Kopdar Perdana Tukar Buku Palembang

Setelah dari kapan ada ide buat tukar buku, akhirnya kesampean juga bikin acaranya.

Jadi, Rizma awalnya ngajak buat bikin acara buat tukaran buku gitu, udah lama sih sebenarnya, kalo gak salah dari akhir tahun 2019. Karena kesibukan kemalasan yang selalu hadir, maka ayoklah dijadikan beneran, biar gak cuma jadi ide yang sebatas ide lalu berlalu. Perdana lalu bikin kopi darat (kopdar) dengan judul kopdar tukar buku.

Sesuai namanya kopdar ini adalah suatu ajang berkumpul para pembaca/penyuka/pecinta buku untuk tukaran buku. Gak cuma itu, harapannya ajang ngumpul ini bisa dilakukan setiap bulan, menjadi hal yang rutin dilakukan. Jadilah kopdar perdana 8 Februari 2020 di Dr. Steak Cafe & Resto, kami sekalian ngobrol tentang bagaimana kopdar ini akan berlangsung ke depannya.

Gak berharap bakal rame banget di kopdar perdana ini, teman-teman akhirnya membagikan rencana kopdar tukar buku ke beberapa grup dan komunitasnya. Alhamdulilah yang hadir ada 10 orang. Yang hadir orang-orangnya bukan orang baru, tapi tak mengapa karena tujuan kita pada awalnya adalah bisa berdiskusi bersama soal buku-buku.

Kami yang hadir saling berkenalan, lalu satu per satu bercerita bagaimana kebiasaan baca yang sudah dilakukan, genre apa yang disukai dan kendala apa yang ditemui saat membaca dan beberapa harapan mereka seputar membaca buku. Seru sekali mengetahui banyak yang menyukai genre yang serupa. Beberapa punya kendala dalam membaca, ada yang bilang soal waktunya, ada yang hanya suka baca buku genre yang disukai, ada yang mengeluh juga soal gimana caranya lebih menyukai kegiatan membaca.

Kami lalu saling bercerita pengalaman masing-masing soal aktivitas baca, tentang buku yang direkomendasikan untuk dibaca dan hampir semua hal terkait buku kami bahas. Ya sampe tentang penulis yang karyanya tak lagi ingin dibaca juga dibahas. Seru banget ngobrol dengan para penyuka buku.

Setelah sekitar satu jam membahas banyak hal soal buku, kami melanjutkan dengan acara pokok kopdarnya yaitu tukar buku. Masing-masing membawa satu buku yang akan ditukar dengan yang lain. Teman-teman membawa buku yang beragam, dari fiksi sampai nonfiksi. Tentu saja, satu buku bisa jadi bahan perebutan lebih dari dua orang. Kami memilih konsep adopsi, jadi bagi yang suka bukunya siapa gitu akan bilang bahwa dia tertarik, lalu jika ada lebih dari satu yang tertarik, terserah yang punya buku memberikan pada siapa. Kemarin kita sampe bersuten biar lebih adil dalam memiliki buku-buku.

Dibahas juga bagaimana kedepannya kopdar tukar buku ini akan terus berjalan. Hingga akhirnya disepakati akan dilakukan kopdar tukar buku setiap bulan dengan tema obrolan buku yang beragam. Selain itu acara tukaran buku akan tetap berlangsung selain obrolan buku. Syukur jika ada teman-teman penulis buku mau berbagi info soal buku-buku yang sudah diterbitkan, akan lebih membawa kopdar ini terasa lebih asyik pastinya.

Saya pribadi berharap kopdar tukar buku ini gak cuma bisa jadi ajang berkumpul para pembaca buku tapi juga untuk berbagi informasi seputar buku baru, diskon buku, tips atau info toko buku online pilihan dan pastinya membawa pengaruh baik bagi yang hadir agar bisa meningkatkan frekuensi membacanya. Satu lagi, harapannya ada banyak teman laki-laki juga yang bisa hadir di kopdar selanjutnya.

Bagi teman-teman yang ingin hadir di kopdar selanjutnya, boleh banget lah. Insya Allah akan diadakan tiap hari sabtu minggu pertama tiap bulannya. Bagi yang mau donasi buku-buku boleh juga sekalian dibawa, ada banyak teman-teman yang mau mengadopsi buku-buku yang mungkin buat kamu udah gak dibaca/dipake/diperlukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.