17
Nov '15

Belajar Parenting ala The Return of Superman

Saya penyuka drama Korea, itu tak usah diragukan lagi. Tapi saya gak terlalu suka K-Pop, penikmat cowok gantengnya aja sik, lagunya gak gitu :p
Satu lagi, saya suka variety show Korea. Ya paling suka Running Man, kalo udah ketinggalan 1 episode aja rasanya gimanaaa gitu, berasa kurang hiburan lah saya

Ternyata, variety show The Return of Superman juga menarik. Gak terlalu seru sih kayak RM tapi yang ini lebih kerasa ‘belajar jadi orangtua’nya.

Saya akui dan saya sadar bahwa menjadi orangtua itu suatu pembelajaran seumur hidup. Setidaknya sebagai orangtua, kita banyak belajar entah itu dari orangtua kita, dari buku, seminar parenting atau juga tontonan. Gak semua yang kita baca di buku parenting dan seminar parenting mampu kita terapkan pada anak. Karena itu setiap orangtua punya caranya sendiri dalam bagaimana mendidik anaknya.
image

The Return of Superman yang paling saya suka ya pastinya triplet alias kembar tiga cowo anaknya Song Il Gook yaitu Daehan, Minguk dan Manse. Si kembar tiga ini lucuuuu banget. Selain itu mereka ini anak yang manis walau ya mereka tetap anak-anak yang kadang bertingkah macem-macem. Superman lah si ayahnya. Il Gook adalah ayah hebat yang mampu gendong kembar tiga ini sekaligus dan yang pasti saya suka parenting style-nya.

Selain sabar banget, Il Gook ini pas di wawancara tayangannya selalu bilang bahwa istrinya lah yang mengajarkan begini dan begitu. Yang paling mengesankan adalah ketika salah satu anak bersikap gak baik, langsung dipisahkan dari kedua saudaranya dan diminta tegak di dinding dan dibilangin salahnya terus abis itu dipeluk dan dicium.

image

Il Gook juga bilang dia gak memaksa anaknya menjadi pintar, karena dia dulu peringkat bawah dan istrinya justru murid pintar di sekolah, yang dia harapkan adalah anaknya menjadi anak yang baik dan selalu sehat. Sederhana ya harapannya, tapi begitulah seharusnya, bukan?

Saya suka baca-baca buku parenting, bukan..bukan untuk jadi orangtua yang sempurna, justru karena saya banyak gak taunya makanya saya rasa perlu belajar banyak dari siapapun itu dan dari manapun itu sejauh itu baik.

Saya orangtua baru, baru punya 2 orang anak dan saya masih terus belajar untuk banyak hal baik yang bisa saya teruskan pada kedua anak saya.
Jadi, kalo ada bacaan atau film atau apapun yang bagus tentang parenting tolong infoin ke saya ya boleh di komen, boleh juga di japri.

Tidak ada yang lebih sempurna dari Rasulullah SAW dalam pengasuhan anak, aka berilah ruang dalam hati kita untuk menerima bahwa kita bisa salah. Maka tidak perlu kita mengatakan “kami merasa gagal menjadi orangtua”, namun katakanlah “bersama Allah kamj bisa lebih baik lagi”.
-Kiki Barkiah, 5 Guru Kecilku-

*Gambar dicomot dari google