08
Sep '11

Pindahan dari Posterous ke WordPress

Setelah 2 tahun ini, blog Alaya di Posterous, akhirnya saya memutuskan untuk pindah aja pake WordPress.
Emang sih niat awal, blog Posterous yang awalnya beralamat di dreeva.posterous.com itu mau dipake untuk foto blog aja, karena suka banget foto-fotoin Alaya, maka akhirnya saya mendeklarasikan kalo blog itu blog foto Alaya. Karena melihat itu blog di update terus, si Ayahnya Alaya akhirnya memberikan alaya.rasyid.net untuk blog tersebut.

posterous-to-wordpress

Posterous to WordPress

Awalnya saya berpikir untuk menceritakan banyak hal tentang Alaya di blog keluarga aja, tapi emang susah ya punya banyak blog, jadi susah di update-nya. Karena lebih suka update foto blog, jadi ya itu blog keluarga nganggur aja gitu, ga di update sejak Desember 2010.

Akhirnya, saya kangen. Saya kangen menulis banyak hal tentang bagaimana menjadi ibu. Membesarkan Alaya penuh proses belajar, buat saya juga buat suami. Sayang banget kalo tidak kami bagi lewat tulisan, siapa tau dibutuhkan untuk pasangan orang tua baru lainnya. Wong saya juga banyak belajar ini itu dari tulisan banyak orang dari internet juga kok

Saya mencoba untuk menulis di Posterous, sayangnya Posterous punya masalah di ukuran foto. Ukuran foto yang kita upload ke Posterous akan nongol segede foto itu sendiri, ga bisa resize dan emang ga ada menu edit foto itu, kan susah ya, mau nge-resize foto dulu tiap mau posting trus baru di upload *capek deh*.

So, saya memutuskan untuk pindah ke WordPress aja. Secara udah ngerasa nyaman aja selama ini pake WordPress :p
Okeh, karena domain udah ada, tinggal kita ekspor aja nih semua konten yang di Posterous ke WordPress. Berikut langkah-langkahnya :
1. Kita perlu akun wordpress.com untuk ekspor dan impor ini. Jadi buka blog yang di wordpress.com langsung ke dashboard dan pilih di bagian kiri menu Tools trus pilih Import. Ya, kita harus import dulu semua konten yang ada ke wordpress.com ini, biar semua yang ada di blog Posterous tadi bisa pindah semua, postingnya juga sampe komen dan foto-fotonya. Bagi yang belum punya akun di wordpress.com, silahkan buat dulu ya.

2. Pilih Import dari Posterous. Masukkan URL, username dan password Posterous lalu pilih OK. Tunggu aja, semua konten akan di import ke wordpress.com. Butuh waktu lama jika posting yang ada sudah banyak dan banyak komen juga fotonya, jadi harap bersabar ya nungguin proses impornya.

3. Setelah semua konten di impor, selanjutnya pilih menu Tools kembali lalu pilih Export. Selanjutnya, kita butuh semua konten yang sudah kita impor disimpan menjadi sebuah file XML. Pilih Export, filter yang ada pastikan ke semua alias ALL data, mulai dari start date sampe status. Lalu pilih Download Export File, maka selanjutnya kita akan download file XML dari semua konten yang ada.

4. Udah deh kelar, selanjutnya tinggal Import lagi deh file XML yang ada itu ke blog wordpress yang udah hosting sendiri.

Jadilah, sekarang udah begini bentuknya blognya Alaya

skrinsut blog Alaya

skrinsut blog Alaya

Saya sih berharap banget bisa terus meng-update blognya Alaya ini. Tapi susah juga ya kalo nanti Alaya punya adek, terus saya buat blognya juga. Gempor deh saya
Oke deh…. mampir ya ke blognya Alaya