04
Nov '15

Rating Film Anak dan Rating Games

Penting kah mengecek rating film anak-anak?
Saya gak tau seberapa penting menurut banyak orangtua tentang rating sebuah film anak-anak. Rating disini maksudnya usia yang diperbolehkan untuk menonton sebuah film ya. Menurut saya pribadi, itu hal yang penting.

Sejak Alaya umur 4 tahun, dia udah pernah diajak nonton. Waktu itu kepepet lah, bunda sama ayahnya mau nonton dan dia gak mau dititipin ke eyangnya, jadinya ya kita ajak aja. Film apa? Film action Die Hard :p
Saya tau sih gak seharusnya dia nonton film begitu. Tapi saya gak nyesel kok, karena dari mulai filmnya Alaya udah tidur di kursinya sampe film selesai

Setelah kejadian itu, Alaya gak pernah lagi mau ikut kalo kita nonton film. Masuk umur 5 tahun, dia udah tahu film yang mau dia tonton, jadilah dia yang minta. Film Minions, pas di cek ratingnya ‘Semua Umur’, jadilah saya nemenin dia nonton itu film.
Terus selanjutnya dia pengen nonton Inside Out, eh tapi pas di cek ratingnya 12+, jadilah saya gak berani ngajakin Alaya ke bioskop. Padahal filmnya kan bagus ya. Entah kenapa dan bagaimana itu film dikasih rating begitu, ada yang bilang karena filmnya lebih mudah dimengerti untuk usia begitu.
Saya akhirnya minta Alaya buat nunggu aja itu filmnya udah kualitas bagus dan minta oomnya download biar puas nontonnya berkali-kali.

Baca selengkapnya…

22
Oct '15

Gemilang Airlangga Rasyid

Gemilang Airlangga Rasyid
Gemilang Airlangga Rasyid
Gemilang Airlangga Rasyid

Saya merasakan kembali perjuangan perempuan yang melahirkan.

Akhir September hingga awal Oktober 2015 saya deg-degan terus dan harap-harap cemas karena akan melahirkan anak kedua saya. Hasil USG semuanya baik dan bisa dilahirkan normal. Sepanjang yang saya bisa saya terus berdoa agar diberi kelancaran selama persalinan dan jika bisa normal dan semuanya sehat.

Memasuki 36 minggu, semua sudah siap secara mental. Saya udah sering ngepel jongkok, jalan kaki di rumah (karena gak memungkinkan di luar rumah sejak ada kabut asap), minum air kelapa muda seminggu 3x, rajin bebersih rumah, tas buat ke rs udah siap. Termasuk bilang ke suami untuk siap-siap.

Saya sudah pasrah karena hingga menginjak usia 39 minggu ini anak masih betah aja dalem perut. Kakaknya,  Alaya udah ikutan Eyangnya ke Lampung dan pulang lagi pun si adek belum lahir. Saya udah ketar ketir padahal, agak takut juga si baby lahir ketika ibu saya lagi gak ada deket saya. Jujur saja, ibu adalah seorang yang juga ikut menguatkan selain suami yang harus ada disebelah saya ketika melahirkan.
Baca selengkapnya…

16
Sep '15

Botol Kaca dan Plastik

Botol Kaca dan Plastik
Botol Kaca dan Plastik
Botol Kaca dan Plastik

Mungkin saya seorang yang gemar menyimpan banyak barang. Yang udah gak kepake, semisal kotak sereal atau kotak susu Alaya, kotak sepatu atau botol-botol bekas selai. Dengan satu alasan sebenernya, yaitu… Siapa tahu aja nanti bisa dipake buat apa gitu.

Bener aja sih, kayak botol selai itu bisa dipake lagi buat tempat bumbu dapur seperti garam, merica, kayu manis bubuk, dsb. Kotak sepatu lebih berguna lagi karena saya pake buat kotak serba guna seperti kotak buat mainan Alaya, buat benang-benang rajut dan juga buat tempat taruh underware di laci lemari biar lebih rapi. Kotak sereal biasanya dipake cuma buat kotak hadiah-hadiah sebelum dibungkus kado gitu sih.

