22
Mar '12

Cerita Workshop Palembang : Perempuan & Internet

Cerita Workshop Palembang : Perempuan & Internet
Cerita Workshop Palembang : Perempuan & Internet
Cerita Workshop Palembang : Perempuan & Internet

Mas Acep dari ICT Watch sharing Internet Sehat

Dengan dijelasin banyaknya manfaat dari blog, temen-temen yang hadir hari itu jadi tahu kalo ternyata blog bisa punya manfaat banyak, juga bisa membantu usaha yang baru dirintis. Hampir semua yang hadir hari itu baru merintis usaha kecil yang mungkin belum bisa dimasukkan ke kategori UKM, diharapkan nanti temen-temen bisa mencoba menggunakan media blog dan media sosial untuk mempromosikan usaha mereka.

Hari pertama acara #ict4wplb

Saat istirahat siang, maunya sih puter film Linimas(s)a tapi karena di aula kemaren ada masalah sehingga listrik turun, makanya gak jadi diputer. Untungnya setelah makan siang, udah bisa nyala lagi dan bisa dilanjutkan kembali acaranya.

Sesi kedua dari Mbak Siti Khaerani, yaitu dosen akuntansi di STIE MDP. Mbak ini sharing tentang perhitungan dana untuk UKM. Dijelaskan Mbak Siti, kalau mau usaha yang dirintis temen-temen lebih besar, ya harus dihitung dengan lengkap sehingga nantinya bisa mengajukan pinjaman ke bank. Nah, penting kan ya, walaupun usahanya masih modal kecil, tetap aja harus dicatat dengan baik.

Sesi terakhir dari Mas Ardy soal bagaimana memulai bisnis dari internet. Dijelasin Mas Ardy bahwa dengan internet banyak sekali peluang-peluang yang bisa menghasilkan uang. Mulai dari bisnis dengan modal hingga bisnis tanpa modal yang mengandalkan internet. Karena juga ada sebagian temen-temen mahasiswa, dibilang juga gak harus nungguin lulus kuliah baru nyoba menjalankan usaha, seperti Mas Ardy yang sebelum lulus udah mulai usaha sebagai web developer ini.

Acara hari pertama ditutup dengan banyak pertanyaan, walaupun udah sekitar jam 14.30 tapi peserta masih serius menyimak sharing dan aktif bertanya, bener-bener top deh.

foto-foto kelar acara di hari pertama (foto: Azzura Dayana)

Berbeda dengan hari pertama, di hari kedua, Rabu 21 Maret 2012, hanya dibatasi yang ikut, akhirnya ada 21 orang yang mengikuti pelatihan blog & social media langsung praktek di lab komputernya STMIK MDP. Saya membantu teman-teman peserta untuk bisa praktek langsung bikin blog dan bagaimana langsung sharing ke social media semacam Facebook dan Twitter, sembari saya juga sharing bagaimana blog dan media sosial sudah sangat diperhitungkan untuk tujuan promosi banyak hal.

pelatihan, hari kedua #ict4wplb

Tadinya kalo semua peserta pelatihan udah punya blog dan akun di social media, kita jadi lebih mudah untuk sharing tips yang lain seputar web untuk jualan, tapi ternyata masih banyak yang belum punya blog. Maka diputuskan untuk ngasih pelatihan singkat gimana buat blog di blogdetik dan mempublikasikan hasil postingnya ke social media. Saya dibantu juga oleh Mbak Indah dan Mbak Suzan yang langsung bantuin temen-temen peserta pagi itu.

foto-foto kelar pelatihan #ict4wplb

Setelah selesai pelatihan ini, harapan saya juga temen-temen blogger Wongkito yang lain, para peserta bisa mempraktekkan semua informasi yang diterima dua hari kemarin dan juga bisa menularkannya ke temen-temen lainnya.

Terima kasih untuk temen-temen Wongkito yang sudah bantuin acaranya ya, juga untuk Mas Acep dan ICT Watch. Terima kasih juga untuk STMIK MDP yang udah memfasilitasi acara ini.