Catatan Tengah Ramadhan 1439H

16 Ramadhan 1439H.

Alhamdulilah bertemu lagi dengan ramadhan tahun ini.
Alhamdulilah masih dikasih sehat, tahun ini udah gak menyusui Gemilang lagi. Setelah 2 tahun yang lalu berjuang ditengah menyusui masih bisa puasa penuh (karena siklusnya belum lancar).
Tahun ketiga Alaya berpuasa. Kali ini karena udah sering main sama temennya, pulang sekolah langsung ngeluh haus , liat adeknya makan trus disuruh jauh-jauh biar gak ngerasa pengen.
Hari pertama puasa, Gemilang malah demam. Tau sendiri gimana ibu kalo anaknya sakit. Gak bisa tidur trus lanjut sahur. Anaknya jadi rewel banget, susah tidur, taunya demam karena mau batuk pilek. Alhamdulilah 4 hari udah enakan, walo susah minum obat, walau drama dikit-dikit nangis dan gak mau makan. Anak ini kalo liat emaknya pergi ke mana gitu gak ngajakin dia, mulai deh sering rewel.

Puasa tahun ini saya merasa entah kenapa mudah sekali merasa kecil hati. Setelah diem beberapa jam (gak diem juga sih, sambil mikir maksudnya) baru deh merasa baikan lagi. Kudu banyak bersyukur dan berprasangka baik. Selalu begitu sih harusnya.

Beberapa hari sebelum puasa, salah seorang sepupu (dari suami) berpulang. Kaget kita karena masih muda, gak punya riwayat sakit berat juga. Seumuran adikku. Meninggalkan istri dan dua orang anaknya, 3 tahun dan 3 bulan. Segala hidup dan mati memang kuasa Allah, semuanya hanya menjalani ketentuanNya.

Semoga Allah mempertemukan lagi dengan ramadhan tahun tahun depan. Semoga semua menjadi lebih baik.

Idul Fitri 1437H dan Kangen Posting

Saya kangen posting, kadang ada beberapa ide yang mentok cuma nyampe ditulis eh diketik di note doang. Selesai gak berlanjut sampe ke posting blog. Jadi, saat si kecil tidur, marilah posting ala kadarnya untuk membasuh kerinduan.

Alhamdulilah, ramadhan tahun ini berjalan lancar, saya bisa ikut puasa dan alhamdulilah lagi ASI buat Gemilang masih lancar walau berpuasa. Alhamdulilah lagi, Alaya udah puasa penuh seharian 30 hari. Saya dan keluarga (berikut oom juga nenek kakeknya) amazed gitu, karena tahun lalu dia masih puasa setengah hari dan bolong bolong pun. Tahun ini Alaya udah bisa puasa penuh dan nyantai banget menjalaninya. Gak kayak zaman saya kecil yang jam 1 siang udah gegoleran dilantai dan sering buka tutup kulkas, Alaya mah cukup santai dengan berbekal crafting toolsnya dan juga Youtube. 

Soal makanan buat berbuka pun dia gak banyak maunya kok, padahal Alaya ini picky eater banget sampe sekarang. Sahur favoritnya adalah nasi putih + telor ceplok (tanpa kuning telur) + kecap manis + susu boneeto coklat.

Si kecil Gemilang gimana? Dia mah bayi yang alhamdulilah gak ngerepotin, kadang kalo kebangun ngikut sahur, orang makan pas buka puasa dia juga ikut, sejauh ini makan apa aja gak protes

Kalo tahun lalu, Gemilang masih dalem perut, tahun ini kita udah puasa dan lebaran berempat. Rempong buat ibuknya yang harus nyiapin ini itu, beresin ini itu tapi menyenangkan banget. Anak itu cepet banget gedenya, saya tiap hari ngeliatin Gemilang terus ngerasa ini bayi kok cepet bener ya gedenya. Semoga waktu saya dan ayahnya kasih ke dia, selalu jadi waktu berharga yang bisa dia inget terus sampe tua. 

Mumpung masih bulan Syawal, saya sekalian mau minta maaf lahir batin ya teman-teman. Semoga dimaafkan segala kesalahan, semoga saya dan keluarga dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan dan selanjutnya. 