Saking senengnya saya sama wadah bekas itu, saya jadi menyimpan itu semua sampe kadang bingung naruhnya dimana lagi. Kayak botol selai yang semakin banyak dan bertumpuk. Akhirnya saya masukin karung karena udah gak tau mau dipake buat apalagi.

Baca selengkapnya…

28
Aug '15

E-KTP Berlaku Seumur Hidup

e-ktp Nike
e-ktp Nike
e-ktp Nike

Setelah menunggu lebih dari 2 tahun, akhirnya e-KTP yang ditunggu-tunggu selesai juga. Awal Agustus suami dapet sms, kalo e-ktpnya sudah selesai dan sudah bisa diambil. Abis baca sms itu, langsung ngucap hamdalah deh

Setelah diambil, pas ambil eh kaget pas tahu ternyata e-ktp tersebut berlaku seumur hidup. Soalnya yang saya tahu juga ktp yang berlaku seumur hidup itu yang udah berusia lansia gitu. Ngeliat yang punya adek juga mama sih masih ada masa berlakunya juga, makanya rada kaget pas ternyata berlaku seumur hidup. Hamdalah lagi dong ya, gak ribet lagi mau perpanjang. Untungnya semua data nama, alamat, dsb dsbnya bener semua.

e-ktp Nike

Temen-temen di Wongkito pas saya bilang e-ktpnya berlaku seumur hidup gak percaya, sampe saya tunjukin foto e-ktpnya barulah mereka percaya. Secara kebanyakan kan berlaku hingga 2017 semua. Ternyata setelah di Googling, memang untuk pembuatan e-ktp terhitung sejak pertengahan tahun 2014 itu akan berlaku seumur hidup, katanya sih untuk menghemat biaya. Lah, bukannya dari awal e-ktp itu dicanangkan emang maunya gitu ya.

Tadinya saya kan udah setahun lebih gak pake ktp, sekarang berasa lagi udah jadi penduduk Indonesia lagi. Karena ktp adalah segalanya untuk ngurus ini itu selain Kartu Keluarga, jadi ya rasanya ktp ini hal yang mesti ada dan berlaku.

Saya sih maunya gak cuma e-ktp yang bisa berlaku seumur hidup, tapi SIM dan paspor juga begitu

19
Aug '15

Pentingnya Nutrisi dan Stimulasi Yang Tepat Bagi Si Kecil

Pentingnya Nutrisi dan Stimulasi Yang Tepat Bagi Si Kecil
Pentingnya Nutrisi dan Stimulasi Yang Tepat Bagi Si Kecil
Pentingnya Nutrisi dan Stimulasi Yang Tepat Bagi Si Kecil

We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Sebenarnya, sudah kira-kira 3 tahun belakangan saya udah gak lagi ikut seminar parenting. Bukan, bukan karena merasa gak penting, cuma waktunya emang susah dan juga berasa weekend biasanya waktunya kumpul dan main sama anak.

Minggu, 16 Agustus 2015 kemarin saya berkesempatan untuk hadir di seminar parenting dari Dancow yang bertema “Memaksimalkan Perlindungan Si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat”. Menarik temanya, apalagi yang sharing adalah orang-orang yang tepat dengan tema yang dimaksud. Ada Ratih Ibrahim, si psikolog yang pas jelasin enak banget, ada Dr. Saptawati Bardosono, yang pakar banget soal gizi dan dr. Vinka Desria yang ngasih banyak info soal nutrisi anak.

Seperti seminar parenting lainnya, yang hadir juga kebanyakan ibu-ibu yang anaknya usia balita, berikut juga ada yang didampingi suami dan anaknya pun ikut. Jadi ruame tuh Novotel Palembang oleh riuh anak-anak. Menyenangkan melihat mereka main kemana-mana.

Shahnaz Haque sebagai host membuka acara dengan hangat, berikut juga sambutan dari Dancow Palembang, perwakilan Nakita (Tabloid Panduan Kehamilan dan Tumbuh Kembang Anak) dan dari Dancow Parenting Center yang bilang kalo di Palembang yang biasanya ikut seminar memang orangtua yang loyal dengan Dancow. Terbukti dengan banyaknya yang beli susu Dancow di venue acara.

Baca selengkapnya…