buku yang ada di QBaca sudah ada sekitar 400 buku, tapi entah kenapa saya merasa masih kurang aja gitu :p
Semoga kedepannya semakin banyak para penerbit bisa melihat ini sebagai peluang untuk memasarkan buku digital mereka.

Saya udah beli 3 ebook di QBaca dan lancar jaya. Yuk, kalian cobain juga. Selamat membaca