Botol Kaca dan Plastik

Mungkin saya seorang yang gemar menyimpan banyak barang. Yang udah gak kepake, semisal kotak sereal atau kotak susu Alaya, kotak sepatu atau botol-botol bekas selai. Dengan satu alasan sebenernya, yaitu… Siapa tahu aja nanti bisa dipake buat apa gitu.

Bener aja sih, kayak botol selai itu bisa dipake lagi buat tempat bumbu dapur seperti garam, merica, kayu manis bubuk, dsb. Kotak sepatu lebih berguna lagi karena saya pake buat kotak serba guna seperti kotak buat mainan Alaya, buat benang-benang rajut dan juga buat tempat taruh underware di laci lemari biar lebih rapi. Kotak sereal biasanya dipake cuma buat kotak hadiah-hadiah sebelum dibungkus kado gitu sih.

Saking senengnya saya sama wadah bekas itu, saya jadi menyimpan itu semua sampe kadang bingung naruhnya dimana lagi. Kayak botol selai yang semakin banyak dan bertumpuk. Akhirnya saya masukin karung karena udah gak tau mau dipake buat apalagi.

Read More

Reuse & Recycle

Berapa banyak sampah botol plastik yang kita buang tiap bulan, ada yang pernah ngitung?
Saya bisa jawab : banyak

Sejak awal tahun 2014 saya mulai mengumpulkan botol-botol plastik yang sudah habis isinya. Untuk apa? Gak buat apa-apa sih, cuma buat dikumpulin aja. Misalnya bekas botol plastik bedak, minyak telonnya Alaya, bekas minuman, pelembut/pemutih pakaian, shampo, sabun cair, dsb. Banyak banget kan ya.

botol plastik
botol plastik

Saya memulainya karena biasa ngumpulin botol bekas produk The Body Shop yang nantinya bisa ditukar dengan poin. Lumayan kan ya bisa nambahin poin. Dulu pas program ini blom ada ya biasa dibuang aja gitu botol bekasnya. Nah sejak saat itu, saya pikir gak ada salahnya untuk mulai mencoba mengumpulkan botol bekas plastik yang dipake sehari-hari. Dengan begitu kita udah bantuin memilah sampah yang bisa didaur ulang. Kalau mau dijual juga bisa, tapi ya itu murah sekali per kg paling cuma laku 500 rupiah saja. Saya kebayang bagaimana para pengumpul plastik harus ngumpulin banyak banget plastik untuk bisa dapet beberapa ribu rupiah, syukur-syukur mereka bisa ikutan asuransi sampah yang digagas Dr. Gamal itu.

Read More