Rekomendasi Buku Bacaan Ramadhan

Sebenernya ga harus nunggu bulan ramadhan atau bulan puasa baca buku-buku yang memperkaya keimanan. Hanya saja, kadang bannyak orang merasa punya sedikit waktu untuk membaca pada bulan puasa daripada hari-hari biasanya.

Nah, bagi yang pengen beli atau pengen baca buku-buku atau novel yang religi, saya sedikit merekomendasikan novel-novel berikut :

1. Bumi Cinta

Bumi Cinta

Buku Kang Abik ini memang blom saya baca *nunggu puasa * tapi temen-temen pastinya sudah tau bagaimana cara berceritanya Kang Abik setelah sukses dengan Ayat-Ayat Cinta dan dwilogi Ketika Cinta Bertasbih-nya kan. Bagi yang juga blom baca kedua novel fenomenal itu, bisa baca novelnya. Disarankan untuk membeli ya, ga usah pinjem karena bukunya nanti bisa dibaca banyak orang misal tantenya, omnya, adeknya, kakaknya, ibunya dan keluarga lainnya

2. Trilogi Syahadat Cinta

trilogi Syahadat Cinta

Maafkan klo saya merekomendasi buku yang blom saya baca, tapi untuk trilogi Syahadat Cinta karya Tafiqurrahman Al Azizy ini, yaitu Syahadat Cinta, Makrifat Cinta danĀ Musafir Cinta saya sudah baca yang pertama. Juga pernah saya review untuk filmnya. Jadi, saya pikir ceritanya juga akan menarik seperti novel pertamanya. Saya berjanji, akan mereview novelnya satu per satu jika udah kelar baca.

Read More

Ketika Cinta bertasbih Spesial Ramadhan

Ah… ga terasa ya sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang selalu ditunggu-tunggu umat muslim. Ga terasa pula, Alaya akan genap satu tahun

Saya mau ngomongin beberapa bacaan dan tontonan di bulan ramadhan. Di bulan penuh berkah dan ampunan ini kita mungkin ga akan menyia-nyiakan waktu yah, karena ga makan dan ga minum plus berhenti bergunjing, akan ada banyak waktu untuk memperbanyak ibadah, memperkaya iman dengan memperbanyak sholat sunah, mengaji, tadarus sampe baca-baca buku yang bisa memperdalam keimanan kita. Ga cuma itu, yang paling sering mungkin ditambah dengan tontonan yang lebih bernilai religi.

Buku yang saya rekomendasikan untuk dibaca di bulan ramadhan kali ini yaitu Bumi Cinta dari Kang Abik alias Habiburrahman El Shirazy. Sebenernya saya udah beli bukunya lama, tapi karena lumayan tebel jadi di skip melulu sampe akhirnya saya berpikir saat yang tepat adalah bulan ramadhan ini untuk membacanya

Ketika Cinta bertasbih

Kalo tontonan gimana? Nah, ini dia sebenernya yang pengen saya bahas. Gatel kayaknya tangan saya mau bahas soal tayangan satu ini, setelah liat behind the scene-nya kemaren sore . Setelah sukses membawa ceritanya ke layar lebar yang ga tanggung-tanggung dibuat sekuelnya, Ketika Cinta Bertasbih kali ini dibuat lagi versi sinetronnya tapi dengan titel ‘spesial ramadhan’ gitu.

Ketika Cinta Bertasbih versi ramadhan ini adalah kelanjutan cerita Anna dan Azzam, jadi bagi yang belom nonton versi filmnya, buruan cari VCD aslinya dan nonton dulu ya . Semua tokoh dalam sinetron ini sama semua kayak versi filmnya, ya baguslah ya biar kita semua masih paham karakternya masing-masing, kalo diganti justru kan jadi ga sip lagi dong ya

Read More

Selamat Ramadhan 1430 H

Ga terasa 2 hari lagi dah masuk bulan ramadhan alias bulan puasa untuk tahun ini. Walo dengan kondisi hamil, mau tetep usaha keras untuk puasa nih, sekalian melatih si baby biar kuat puasa

Mohon dimaafkan segala bentuk kesalahan, kekhilafan yang pernah saya dan juga suami perbuat.
Semoga ramadhan tahun ini menjadi lebih berkah dan lebih baik dari sebelum-sebelumnya ya… amiiin…

Akhir posting, saya menghaturkan :
Mohon maap lahir dan bathin dan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan tahun ini…
Tetap semangat!

-Keluarga Rasyid-