06
May '12

Rewind dan Kembali Ke Masa Lalu

Ketika tombol rewind dalam hidup itu tidak pernah ada.

Rewind

Saya sadar tidak semua orang menyukai masa lalu yang dia punya. Mungkin saja ada banyak hal yang rasanya ingin kita ubah agar tidak membawa penyesalan saat ini atau nantinya. Tapi, tombol rewind dalam hidup itu tidak pernah ada kawan, sebesar apapun usahamu untuk mengubah masa lalu, tidak akan pernah bisa.

Oke, kita coba liat case 2 film berikut ini ya :

1. Operation Proposal (serial Korea)

Operation Proposal

Saya gak suka K-Pop, tapi saya harus akui saya suka film-film Korea khususnya serial dramanya. Bagus aja sih, lucu, romantis dan juga ada pesannya. Sama seperti serial ini.
Jadi cerita intinya, si cowo, Kang Bae Ho namanya, suka banget sama cewe yang udah dari umur 8 tahun temenan sama dia. Tapi dia gak pernah punya kesempatan (mungkin juga keberanian) untuk bilang bahwa dia suka sama tuh cewe. Sampe akhirnya si cewe nikah sama orang lain. Padahal si cewe suka banget dari dulu sama dia. Akhirnya ada malaikat yang bisa membawa dia ke masa lalunya, sebagai kesempatan agar dia bisa mengubah sesuatu yang terjadi saat nanti. Sekeras apapun dia berusaha mengubah masa lalu, dia mendapati dia gak mengubah apapun di masa datang.

Oke cerita intinya gitu ya. Coba kita simpen dulu cerita pertama ini, lanjut dulu ke film kedua.

2. Medley (film Indonesia)

Medley (sumber: wikipedia)

Mungkin banyak yang belum pernah nonton film ini ya. Ini film Indonesia, tapi menurutku film ini punya pesan yang bagus banget. Adalah Aditya (diperankan oleh Yosi Project Pop, iya… dia bisa akting kok) yang punya istri dan 1 anak. Suatu hari dia merasa berada di waktu tersulit dalam hidupnya, dia melihat temannya lebih sukses dan juga bertemu dengan mantan pacarnya dulu yang membuat dia merasa sepertinya kalo dulu dia gak melakukan kesalahan dengan menghamili istrinya yang sekarang, dia bisa lanjut sekolah keluar negeri, lebih kaya dan punya istri yang lebih cantik (mantannya itu maksudnya).

Hingga akhirnya, dia bisa kembali ke masa lalu, dia mencoba mengubah semuanya yang dia sesalkan, tapi ternyata hidupnya pun tidak semudah dan sehebat yang ia prediksikan. Aditya menyadari bahwa hidupnya yang nyata bersama istri dan anaknya sekarang itu jauh lebih membahagiakan.

Ada kesamaan dalam 2 film tersebut, sama-sama bisa kembali ke masa lalu dan mengubah sesuatu didalamnya. Jelas, hidup kita ini bukan film yang bisa seperti itu, saya rasa jika saya pun menemui malaikat yang bisa membawa saya ke masa lalu, saya akan menolaknya. Percuma. Menurut saya, semua sudah punya jalannya masing-masing. Nasib bisa diubah, hanya saja takdir mungkin tidak.

Mungkin dari kita pernah menyesal tidak melakukan/mengatakan sesuatu yang sebenarnya pengen kita lakukan/katakan sewaktu dulu. Tapi biarkan penyesalan itu tertinggal dan coba untuk tidak mengulanginya kembali di waktu nanti.

Sekeras apapun kita minta ke Tuhan agar kita dikembalikan ke masa lalu, itu tidak akan pernah ada. Tombol rewind itu tidak pernah ada.
Kita tidak bisa mengubah masa lalu, yang bisa kita ubah adalah masa depan.

Kalo tombol rewind gak ada, bagaimana dengan tombol pause dan fastforward? Saya rasa juga tak akan ada. Nikmati semua perjalanan waktu yang kamu lalui dan syukuri semua yang sudah kita dapati.