04
Mar '12

Jogja dan Jagongan Media Rakyat 2012

Minggu kemarin, saya diajak tim Internet Sehat ikut event yang namanya Jagongan Media Rakyat (JMR). Ini kali pertama saya ikutan JMR yang kabarnya setiap tahun diselenggarakan oleh Combine RI ini. Tahun ini diadakan 23-25 Februari 2012 di Kampus APMD Jogja. Saya diminta untuk sharing soal blog di hari jumat dan sabtunya sebagai fasilitator di salah satu kelasnya Internet Sehat.

Hasil riset tentang Media di Indonesia

Kamis siang sampe di Jogja langsung ikut kelas ‘Peta Media di Indonesia’ oleh Mas Yanuar yang menjelaskan hasil riset timnya soal Media di Indonesia. Disampaikan bahwa ternyata ada 12 grup media besar di Indonesia sampai dengan saat ini. Dan intinya, karena yang punya media itu-itu saja dan cenderung memberitakan yg itu-itu saja juga, maka berdayakanlah media yang muncul dari warga, ya seperti blog dan pewarta warga. Katanya tanggal 8 Maret akan di publish hasil dari riset ini secara detil, maka tinggal tunggu aja ya Kelar kelas, sama temen-temen blogger ngobrol sambil makan di depan kampus. Trus malemnya, nemenin Almas ketemu sama Mbak Rara dan ngobrol-ngobrol lagi di angkringan tugu.

Jumat siang, sharing di kelas ICT 4 women, dimana ada saya sharing soal blog, ada Mbak Sisca dari Ford yang jelasin soal wikimedia, ada juga Mbak Dewi soal kegiatan ICT perempuan di Indonesia sejauh ini, trus ada Mbak Fransisca dari AIMI ASI juga ada Mbak Ambarsaridewi soal Media Komunikasi 160 Karakter (sms). Hari kedua JMR2012 ini lebih rame dari hari pertama dan hari ketiganya, rame gitu yang ikutan kelas dan mampir ke booth Internet Sehat sampe malem harinya ada kelas akberjogja pun masih rame. Tapi, cuma ikutan bentar kelas Akbernya Kakak Nicowijaya *sungkem* karena udah gerah banget dan pengen mandi, balik ke penginapan.

Kelas Akberjogja : Click Activism

Sabtu pagi, saya, Mas Acep dan Mbak Dewi sharing di SDIT Luqman Al Hakim di Kota Gede. Klo Mas Acep ngomongin soal Internet Sehat, Mbak Dewi ngajarin anak-anak SDnya buat blog, saya bantuin ngomongin parental software aja untuk para orang tua muridnya. Anehnya sih ya, ada Pak Alif (yang diakhir saya baru tau kalo ternyata Ketua Komite Sekolah) udah ngajarin DNS Nawala aja gitu ke para ortu murid, yang ada pada bingung deh tuh. Para ortu muridnya banyak bertanya soal Facebook yang ternyata anak-anaknya yang masih SD itu pada pengen buat. Dan senengnya, ibu-ibu yang hadir hari itu nanya-nanya soal blog ke saya, lumayan mereka antusias juga pengen punya blog. Sayangnya gak punya waktu banyak, karena siangnya sesuai jadwal akan ada kelas di JMR lagi.

Para ortu murid di SDIT Luqman al Hakim

Mas Acep lagi sharing

Siangnya ada kelas bagaimana menangkal dampak negatif internet untuk anak-anak yang disampein sama Mas Acep. Kelar kelas diseret ikut diskusi film Linimassa yang mulai tersohor itu sampe sore. Kelar kelas langsung beberes, balik penginapan dan akhirnya bisa jalan-jalan di Jogja. Beli oleh-oleh ceritanya abis itu jalan-jalan ke alun-alun kidul ke beringin yang terkenal itu juga naek odong-odong genjot nan lucu

beli bookmark aja sih sebenernya

Sebenernya banyak banget kelas-kelas keren dengan para pembicara hebat di event JMR ini. Cuma sayangnya saya gak bisa ikut semua kelas tersebut. Kegiatan seperti ini diharapkan bisa hadir gak cuma di daerah Jawa, mestinya temen-temen diluar Jawa bisa menduplikasi kegiatan seperti ini untuk daerah-daerahnya.

*foto-foto akan dilengkapi kembali ya, atau cek ke Flickr aja selengkapnya*